telkomsel halo

XL Renegosiasi Kontrak Sewa Menara Axis

11:23:34 | 21 Apr 2014
XL Renegosiasi Kontrak Sewa Menara Axis
Hasnul Suhaimi (Doc)
JAKARTA (IndoTelko)  – PT XL Axiata Tbk (XL) berniat meneruskan renegosiasi kontrak sewa menara yang dilakukan Axis setelah keduanya resmi menjadi satu entitas pada 8 April lalu.

“Renegosiasi kontrak sewa menara yang dilakukan Axis beberapa waktu lalu dilanjutkan XL. Soalnya kita mau ada efisiensi,” ungkap Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi, kemarin.

Diungkapkannya,  dalam renegosiasi XL akan mengajukan solusi yang menyenangkan kedua belah pihak. Opsi yang disiapkan adalah, mengurangi waktu kontrak, menyelesaikan semua pembayaran setelah kontrak selesai, atau berharap sewa selesai ketika BTS dimatikan.

“Kita lihat nanti opsi mana yang menguntungkan semua pihak. Soalnya ada beberapa site dari Axis itu yang berdampingan dengan XL sehingga boros dinyalakan BTS bersamaan,” jelasnya.

Ditambahkannya, para penyedia yang menjadi prioritas akan dilakukan renegosiasi seperti PT Bali Towerindo Tbk (BALI) dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR). “Di kedua penyedia menara ini Axis banyak melakukan sewa menara. Apalagi Bali Towerindo yang wilayahnya di Bali, XL juga sewa banyak sama mereka,” katanya.

Lepas Menara
Lebih lanjut dikatakannya, perseroan pun tengah mengkaji wacana untuk melepas sekitar 7 ribu menara miliknya jika ada pihak yang berminat. XL memasang valuasi untuk sekitar 7 ribu menara yang dilepasnya sembilan kali dari Earning Before Interest Depreciation Amortization (EBITDA) setelah perseroan melakukan sewa dan disewakan juga ke tenant lain. 

"Itu rendah, ketimbang penyedia menara yang Intial Public Offering (IPO), mereka pasang 14 kali dari EBITDA untuk valuasi,” jelasnya.

Sebelumnya, Axis tengah melakukan renegosiasi kontrak sewa menara dengan penyedia menara. Namun, penyedia menara yang tercatat di bursa saham umumnya menolak wacana itu. Renegosiasi baru berhasil dengan  perusahaan yang tak tercatat di lantai bursa yakni PT KOMET Konsorsium, PT Ida Lombok, dan PT Era Bangun Jaya.

XL sendiri telah lama berniat melepas menara miliknya, tetapi hingga sekarang belum bertemu jodoh yang tepat.(id) 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year