telkomsel halo

Updated

Nokia akan Akuisisi Alcatel-Lucent senilai US$ 16,6 miliar

13:18:00 | 15 Apr 2015
Nokia akan Akuisisi Alcatel-Lucent senilai US$ 16,6 miliar
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Nokia menunjukkan keseriusannya dalam membeli Alcatel-Lucent dengan siap menebus seharga 15,6 miliar euro  atau setara US$ 16,6 miliar.

Dilansir Reuters (15/4), Nokia menyiapkan pola transaksi dengan penukaran saham juga untuk memuluskan akusisi ini dimana pemegang saham Alcatel-Lucent berpeluang menguasai sekitar 33,% kepemilikan di perusahaan itu, sebaliknya porsi Nokia di Alcatel-Lucent bisa mencapai 66,5%.  

Kesepakatan ini akan difinalisasi pada semester I 2016 dan diharapkan menghasilkan efisiensi dari sisi biaya operasional sekitra 900 juta euro pada 2019 mendatang.

Nokia tak akan mengubah pola bisnis dari Alcatel-Lucent dan tak ada keinginaan mengurangi pegawai melebihi yang telah dicanangkan manajemen Alcatel-Lucent. Sejauh ini ada sekitar enam ribu pegawai Alcatel-Lucent di Perancis.

"Ini akan menjadikan secara bisnis Nokia makin kompetitif. Kami harapkan pertumbuhan penjualan bisa mencapai sekitar 3,5% dalam periode 2014-2019,” kata pernyataan tertulis Nokia dikutip Reuters.

Kombinasi dari dua perusahaan ini akan menguasai sekitar 35% pangsa pasar perangkat wireless secara global, menempel ketat Ericsson (40%), dan diatas Huawei (20%).(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year