telkomsel halo

Huawei, Protelindo, dan Solusi Tunas bisa Kempit Sebagian Saham Bakrie Telecom

16:13:51 | 22 Dec 2014
Huawei, Protelindo, dan Solusi Tunas bisa Kempit Sebagian Saham Bakrie Telecom
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Para mitra penyedia jaringan dari PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) diprediksi bisa menjadi salah satu pemegang saham dari operator yang terkenal dengan merek dagang esia itu pasca diterimanya proposal perdamaian untuk pembayaran utang dengan pola Mandatory Convertible Bond (MCB).

"Secara individu, Huawei nantinya akan memiliki sekitar 9% saham di perseroan. Setelah itu Solusi Tunas Pratama dan Protelindo dimana masing-masing sekitar 5%," ungkap Presiden Direktur Bakrie Telecom Jastiro Abi kala Paparan Publik di Jakarta, Senin (22/12).

Perseroan mengkalkulasi memiliki utang sekitar US$ 145 juta dengan penyedia jaringan asal Tiongkok itu untuk pembangunan BTS. Sedangkan Solusi Tunas Pratama dan Protelindo adalah penyedia menara lokal yang jasanya digunakan Bakrie Telecom untuk ekspansi.

Seperti diketahui, proposal perdamaian untuk pembayaran utang Bakrie Telecom disahkan pada Senin (8/12) dengan Ketua Majelis Hakim Jamaludin Samosir di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Majelis hakim menilai telah memenuhi kuorum di mana dihadiri 343 kreditur konkuren dan 2 kreditur separatis dari total jumlah kreditur yang mengajukan tagihan sebanyak 412 kreditur dengan total tagihan kreditur sebesar Rp 9,68 triliun  (unaudited). Sedangkan jika mengacu kepada hasil verifikasi PKPU total utang Bakrie Telecom sekitar Rp 11,313 triliun.

Abi menjelaskan, sesuai proposal perdamaian sekitar 70% dari total utang akan dibayar dengan MCB yang dapat dikonversika menjadi saham pada harga Rp 200/ saham. Nilainya nanti setara dengan kepemilikan 50% di operator itu.

"Nanti kami akan gelar  Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk izin menerbitkan saham baru memenuhi MCB," katanya.

Dalam bahan presentasinya untuk paparan publik, terlihat Bakrie Telecom memiliki utang diantaranya ke pemerintah berupa Biaya Hak Penggunaan Frekuensi dan USO ke negara sesuai hasil verifikasi PKPU 5 Desember 2014 senilai Rp 1,269 triliun  dimana untuk restrukturisasi dengan skema pembayaran tunai yang didahulukan bertahap dengan tenor 10 tahun.

Berikutnya ada utang usaha sebesar Rp 2,446 trilun dimana dalam restrukturisasi dengan nilai hingga Rp 3 miliar pembayaran tunai didahulukan bertahap dengan tenor hingga 84 bulan. Sedangkan untuk jumlah diatas Rp 3 miliar, sebesar 70% dengan MCB-A, sedangkan 30% pembayaran bertahap denngan tenor 66 bulan.

Untuk utang dengan penyedia menara mencapai Rp 1,303 triliun dimana dengan utang Rp 3 miliar pembayaran tunai didahulukan bertahap dengan tenor 84 bulan. Untuk jumlah diatas Rp 3 miliar, 70% dengan konversi MCB-A, 30% pembayaran bertahap 66 bulan.

Sedangkan utang dana hasil wessel senior sebesar Rp 5,408 triliun sebesar 70% dengan konversi MCB-A dan 30% pembayaran bertahap dengan tenor 66 bulan.      

Terkait dengan berjalannya tuntutan sebagian pemegang obligasi senilai US$ 380 juta di pengadilan New York, Abi mengatakan, pihaknya tengah memonitor proses yang berlaku disana. "Kita patuh kepada hukum yang berlaku," katanya.

Untuk diketahui, sebagian pemegang obligasi sebesar US$ 380 juta milik Bakrie telecom juga mengajukan  tuntutan hukum.  Para penuntut adalah Universal Investment Advisory SA, Vaquero Master EM Credit Fund Ltd, dan Trucharm Ltd.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year