telkomsel halo

Salip Telkomsel, XL Melaju dengan Samsung

16:13:45 | 28 Apr 2014
Salip Telkomsel, XL Melaju dengan Samsung
Kerjasama Samsung-XL (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Induk usaha Telkomsel, SingTel Grup, boleh saja pada medio April lalu mengumumkan kerjasama pemasaran dengan Samsung. Tetapi, XL ternyata lebih dulu melaju bersama raja smartphone ini di Indonesia.

Setidaknya itu terlihat dari aksi XL mengumumkan kerjasama secara eksklusif dengan Samsung melalui peluncuran program bundling paket layanan data untuk Samsung Galaxy Trend DUOS.

Program bundling ini dibanderol Rp 1,999 juta dengan dilengkapi benefit-benefit dari XL  yaitu gratis Internetan dengan total kuota 4,5 GB dengan kecepatan sampai dengan 7.2 Mbps, gratis nelpon 300 menit ke sesama XL, dan gratis 300 SMS ke sesama XL selama tiga bulan, dengan benefit tambahan gratis voucher aplikasi e-book Indobooks  sebesar Rp 35 ribu.
 
"Kemitraan secara eksklusif yang kami lakukan dengan Samsung melalui program bundling ini merupakan wujud keseriusan XL untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan dalam menggunakan layanan data. Kami yakin ponsel Samsung terbaru dengan dual SIM ini akan sangat memuaskan dan terasa kenyamanannya," kata Direktur Sales & Marketing XL Pradeep Shrivastava di Jakarta, Senin (28/4).

Deputi Direktur Marketing XL Kencono Wibowo mengungkapkan, bundling ini adalah langkah pertama dari kerjasama XL dengan Samsung."Nanti akan ada kerjasama aplikasi dan sistem pembayaran, serta lainnya," ungkapnya.

Saat ini yang sudah terjalin adalah kerjasama retail, yakni penyediaan penawaran bersama handset Samsung dengan layanan data XL di beberapa Samsung Experience Store, penyelenggaraan kegiatan roadshow/exhibition bersama, program bundling smartphone dengan layanan XL berikut aplikasinya,  program loyalitas pelanggan, serta program kerjasama yang dikhususnya untuk pelanggan korporasi (enterprise).

Hingga akhir tahun 2013 total pelanggan data XL telah mencapai sekitar 33 jutaan pelanggan atau 54% dari total pelanggan XL yakni 60,5 juta pelanggan. Sementara pelanggan yang menggunakan smartphone mencapai sekitar 10,2 jutaan pelanggan, dimana mayoritas merupakan pengguna smartphone berbasis android.
 
Diskusi Lama
VP IT & Mobile Business Samsung Andre M.E Rompis mengungkapkan, induk usaha XL, Axiata, selama ini sudah terlibat diskusi dengan Samsung untuk membahas kerjasama ini. "Tak hanya itu, Samsung di Indonesia juga sering diskusi dengan XL. Jadi, kerjasama ini bisa cepat realisasinya," ungkapnya.

Terkait dengan realisasi kerjasama Samsung dengan SingTel Grup di Indonesia melalui Telkomsel, Andre mengaku masih banyak hal yang harus didetailkan. "Kita masih diskusi terus. Tunggu nanti kita undang update-nya," pungkasnya.

Sebelumnya, SingTel Group mengumumkan kerjasamanya dengan Samsung guna memperkuat posisinya di pasar negara berkembang.

Kedua raksasa ini menyiapkan berbagai inisiatif kerjasama yang meliputi pemasaran, konten dan teknologi guna diluncurkan di beberapa entitas bisnis dari SingTel Group, seperti SingTel di Singapura, Telkomsel di Indonesia, Optus di Australia, AIS di Thailand, Airtel di India dan Afrika, serta Globe Telecom di Filipina.(id)  

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year