telkomsel halo

Google akan Kembali ke Tiongkok?

09:49:10 | 07 Sep 2015
Google akan Kembali ke Tiongkok?
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) –  Google dikabarkan akan bisa menggelar layanan secara penuh di Tiongkok setelah lima tahun lalu diblok oleh pemerintah negeri Tirai bambu itu.

Dikutip dari The Information (7/9),  Google dikabarkan telah mengajukan perizinan untuk mendistribusikan versi khusus toko aplikasi Google Play untuk smartphone berbasis sistem operasi Android.

Dalam laporan itu dinyatakan Google akan segera mengumumkan Android Wear versi Tiongkok untuk perangkat wearable. Google menyatakan kesiapannya mematuhi undang-undang lokal dan memblokir aplikasi yang tidak disetujui pemerintah.

Google sendiri belum memberi pernyataan resmi terkait laporan ini. The Information juga pernah melaporkan bahwa versi baru toko aplikasi Google Play akan merambah Tiongkok, pada bulan November tahun lalu.

Sekedar informasi, sejak 2010 memang banyak layanan Google yang tak bisa diakses di Tiongkok seperti Gmail, YouTube, Blogspot dan beberapa layanan lain sengaja diblokir oleh otoritas setempat.

Ponsel Android yang beredar di Tiongkok pun berbeda dari yang beredar di negara lain. Xiaomi yang asli besutan Tiongkok menggunakan sistem Android yang sudah diubah agar tak tergantung dengan layanan Google.

Jika Google berhasil comeback ke Tiongkok akan berhadapan dengan raksasa lokal seperti Qihoo 360 Technology, Baidu, dan Tencent Holdings Ltd.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year