Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Siasat Telkomsel Menarik Simpati Profesional Muda

12:20:55 | 03 Sep 2014
Siasat Telkomsel Menarik Simpati Profesional Muda
Ilustrasi (Dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Telkomsel kian serius menggarap pasar anak muda guna menjamin datangnya pendapatan.

Setelah mulai lebih serius menggarap remaja usia 12-19 tahun dengan prabayar Loop, kali ini produk prabayar lainnya, simPATI, diubah preposisinya di pasar.

“Selama ini simPATI melayani tujuh cluster pelanggan. Sekarang kita mau ubah preposisinya fokus kepada The Juggler,” ungkap Manager Simpati Marketing Communication Rajasa. Adhi. P. kemarin.

Diungkapkannya, tujuh segmen yang dilayani selama ini oleh produk simPATI dalam kajian internal Telkomsel adalah The Jugglers, The Young Activist, The Me & My Gang, The Functionalist, The on Lookers, dan The Keeping up with Joneses.

“Melayani tujuh cluster profil pelanggan, menjadikan simPATI tidak fokus. Walaupun di pasar data simPATI memiliki 19% pangsa pasar, jika digabung dengan KartuAS menjadi 31%, tetapi ini seperti tidak mengoptimalkan potensi pelanggan yang sebenarnya bisa menjadi revenue stream,” paparnya.

The Jugglers
General Manager Prepaid Marketing Communications Telkomsel Abdullah Fahmi menambahkan perseroan memutuskan untuk memberikan perhatian kepada cluster The Jugglers karena dari sisi Average Revenue Per User (ARPU) lumayan seksi yakni Rp 110 ribu. Bandingkan dengan ARPU blended produk simPATI yang hanya 47 ribu.

Alhasil, komunikasi pemasaran pun diubah menjadi ke usia produktif 20-30 tahun sesuai profil dari The Jugglers dimana aktif mengonsumsi data untuk aktualisasi diri di social media alias status concious professional.

“Kami tak gunakan artis untuk ikon produk ini. Dulu kita sudah pakai Artis top, tetapi persepsi pelanggan tetap saja simPATI itu untuk pekerja muda. Kalau begitu lebih baik kita pakai talent saja dengan tagline Your Everyday Discoveries,” tambah Rajasa.

VP Marketing Communications Telkomsel, Nirwan Lesmana  menambahkan, terkait dengan tagline baru ini, simPATI meluncurkan tema kampanye Tribute to Reporter.

Kampanye ini merupakan bentuk penghargaan kepada para reporter di social media, yang sudah melakukan penemuan setiap harinya dan berbagi banyak hal di social media, dimana penemuan sekecil apapun tersebut bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

Untuk berbagi hal baru ini pelanggan bisa menggunakan paket simPATI Social Max , paket Internet 2GB plus bebas akses 5 aplikasi social hanya dengan menghubungi *999#.  

Kerek ARPU
Fahmi mengharapkan aksi preposisi ini bisa mengkerek ARPU blended dari simPATI dan meningkatkan kontribusi produk ini bagi pendapatan prabayar perseroan.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Hingga semester I 2014 Telkomsel memiliki 138 juta pelanggan Telkomsel dimana 95% lebih merupakan pelanggan prabayar. Simpati memberikan kontribusi 62 juta pelanggan, kartu As 65 juta, dan Loop 4 juta.Layanan prabayar memberikan kontribusi pendapatan  Rp 26,145 triliun bagi Telkomsel

“Kita harapkan ARPU simPATI bisa naik 10% sementara kontribusi ke pendapatan jadi naik 5% atau menyumbang sekitar 65% diakhir tahun nanti,” katanya.  

Bakti
Dalam kalkulasi, potensi peningkatan akan datang dari total 62 juta pelanggan Simpati dimana Telkomsel melihat ada sekitar 40% yang sesuai dengan profil The Jugglers, selain itu sekitar 31% dari 63,3 juta pengguna data yang selama ini berbasis pay as you use.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories