telkomsel halo

Kemenkominfo Segera Keluarkan RFP untuk Palapa Ring

11:10:41 | 18 Nov 2015
Kemenkominfo Segera Keluarkan RFP untuk Palapa Ring
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan mengeluarkan Request for Proposal (RFP) untuk Tender serat optik  Palapa Ring.

“RFP akan segera keluar bulan ini. Proses tender, terus penetapan pemenang ketahuan di kuartal I 2016,” ungkap Menkominfo Rudiantara, kemarin.

Dijelaskannya, pemenang tender akan membangun infrastruktur tersebut dan mengoperasikannya selama 15 tahun. “Nanti pemerintah memberikan jaminan pasar,” jelasnya.

Jaminan pasar adalah dimana pemenang tetap akan mendapatkan harga jual, bahkan jika infrastruktur tersebut tak memiliki pelanggan.

Sebelumnya, Rudiantara mengaku memang tengah menggeber tender Palapa Ring. Delapan perusahaan telah lolos tahap prakualifikasi proyek pembangunan jaringan tulang punggung serat optik senilai US$230,64 juta itu.

Tiga dari delapan perusahaan yang lolos tahap prakualifikasi ini merupakan operator telekomunikasi yakni Telkom, XL Axiata, dan Indosat. (Baca juga: Peserta Tender Palapa Ring)

Selain itu, ada beberapa konsorsium gabungan beberapa perusahaan. Kedelapan perusahaan yang lolos tersebut dibagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan pembagian tiga paket proyek Palapa Ring jilid II yakni Paket Barat, Paket Tengah dan Paket Timur.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year