telkomsel halo

Makin Dilarang, Bitcoin Makin Berkibar

08:56:22 | 24 Mar 2014
Makin Dilarang, Bitcoin Makin Berkibar
ilustrasi (bitcoin.co.id)
JAKARTA (IndoTelko) – Makin dilarang, makin berkibar. Inilah ungkapan yang tepat dialamatkan ke mata uang virtual Bitcoin di Indonesia.

Meski ada peringatan dari Bank Indonesia terkait penggunaan mata uang virtual itu, ternyata Bitcoin telah menjadi salah satu pilihan media transfer di Indonesia.
 
Bahkan, adanya kasus Mt Gox tidak menjadikan pamor bitcoin meredup. Kabar terbaru, seseorang yang tidak diketahui identitasnya telah membeli sebuah vila mewah di wilayah Seminyak, Bali, dengan menggunakan bitcoin.

Sebuah vila baru yang berlokasi di pantai selatan Bali baru saja berpindah tangan. Seseorang membelinya dengan menukarkan lebih dari 800 bitcoin yang setara dengan US$ 500.000 melalui pasar BitPremier. Jika dikonversi ke mata uang rupiah, nilai transaksi jual beli vila tersebut mencapai Rp 5 miliar. Pembelian ini merupakan nilai transaksi riil tertinggi dalam sejarah bitcoin.

Informasi tersebut pertama kali dilaporkan situs berita mata uang virtual CoinDesk, yang mengutip pernyataan Chief Executive Officer (CEO) BitPremier, Alan Silbert, bursa barang-barang mewah yang hanya bisa dibeli melalui bitcoin.

Sebelumnya, Pengadilan Amerika Serikat (AS) memberikan perlindungan kebangkrutan pada Mt. Gox, bursa Bitcoin pertama dan terbesar Senin (10/3). Mt. Gox sudah memailitkan diri di Jepang pada Februari lalu, sejak mengaku kehilangan 750.000 Bitcoin akibat ulah peretas. Di bawah chapter 15, pengadilan AS akan mengakui proses kebangkrutan di luar negeri dan membantu proses tersebut dengan melindungi aset yang berbasis di AS.

Perkembangan Indonesia
Penggagas Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan mengungkapkan, perkembangan Bitcoin di Indonesia terus menunjukkan sinyal positif. Hal ini ditunjukkan dengan kehadiran Bitcoin Marketplace di Indonesia.

“Bitcoin terus menunjukkan perkembangan positif di Indonesia.VIP marketplace itu salah satu buktinya,” ungkapnya kepada IndoTelko, kemarin.

Dalam situs bitcoin.co.id dinyatakan Marketplace Bitcoin Indonesia yang diluncurkan pada 15 Februari 2014 itu telah memiliki anggota sebanyak 3 ribu orang dengan fitur tersedia diantaranya, penarikan Rupiah ke berbagai bank lokal. Kerjasama dengan digitalchanger.com untuk mempermudah deposit dan penarikan rupiah, Deposit dan Penarikan Bitcoin instan.

Berikutnya, mempercepat Deposit dan Penarikan Rupiah yang tadinya memakan waktu 24 jam sekarang diproses dalam 1-2 jam saja, Chat Room dan  pergerakan harga di vip.bitcoin.co.id. Untuk biaya transaksi dikutip sebesar 0,3%.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year