telkomsel halo

Wah, 4G Smartfren Belum Dapatkan ULO

10:23:42 | 12 Jun 2015
Wah, 4G Smartfren Belum Dapatkan ULO
Model dengan Andromax 4G (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Titik terang mulai di dapat terkait layanan 4G Long Term Evolution (LTE) milik PT Smartfren Telecom Tbk (FREN).

Ternyata, regulator telekomunikasi belum menandatangani sertifikat Uji Laik Operasi (ULO) untuk layanan 4G LTE bagi emiten dengan kode saham FREN itu di frekuensi 850 MHz. (Baca juga: 4G Smartfren dikabarkan kantongi ULO)

“Saya belum tandatangani yang untuk Band 850 MHz,” ungkap Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Kalamullah Ramli kepada IndoTelko dalam pesan singkatnya, Jumat (12/6).

Sebelumnya, beredar kabar Smartfren telah mengantongi sertifikat ULO untuk layanan 4G miliknya. Namun, publik dibuat bertanya-tanya di frekuensi mana, ULO didapat.

Soalnya, Smartfren satu-satunya operator di Indonesia yang akan menggelar  Time Division Duplex-Long Term Evolution (TDD LTE) di 2,3 GHz, dan  juga Frequency Division Duplexing Long Term Evolution (FDD-LTE) di 800 MHz.

Secara sumber daya alam, pasokan dukungan lumayan kuat. Di 2,3 GHz terdapat frekuensi sebanyak 30 Mhz, di 800 MHz terdapat lebar pita 10 MHz. (Baca juga: ULO Smartfren di 850 MHz)

Manajemen Smartfren sendiri telah memberikan sinyal untuk menggelar 4G LTE seiring telah memperkenalkan sederetan smartphone Andromax baru yang mendukung teknologi tersebut dimana bisa melayani band 2,3 GHz, 850 MHz, dan 1.900 Mhz.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year