telkomsel halo

Keran Investasi Asing Hanya Terbuka untuk Pemain Mapan di eCommerce

11:04:51 | 05 Nov 2015
Keran Investasi Asing Hanya Terbuka untuk Pemain Mapan di eCommerce
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Pemerintah memberikan sinyal untuk membuka keran bagi investasi asing untuk masuk ke eCommerce.

“Investasi asing boleh di eCommerce, tetapi  untuk perusahaan mapan atau established,” ungkap Menkominfo Rudiantara, kemarin.

Ditambahkannya,  nantinya dalam draf revisi Peraturan Presiden Nomor 39/2014, pemerintah akan membuka investasi asing untuk perusahaan yang established, dan tetap menutup kesempatan asing pada perusahaan startup dan perusahaan skala unit kecil menengah (UKM).

"Soalnya  untuk bisa berkembang ke taraf internasional, perlu dilonggarkan aturan kepemilikan asingnya. Persentasenya masih dikaji karena diskusi sedang jalan," jelasnya.

Ditambahkannya, pemerintah sendiri tengah mendorong pembangunan  infrastruktur nonfisik dalam bidang teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK).  Saat ini Indonesia masih berada di urutan ke empat di ASEAN dalam ketersediaan infrastruktur nonfisik seperti internet.

“Berbicara tentang infrastruktur TIK, ada tiga hal yang harus mendapat perhatian, jaringan, device, dan aplikasi. Kita serius kembangkan aplikasi dalam bentuk e-commerce. Aplikasi akan menjadi ekonomi yang baru. Aplikasi yang kerap diluncurkan inovator untuk kepentingan ekonomi akan mendominasi nantinya,” katanya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year