telkomsel halo

Laba Merosot, Lenovo Pangkas Karyawan

08:17:57 | 14 Aug 2015
Laba Merosot, Lenovo Pangkas Karyawan
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Lenovo mengambil kebijakan drastis menghadapi penurunan laba yang tajam dihadapinya.

Dilansir Reuters (13/8), keuntungan Lenovo anjlok hingga 51% pada kuartal pertama menjadi US$105 juta. Rencananya Lenovo akan memangkas 3.200 karyawannya di kuartal kedua. Kinerja Lenovo masih belum membaik di kuartal kedua dimana di bawah perkiraan analis yakni pendapatan hanya tiga US$107 miliar.

Rencana pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi 3.200 karyawan untuk posisi non-manufaktur, menurut perusahaan akan bisa menghemat US$650 juta dalam setahun di paruh kedua 2015.

Chief Executive Lenovo, Yuanqing, mengatakan Lenovo menghadapi tantangan pasar terberat dalam beberapa tahun terakhir dan akan merestrukturisasi bisnis smartphone yang tertinggal dengan biaya sebesar US$600 juta.

Lenovo juga mengeluarkan sintal untuk pengembangan smartphone akan menjadi tanggung jawab Motorola. Lenovo menyatakan bahwa akan hadir portofolio produk yang lebih sederhana dan efisien, serta lebih mudah dibedakan. Model bisnis yang lebih cepat dan ramping akan meningkatkan kekuatan penjualan global Lenovo dan mempercepat tindakan efisien yang sudah berlangsung dalam rantai suplai global.

Motorola sendiri sebelumnya merupakan bagian dari Google Inc, dan kemudian dibeli oleh Lenovo pada 2014. Namun, sejak Motorola diadopsi oleh Lenovo, belum ada tanda bahwa keduanya akan merilis smartphone bersama sebelum dikeluarkan informasi resmi ini.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year