telkomsel halo

Strategi Ekspansi

Telkom Masih Negosiasi dengan 2 Degrees

11:52:39 | 26 Nov 2014
Telkom Masih Negosiasi dengan 2 Degrees
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengaku masih melakukan negosiasi dan due diligence dengan pemegang saham 2 Degrees yang mengoperasikan operator seluler di Selandia baru.

“Aksi akuisisi tahun ini sepertinya belum ada yang closing. Di Selandia baru kita masih tunggu hasil due diligence untuk melanjutkan negosiasi dengan 2 degrees guna membeli sebagian sahamnya,” ungkap Direktur Keuangan Telkom Honesti Basyir usai peluncuran Jakarta Digital Valley, Selasa (25/11) malam.

Dijelaskannya, perseroan membidik sekitar 25% sampai 30% saham 2 degrees agar bisa masuk ke pasar seluler Selandia Baru. “Kita patokannya harga lima atau enam kali EBITDA, jika tidak cocok, bye-bye,” katanya.

Sebelumnya, kala Arief Yahya menjadi Direktur Utama Telkom mengungkapkan membidik saham salah satu operator seluler di Selandia Baru karena pasar di negara itu masih menjanjikan. Kala itu publik menduga saham yang dibidik milik Spark, pemain terbesar di negeri itu.

Two Degrees Mobile Limited sendiri baru berdiri pada 2009. Kabarnya  yang melakukan negosiasi dengan pemegang saham operator negeri Kiwi ini anak usaha Telkom yakni Telin.

Pemilik saham lainnya dari 2 Degrees, Tresbrit BV yang menguasai 27,07% mengaku tak ada negosiasi dengan Telkom. Pemegang saham utama 2Degrees adalah Trilogy International New Zealand dari Amerika Serikat (58.60%),  Hautaki Trust (10.08%), dan New Zealand Communications Trustee (3.76%). Pendiri 2degrees, Tex Edwards masih mengempit saham sekitar 0.49% melalui perusahaan investasi KLR.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year