Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Investasi e-commerce

Tokopedia Kembali Disuntik Pemodal Ventura

10:03:10 | 23 Okt 2014
Tokopedia Kembali Disuntik Pemodal Ventura
Ilustrasi (Dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Pemain e-commerce, Tokopedia, sepertinya mendapatkan kepercayaan yang besar dari pemodal ventura asing.

Portal market place ini terakhir mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura pada 2013 lalu. Di kuartal ketiga 2014 ini giliran SoftBank Internet and Media dan Sequoia Capital menyuntikan dana sebesar US$100 juta atau Rp 1,2 triliun.

Investasi ini disebut-sebut merupakan rekor investasi pertama dengan nilai US$100 juta yang berhasil dicatat oleh perusahaan internet asal Indonesia dan Asia Tenggara.

Bagi kedua pemodal, ini merupakan investasi pertama SoftBank Internet and Media untuk perusahaan internet di Indonesia, Sedangkan untuk Sequoia Capital ini merupakan kali pertama bermain di Indonesia.

SoftBank sendiri merupakan investor terbesar dari Alibaba di China, Yahoo Japan, Supercell (perusahaan game di balik Hay Day dan Clash of Clans). Sementara Sequoia Capital merupakan investor awal di Apple, CISCO, Oracle, Yahoo, Google, Linkedin, Youtube, WhatsApp, dan Instagram.

"Masuknya investasi ini menjadikan Tokopedia memiliki sumber daya yang cukup untuk membangun tim yang semakin baik, mengembangkan teknologi kelas dunia untuk membantu para merchants," kata CEO Tokopedia William Tanuwijaya, kemarin.

Diharapkannya, mitra baru ini akan membantu membawa proses transfer know-how yang memang sangat diperlukan untuk memastikan Tokopedia bersaing di global. Diperkirakan investasi ini akan cair pada pertengahan Desember 2014 dan alokasi akan diprioritaskan untuk belanja iklan TV.      

Vice Chairman dari SoftBank dan CEO dari SIMI Nikesh Arora mengaku antusias bekerja lebih dekat dengan Tokopedia.”Di Indonesia potensi pertumbuhan untuk online marketplace sangat luar biasa, dan sejak Tokopedia berdiri, mereka telah menunjukan pertumbuhan yang signifikan dengan bisnis model mereka yang inovatif,” katanya.

Managing Director, Sequoia Capital India Advisors Shailendra Singh mengatakan tertarik dengan visi belanja online dari Tokopedia yang berupa marketplace. “Kami optimistis bersama Tokopedia bisa membangun perusahaan internet ternama di masa yang akan datang,” katanya.

Dalam catatan, menurut situs Alexa tokopedia.com menempati urutan ke-34 dari 500 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Posisi itu masih kalah dibandingkan lima situs lain yang juga menyediakan lapak belanja online. Kelima situs itu adalah kaskus.co.id (8), olx.co.id (17), berniaga.com (21), lazada.co.id (23) dan bukalapak.com (30).

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Menurut data terakhir dari comScore  yang dirilis pada akhir bulan September 2014,  Berniaga.com sebagai pemimpin situs jual beli di Indonesia diikuti oleh situs olx.co.id di posisi kedua.

Terdapat 4.469.000 pengunjung unik (unique visitors) yang mengunjungi situs Berniaga.com pada bulan Juli 2014 yang mencapai 20,5%  dari keseluruhan pengunjung (21.769.000 pengunjung).  

Bakti
Pada bulan Juli 2014, menurut data comScore, terdapat 4.002.000 pengunjung unik (unique visitors) yang mengunjungi olx.co.id (18.4% ), 2.722.000 pengunjung unik (unique visitors) yang mengunjungi Lazada.co.id (12.5% ) dan 1.231.000 pengunjung unik (unique visitors) yang mengunjungi Zalora.co.id (5.7 %).(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
XL kurangi kepemilikan di PDGDC