telkomsel halo

Telin Malaysia akan Cerai dengan Maxis?

07:36:09 | 15 Okt 2014
Telin Malaysia akan Cerai dengan Maxis?
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) –Telkom International (Sdn Bhd) atau Telin Malaysia dikabarkan akan berpisah dengan mitra penyelenggara jaringannya, Maxis, dalam menggelar layanan Mobile Virtua Network Operator (MVNO) di Malaysia.

Sinyal itu terlihat dari bagian pernyataan tertulis Telkom kala mengumumkan kehadiran layanan MVNO-nya di Macau.

Direktur Wholesale & International Service Telkom Ririek Adriansyah di pernyataan tertulis itu mengungkapkan sudah memiliki mitra MVNO di Malaysia dan akan mengkomersialkan empat bulan mendatang.

Hal ini tentu menjadi tanda tanya mengingat Telkom sudah mengkomersialkan layanan  MVNO dengan merek dagang Kartu AS 2 in 1 pada November 2013. Saat itu Telin Malaysia menggandeng Maxis untuk menggelar layanan ini.

Dalam laporan keuangan keuangan semester I 2014 Telkom ke Bursa Efek Indonesia (BEI) belum lama ini sepanjang semester I 2014  Telin Malaysia memiliki pendapatan sekitar Rp 5 miliar dan rugi sebesar  Rp 20 miliar.

Diperkirakan Telin Malaysia memiliki pelanggan terdaftar sebanyak 20 ribu nomor, sementara yang aktif sekitar 15 ribu nomor.

CEO Telin Malaysia Oki Wiranto kala dikonfirmasi melalui pesan singkat mengakui ada rencana dari perseroan untuk mengganti mitra dalam menggelar layanan MVNO.

“Rencananya memang akan mengganti mitra, nanti sekalian kita luncurkan layanan remittance. Nama mitra jaringan yang baru belum bisa diumumkan,” ungkapnya, kemarin.

Dikatakannya, walau berganti mitra jaringan, tetapi tak akan menganggu layanan ke pelanggan karena Malaysia sudah menerapkan Mobile Number Portability (MNP). “Ini akan memudahkan migrasi pelanggan nantinya,” katanya.

Di Malaysia, terdapat tiga pemain besar seluler yakni  Maxis, Celcom, dan Digi. Maxis dan Celcom disebut sebagai penguasa dengan pangsa pasar 32%-33% bagi keduanya.

Sedangkan pemain yang mendapatkan lisensi MVNO di Malaysia lebih dari 12, tetapi yang aktif beroperasi cuma enam.Di Malaysia juga ada operator MVNO yang memiliki lisensi Mobile Network Operator (MNO) yakni Umobile dengan fokus menggelar layanan data berbasis 3G dan 4G.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year