Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Ini teknologi terbaru yang ada di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta

10:33:18 | 10 Jun 2016
Ini teknologi terbaru yang ada di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta
Ilustrasi (dok)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
TANGERANG (IndoTelko) – PT Angkasa Pura II (Persero) baru saja mengumumkan persiapan pengoperasian dari Terminal 3 Ultimate, Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Terminal 3 Ultimate digadang-gadang sebagai salah satu fasilitas termodern bagi industri penerbangan di Indonesia dan dilengkapi sejumlah teknologi terbaru.

“Terminal 3 dilengkapi sejumlah teknologi terkini guna meningkatkan daya saing Bandara Internasional Soekarno-Hatta agar dapat lebih baik dari Bandara Internasional Kuala Lumpur di Malaysia, Bandara Suvarnabhumi di Thailand, bahkan Bandara Changi di Singapura,” kata Presiden Director Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi kepada media, kemarin.

Diungkapkannya, beberapa teknologi modern yang ada di Terminal 3 adalah adopsi Bagage Handling System (BHS) Level 5 yang bisa mendeteksi bahan peledak atau bom. Apabila suatu barang terdeteksi bom, maka akan langsung dimasukkan ke bom blanket untuk kemudian ditindaklanjuti oleh pihak berwenang. Teknologi BHS ini didukung oleh Vanderlande.

Teknologi terbaru lainnya adalah airport security system (ASS) yang berfungsi layaknya intelijen. Dengan teknologi ini CCTV dapat mendeteksi wajah penumpang pesawat atau pengunjung bandara yang masuk ke dalam daftar pihak berwajib.

Telkom Marketing 2
Ada juga Fully IBMS atau Intelligence Building Management System. Teknologi ini mengatur agar Terminal 3 menjadi suatu bangunan yang mengusung konsep eco green, seperti misalnya mengatur pengeluaran air, penggunaan listrik, dan sebagainya.

Berikutnya, rain water system. Teknologi ini guna memanfaatkan air hujan sehingga untuk digunakan sebagai air bersih. Recycle water system. Teknologi ini mampu mengolah air toilet untuk kembali lagi menjadi air toilet sehingga dapat menghemat penggunaan air.

Angkasa Pura 2
Terakhir, sistem penerangan menggunakan teknologi yang mengatur terang dan redup secara otomatis sesuai dengan kondisi cuaca. “Kami harapkan dari adopsi teknologi modern di Terminal 3 ini, Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat meraih sertifikasi bandara Bintang-5 Skytrax dari saat ini Bintang-3,” katanya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma