telkomsel halo

Indosat Siap Tampung Satu Blok 3G Milik XL-Axis

16:06:17 | 13 Sep 2013
Indosat Siap Tampung Satu Blok 3G Milik XL-Axis
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Indosat Tbk (ISAT) mengaku siap mengambil satu blok (5 MHz) frekuensi 3G di 2,1 GHz yang dilepas XL dan Axis jika merger kedua operator itu terjadi.

“Kalau bicara frekuensi siapa yang tidak mau. Tetapi ada beberapa hal yang harus dimatangkan dan jelas lebih dulu. Misalnya, blok mana yang akan mereka lepas nantinya,” kata Divison Head Network Quality Assurance Indosat Jeremiah Ratadhi S, kemarin.

Dijelaskannya, posisi frekuensi yang dimiliki Indosat untuk jangka pendek dalam kondisi yang mampu mendukung ekspansi perusahaan, tetapi untuk jangka panjang tentu membutuhkan kapasitas yang besar.
 
"Kita untuk 3G kan ada di 2,1 GHz selebar 10 MHz, sedangkan di 900 MHz tengah modernisasi dan bisa dipakai 3G satu kanal. Jika nanti ditambah satu blok lagi lumayan juga. Kita juga tengah  pertimbangkan implementasi  extended GSM di frekuensi 850 MHz milik StarOne," jelasnya.

Sebelumnya, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat dan Pos Informatika Kementerian Komunikasi M Budi Setiawan mengungkapkan, Indosat salah satu operator yang menyatakan minat mengambil frekuensi 3G milik XL-Axis jika merger terjadi.
 
XL dalam dokumen ke pemerintah menyatakan hanya mau melepas satu blok 2,1 GHz ke pemerintah jika merger terjadi. Untuk di 2,1 GHz, XL memiliki tiga blok, semenstara Axis dua blok. Sedangkan di 1.800 MHz tak dikembalikan baik itu 7,5 MHz milik XL atau 15 MHz milik Axis.

Pemerintah sendiri terus mengaji  berapa kanal frekuensi yang dikembalikan dan segera dilelang tanpa menunggu tahun depan untuk menghindari kekosongan pemasukan pungutan biaya hak penyelenggaraan (BHP) frekuensi.

Sekadar catatan, dalam lelang blok ketiga frekuensi 3G tahun ini, Indosat tidak ikut karena memilih menjalankan modernisasi 25 ribu BTS yang dimilikinya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year