telkomsel halo

Wow, Tokopedia dan Traveloka Dianggap Unicorn di Asia Tenggara

10:34:34 | 22 Apr 2016
Wow, Tokopedia dan Traveloka Dianggap Unicorn di Asia Tenggara
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Dua ecommerce lokal, Tokopedia dan Traveloka, dianggap sebagai bagian dari enam Unicorn di Asia Tenggara. Unicorn adalah startup dengan valuasi mencapai US$ 1 miliar.

Dikutip dari hasil riset yang dilakukan analis Firma Jefferies, Arya Sen, dinyatakan ada enam Unicorn di Asia Tenggara. Keenamnya adalah Garena dengan valuasi US$ 3,8 miliar, Lazada dengan valuasi US$ 2 miliar, Grab (US$ 1,7 miliar), VNG (US$ 1 miliar) serta Tokopedia dan Traveloka masing-masing valuasinya US$ 1 miliar.

Dalam kajian tersebut dinyatakan pasar eCommerce Asean akan memiliki sekitar 350 juta pengguna internet di 2018 atau menjadi ketiga terbesar di Asia setelah Tiongkok dan India.Valuasi pasar di Asia Tenggara pada 2020 diperkirakan mencapai US$ 30 hingga US$ 40 miliar.

Gurihnya pasar Asia Tenggara menjadikan gelontoran dana banyak datang. Dalam tahun 2016, diperkirakan sudah ada sekitar US$ 1,013 miliar mengalir ke kawasan ini di sektor eCommerce. (Baca juga: Ambisi pemerintah di eCommerce)

Di periode 2010-2016, Singapura paling banyak mencicipi investasi di sektor eCommerce untuk Asia Tenggara senilai US$ 3,34 miliar disusul Indonesia US$ 894 juta.

Segmen yang memiliki potensi pasar besar hingga 2020 adalah e-tailing dengan nilai  US$30-40 miliar, disusul  travel, gaming, dan classified ads.

Saat ini pasar e-tailing di Asia Tenggara sekitar US$10 miliar. Pemain lokal yang patut diperhitungkan di segmen ini adalah  Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Qoo10 dan Lelong.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year