telkomsel halo

Smartfren Komersialkan 4G Pekan Depan?

10:59:13 | 16 Aug 2015
Smartfren Komersialkan 4G Pekan Depan?
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dikabarkan mengkomersialkan layanan 4G LTE pekan depan.

Dalam rilis yang dikirimkan ke media massa pada Sabtu (15/8), emiten dengan kode saham FREN ini menyatakan tengah melakukan hitungan mundur (H-5) untuk merilis layanan 4G.  

Bersiaplah untuk kejutan teknologi yang paling ditunggu Minggu depan. The 1st ini Indonesia, The 1st in the World. Demikian isi pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Director of Brand & Marketing Smartfren, Roberto Saputra memang memberikan sinyal  akan menggelar 4G  dalam waktu dekat. "Sebentar lagi lah, tunggu saja. Yang pasti tidak sampai September," ungkapnya.

Smartfren sendiri telah mengikat kontrak pengembangan infrastruktur jaringan 4G LTE senilai US$ 788 juta dengan Nokia dan ZTE. ZTE mendapatkan porsi kontrak terbesar dengan nilai US$ 401,9 juta. Sementara sisanya menjadi milik Nokia.

Nokia akan membangun infrastruktur jaringan 4G LTE Smartfren di wilayah barat yang meliputi Jakarta dan sekitarnya, serta Sumatera. Sedangkan ZTE akan menangani wilayah timur yang terdiri dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Lombok, Bali, Kalimantan dan Sulawesi.

ZTE dan Smartfren juga berencana meluncurkan program uji coba pre-5G di tahun 2016 mendatang. Smartfren, akan membawa teknologi pre-5G Massive MIMO ke Tanah Air tahun depan. Pre-5G pada dasarnya bukanlah penerapan dari teknologi 5G secara utuh, melainkan peningkatan dari teknologi 4G LTE dengan tujuan memberikan pengalaman akses internet cepat layaknya 5G kepada pengguna.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year