T-Bike, Asisten Pintar Bagi Pengendara Sepeda Motor

07:56:01 | 04 Mar 2016
T-Bike, Asisten Pintar Bagi Pengendara Sepeda Motor
Suasana peluncuran T-Bike (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Telkomsel meluncurkan layanan machine to machine (M2M) terbaru berupa aplikasi otomotif bernama T-Bike  yang mampu memonitor, memandu dan mengendalikan sepeda motor dari smartphone.

“Sepeda motor telah menjadi moda transportasi pilihan utama masyarakat Indonesia, sehingga untuk melengkapi kenyamanan masyarakat dalam menggunakannya, Telkomsel menawarkan inovasi teknologi T-Bike yang hadir sebagai solusi digital terbaik untuk berkendara sepeda motor,” kata Vice President M2M Business Telkomsel, Jaka Susanta, kemarin.

T-Bike memiliki dua keunggulan utama, yakni fitur yang lengkap dan cara pemasangan yang mudah dan cepat. Hal ini mendapat pengakuan dari tiga lembaga kredibel yaitu Museum Rekor Indonesia (MURI), Motor Plus dan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot).  MURI mencatat Telkomsel sebagai operator telekomunikasi pertama yang mengimplementasikan tracker GPS pada sepeda motor (First).

Sedangkan, Motor Plus mencatat T-Bike sebagai aplikasi motor tracker terbaik di Indonesia (Finest), dan  Forwot memberikan piagam untuk rekor instalasi tercepat di Indonesia berkat sistem plug-in device yang hanya memakan waktu kurang dari 10 menit (Fastest).

Menurutnya, T-Bike sebagai sebuah bentuk aplikasi internet of things (IoT) yang hadir dalam penerapan Smart City di Indonesia, dimana penyelenggaraan Smart City dilakukan dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam segala aspek, termasuk transportasi, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kotanya.

 Sebagai moda transportasi dengan pengguna paling banyak di Indonesia, sepeda motor menghadapi berbagai masalah seperti perilaku pengendara yang tidak tertib, rawan pencurian dan kecelakaan.

Melihat kenyataan ini, Telkomsel mengembangkan T-Bike sebagai asisten pengendara cerdas dengan fitur lengkap seperti memonitor dan memandu lokasi, kecepatan dan area berkendara  sepeda motor, serta mengendalikan akses mesin sepeda motor dari aplikasi di ponsel cerdas berbasis Android dan iOS.

Didukung oleh sistem GPS yang canggih, T-Bike juga mampu mendukung operasional dan pengelolaan armada secara real time (tracking & fleet management), efisien, pelaporan detail perjalanan, pembatasan wilayah operasional (geofencing) dan pembatasan kecepatan (speed limit).

Instalasi T-Bike pada kendaraan sepeda motor bermesin injeksi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah karena dengan plug-in device, tidak perlu lagi dilakukan pemotongan kabel dan tidak akan menguras baterai kendaraan. Aplikasi T-Bike juga mendukung upaya peningkatan ketertiban berkendara dengan adanya fitur khusus bagi pengendara (rider) dan pemantau (circle) yang terintegrasi.

 Jaka lebih lanjut memaparkan bahwa aplikasi T-Bike ini juga dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat juga mendorong perilaku berkendara yang baik  di seluruh kalangan masyarakat. Seperti ketika digunakan oleh keluarga dan anak remaja, T-Bike dapat memantau dan mendampingi mereka dalam berkendara sehingga memberikan rasa aman bagi anggota keluarga mereka .

 Pada acara peluncuran T-Bike, turut hadir sejumlah perusahaan ternama yang digandeng Telkomsel untuk penggunaan layanan ini kedepannya, seperti armada layanan pesan antar bagi  KFC, Berrybenka, Wingstop, Carl’s Jr., Bakmi GM, Domino Pizza, Hoka-Hoka Bento, McDonald’s serta beberapa partner reseller sepeda motor seperti RTX dan Bintang Motor.

 “Telkomsel masih terus melakukan pengembangan  untuk T-Bike sehingga kedepannya aplikasi ini dapat memberikan kegunaan lebih kepada pengendara seperti grup komunitas, touring, analisa penggunaan bahan bakar, informasi navigasi motor, serta analisa kinerja kendaraan“, tutup Jaka.

 T-Bike sendiri  merupakan kelanjutan dari roadmap layanan T-Drive yang telah terlebih dahulu diperkenalkan Telkomsel untuk moda transportasi kendaraan roda empat.

T-Drive memiliki fitur utama untuk menganalisa kinerja mengemudi, real time engine data, memberikan peringatan dan mengedukasi cara berkendara yang baik. T-Drive beroperasi dengan menggunakan Telkomsel Driving Analytics berupa OBD (On Board Diagnostic Device) GPS Tracking yang dapat dengan mudah di instalasi pada kendaraan.(tp)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories