Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya

Smart System Platform Bisa Dukung Pengelolaan Kota Cerdas

16:20:06 | 13 Feb 2016
Smart System Platform Bisa Dukung Pengelolaan Kota Cerdas
Suhono Harso Supangkat (kiri) kala mengenalkan Smart System Platform (dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) –  Lembaga Afiliasi Penelitian Indonesia (LAPI) ITB dan Telkomsel berinisiasi untuk membentuk Smart System Platform agar menghasilkan pengelolaan kota cerdas di Indonesia

Smart System Platform sebagai platform integrasi data dan informasi kota, serta layanan-layanan cerdas yang bertujuan untuk mendukung penyelesaian masalah-masalah kota utamanya dalam hal transportasi, pendidikan, dan kesehatan.

Smart City atau Kota Cerdas adalah sebuah konsep yang dirancang dan dimaksudkan untuk mendorong peningkatan kualitas kehidupan manusia dengan mendayagunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai enabler utama.

“Saat ini di Indonesia konsep Smart City masih belum banyak diadopsi, dan sebagian besar kota yang berkeinginan mengadopsi konsep Smart City ini menemui banyak halangan utamanya mengenai pemahaman konsep dan cara membangunnya. Ini alasan adanya Smart System Platform,” jelas Peneliti Smart City ITB dan Ketua Forum Smart City Indonesia Suhono Harso Supangkat di Jakarta, Sabtu (13/2).  

Menurutnya,  dalam pengembangan dan implementasi Smart System Platform serta layanan-layanan cerdas lainnya untuk memajukan kota-kota di Indonesia, perlu dilakukan exposure atau ekspose.

Ekspose ini akan memberikan wawasan dan memberikan informasi mengenai kemajuan teknologi dan penelitian yang telah dicapai di dalam kerja sama penelitian berkaitan dengan Smart City yang dilakukan secara bekerja sama antara Telkomsel dan LAPI-ITB.

Selain itu, di dalam ekspose ini akan dilibatkan perwakilan dari pemerintah pusat maupun daerah, terutama yang memiliki keterkaitan secara langsung dengan implementasi konsep Smart City di Indonesia. Ekpose akan diadakan di Jakarta pada tanggal 16 Februari 2016.

Kegiatan ini mengundang sekitar 200 peserta dari berbagai instansi, seperti Pemerintah Kota dan Kabupaten, SKPD Kota dan Kabupaten, BUMN, direktorat terkait smart city pemerintah pusat, pengelola perusahaan terkait industry smart city, pelaku industri operator dan pengembang, akademisi, media, dan pengguna Teknologi Komunikasi dan Informatika. Exposure ini membahas beberapa topik dengan dua keynote speaker dan dua buah sesi panel diskusi.

Sesi keynote pertama akan membahas peran Tekologi Komunikasi dan Informasi di dalam mendukung penerapan Smart City di kota-kota di Indonesia. Selain itu juga akan didiskusikan program-program percontohan yang selama beberapa tahun ini telah dilakukan oleh pemerintah.

Sesi  keynote kedua akan membahas peran Tekologi Komunikasi dan Informasi di dalam mendukung peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal di Indonesia.

Pembicara yang akan membahas adalah di keynote kedua adalah Menteri Pariwisata Indonesia Bapak Arief Yahya.

Selain sesi panel dan diskusi, pada acara ini ITB dan Telkomsel akan menampilkan produk-produk inovasi Smart City hasil karya ITB dan Telkomsel. Produk-produk inovasi ini dikategorikan sesuai dengan konsep Teknologi di Smart City yaitu sensing, understanding dan acting yang dijalankan dalam sebuah platform Smart City. Platform Smart City yang dibangun oleh ITB dan didukung oleh Telkomsel inilah yang disebut Smart System Platform (SSP).

Sensing merupakan konsep untuk mengetahui dan observasi kondisi kota dengan bantuan sensor untuk mengumpulkan data.   

Understanding merupakan konsep untuk memahami kota dengan lebih baik melalui data-data yang telah diolah. Salah satu fungsi SSP adalah mengolah, mengintegrasikan dan melakukan analisis dari data-data yang telah dikumpulkan.   

Acting merupakan konsep untuk melakukan tindakan dengan cepat dari hasil analisis yang sudah dilakukan. Produk inovasi untuk membantu proses acting ini diantaranya adalah dengan adanya command center yang memanfaatkan teknologi SSP.  

Bakti
Produk-produk inovasi ini khususnya SSP diharapkan dapat membantu kota-kota di Indonesia di dalam manajemen kota dengan lebih baik, membantu membuat keputusan dengan cepat tepat dan akurat, mengetahui dan memperbaiki performa dinas dan kota, menciptakan transparansi kota, serta meningkatkan kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah.

telkom sigma
Selain itu. SSP juga akan mengembangkan smart tourism dan logistic untuk sektor pariwisata dan logistik. (id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Telkom DES
More Stories
Indonesia Digital Network
Financial Analysis
XL kurangi kepemilikan di PDGDC