telkomsel halo

Siasat Lenovo Kelola Dua Merek Smartphone

09:22:22 | 28 Dec 2014
Siasat Lenovo Kelola Dua Merek Smartphone
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Lenovo bisa dikatakan salah satu vendor smartphone papan atas di dunia.

Jika merujuk riset GfK per September 2014,  Lenovo memiliki pangsa pasar sebesar 8% di pasar smartphone Indonesia.
Sementara riset International Data Corporation (IDC) di kuartal III 2014 menyebutkan, Lenovo berada di peringkat ketiga pasar smartphone global dengan pangsa pasar 7,4%, setelah mengakuisisi Motorola Moblity. Sebelumnya Lenovo berada di peringkat keempat dengan pangsa pasar 5,2%.

Hal  yang menarik disimak dari aksi vendor ini adalah keberaniannya mengakuisisi Motorola senilai US$ 2,9 miliar dari Google Inc awal tahun ini, padahal jika dilihat merek Lenovo sudah cukup menggigit di pasar smartphone global.

“Ada tiga alasan kenapa Motorola di akuisisi,” ungkap Vice President Strategic Alliances dan Head of ID Sales Lenovo Mobile Business Group JD Howard belum lama ini.  

Dijelaskannya, alasan pertama adalah  Motorola memiliki kekuatan di pasar tertentu dimana Lenovo belum kuat keberadaannya seperti di Amerika Utara dan Eropa. Alasan kedua, koleksi intellectual property portofolio Motorola yang lumayan banya.  Terakhir,  akses terhadap brand Motorola.

“Motorola sudah punya brand yang sangat kuat di pasar global. Di Indonesia sendiri, masih ada cukup ruang untuk tumbuh bagi Motorola. Coba lihat Motorola Nexus, smartphone ini sangat pintar dan canggih. Ini suatu produk yang belum pernah dihasilkan Lenovo,” katanya.

Dijelaskannya, kekuatan dari Lenovo selama ini kala masuk ke pasar baru selalu  memanfaatkan orang-orang lokal. “Strategi ini cukup sukses di Indonesia. Selain itu, lokal market people memperkuat brand Lenovo di pasar. Jika bicara vendor smartphone, maka kita bicara soal skala usaha yang besar. Lenovo dapat memiliki posisi yang sangat baik, karena memiliki skala global yang sangat besar,” jelasnya.

Diharapkannya, sebagai pemain smartphone, Lenovo bisa bertengger di posisi nomor dua secara global dengan pangsa pasar double digit pada  tahun depan. Di Indonesia, Lenovo tak ketinnggalan akan bermain di smartphone 4G pada tahun depan, salah satu andalannya adalah Moto-X yang memiliki harga terjangkau. Lenovo akan meluncurkan lima hingga enam tipe smartphone baru. Tiga di antaranya untuk pasar menengah bawah dan sisanya menengah atas.

“Posisi kami sudah sangat baik di pasar personal computer (PC) dan notebook. Lenovo juga dikenal sebagai merek dengan harga terjangkau, sehingga kami optimistis target ini bisa dicapai,” tutupnya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year