telkomsel halo

Ketimbang Perang Tarif Data, Telkomsel Pilih Berantas Bunet

10:58:13 | 25 Mar 2014
Ketimbang Perang Tarif Data, Telkomsel Pilih Berantas Bunet
Peluncuran Bunet (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Telkomsel  lebih memilih aktif  memberantas buta internet (Bunet) ketimbang terjebak dalam perang tarif, khususnya di layanan data.

Hal  itu terlihat dengan diluncurkannya gerakan Indonesia Genggam Internet yang mengajak langsung keterlibatan para pelanggan untuk ikut aktif memberantas  di Indonesia. Program yang akan berjalan hingga akhir tahun ini diharapkan mampu mempercepat edukasi broadband kepada pengguna awal internet.

“Dari riset internal Telkomsel, masih banyak penduduk di Indonesia yang memiliki anggapan bahwa Internet merupakan hal yang rumit, hanya untuk konsumsi anak muda, dan tidak bermanfaat atau malah membawa pengaruh negatif. Hal inilah yang dicoba untuk dijembatani program Genggam Internet, yakni melalui berbagi kebaikan internet,” kata Direktur Marketing Telkomsel, Alistair Johnston, kemarin.

Diungkapkannya, di Indonesia baru 27% penduduk yang memiliki akses internet, sedangkan 73% lainnya masih tidak terkoneksi. "Telkomsel ingin membentuk image positif kemanfaatan internet, sekaligus membantu masyarakat yang Bunet untuk mengerti cara mengunakan internet secara sehat. Hal ini diharapkan mampu memacu penggunaan internet yang produktif di kalangan masyarakat, seiring dengan tag line Telkomsel Untuk Indonesia,"  katanya.
 
Adapun pelanggan Bunet yang menjadi target gerakan ini diantaranya adalah ibu rumah tangga, petani, pedagang, penjaja kaki lima dan masih banyak lagi. Telkomsel menargetkan untuk menjaring sebanyak 1 juta agen internet hingga akhir tahun 2014.

Gerakan ini juga akan menyasar sekitar 80,000 Usaha Kecil Menengah (UKM) dari berbagai bidang usaha, binaan Community Development Center (CDC) Telkom, dimana pelatihan dasar internet diharapkan akan mampu meningkatkan kemampuan para pelaku UKM di dalam melakukan pemasaran berbasis online.

Untuk menjadi agen internet, pelanggan hanya perlu menghubungi *363*11# atau klik ke telkomsel.com/GenggamInternet.
Sebagai apresiasi terhadap agen-agen internet, Telkomsel memberikan berbagai benefit mulai dari paket data gratis, hingga undian untuk mendapatkan ratusan hadiah menarik.   

Gerakan Indonesia Genggam Internet akan melengkapi upaya Telkomsel di dalam mengembangkan masyarakat digital Indonesia, dimana saat ini tantangan utamanya terletak pada edukasi yang menyeluruh kepada lapisan masyarakat yang belum tersentuh akan manfaat internet.

Untuk mendukung hal ini, secara infrastruktur, Telkomsel terus mengembangkan kesiapan akses internet di berbagai daerah sehingga muncul  kesetaraan ber-internetan dengan kualitas terbaik baik  di perkotaan maupun di pedesaan. Saat ini Telkomsel juga memiliki 300 Broadband City Telkomsel yang menawarkan akses internet cepat.  

Saat ini layanan data memang menjadi lahan hijau bagi operator ditengah menurunnya revenue dari layanan SMS dan voice. Telkomsel tidak memungkiri jika kontribusi revenue perusahaan yang cukup besar berasal dari layanan data, yakni sekitar 22% dari total pendapatan yang sebesar Rp 60,5 triliun di 2013 lalu. Bahkan pelanggan mobile broadband pun tumbuh 37% setiap tahunnya.

“Pertumbuhan pelanggan data dari program ini sudah pasti kami nantikan. Kita lihat KPI-nya dari situ, program ini sukses atau tidak, ya kita lihat dari kenaikan jumlah pelanggan data itu,” ujar VP Marketing Communication Telkomsel, Irlamsyah Syam.(ct)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year