telkomsel halo

Jelang Lebaran, Penjualan Telkomsel Naik 8%

12:45:57 | 08 Aug 2013
Jelang Lebaran, Penjualan Telkomsel Naik 8%
Suasana pemantauan kondisi jaringan Telkomsel (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Penguasa pasar seluler nasional, Telkomsel, berhasil mengalami peningkatan penjualan isi ulang pulsa sebesar 7%-8% enam hari jelang Lebaran 2013.

“Jika dibandingkan secara bulanan antara enam hari pertama Juli 2013 dengan Agustus 2013, itu ada kenaikan penjualan isi ulang pulsa sebesar 7%-8%,” ungkap Koordinator Telkomsel Siaga Hendri Mulja Sjam di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya, denominasi voucher yang banyak dipilih pelanggan mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu. “Tetapi denominasi di atas itu juga banyak dibeli pelanggan, terutama yang isi ulang via channel ATM bank. Reload paling tinggi di H-1 Lebaran,” jelasnya.

Sekadar diketahui, Telkomsel per hari bisa mencatat penjualan di kisaran Rp 800 miliar. Adanya kenaikan sekitar 7%-8%, maka penjualan di posisi Rp 856 miliar hingga Rp 864 miliar

Pantau Jaringan
Sementara itu Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga mengungkapkan, perseroan terus memantau kondisi jaringan untuk memberikan layanan yang prima bagi pelanggannya.

“Sebanyak 3,2 juta pelanggan Telkomsel di Jakarta ini keluar dari Home Location Register (HLR). Paling banyak ke Jawa Tengah,” ungkapnya.

Dijelaskannya, perseroan  melakukan pemantauan trafik dan pemeliharaan kinerja perangkat secara ketat  melalui Network Operation Centre (NOC) di Jakarta.
NOC diklaim mampu melakukan fungsi monitoring, yaitu mengawasi status kesiapan BTS dan Base Station Controller (BSC); fungsi remote maintenance, yaitu melakukan perawatan dan perbaikan jarak jauh tanpa harus datang ke lokasi BTS atau BSC; fungsi reporting, yaitu melaporkan sejarah kejadian yang ada di BTS atau BSC; serta fungsi measurement, yaitu memberikan data hasil pengukuran kinerja BTS.

Hasil pengukuran ini akan memberi informasi mengenai kesiapan BTS dalam melayani lonjakan arus telekomunikasi selular. Dengan demikian, setiap permasalahan yang timbul dapat segera diatasi dan pelanggan dapat menikmati layanan telekomunikasi secara nyaman.

“Melalui NOC kami terus memantau kondisi jaringan di seluruh Indonesia, khususnya di sepanjang jalur mudik saat libur lebaran kali ini. Dengan ini perbaikan cepat terhadap gangguan teknis dapat dilakukan dari jarak jauh, sehingga walaupun terjadi lonjakan trafik komunikasi, pelanggan tetap merasakan kenyamanan dalam berkomunikasi baik menelpon, mengirimkan SMS maupun  melakukan akses layanan data.” katanya.

Pemantauan Telkomsel pada H-3 Lebaran (5/8),   mencatat kenaikan penggunaan data secara nasional sebesar 16,7% dibandingkan dengan hari normal di tahun 2013, di mana Area Sumatera dan Jawa Bali yang merupakan tujuan mudik utama mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yakni 23,6% dan 28,2%.

Sedangkan penggunaan Voice dan SMS mengalami penurunan, yaitu -8% dan -1,2%. Telkomsel sendiri memperkirakan akan terjadi kenaikan Data sebesar 15%, Voice dan SMS sebesar 5% saat Lebaran tahun ini dibandingkan trafik rata-rata hari normal di tahun 2013.

Untuk itu, dibandingkan dengan tahun lalu,  kemampuan penanganan pelanggan Visitor Location Register (VLR) ditingkatkan sebesar 59,4%, dengan kapasitas kelonggaran daya tampung perpindahan pelanggan mudik 35-45%.

Kapasitas HLR   tahun ini juga digenjot sebesar 17%. Sedangkan jumlah BSC (Base Station Controller) yang mengkoordinasikan beberapa BTS ditingkatkan 24,6%. Sementara peningkatan kapasitas IN (Intelligent Network) sebesar 34,6% diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data.

Masih untuk mengatasi lonjakan trafik selama libur lebaran, Telkomsel telah menambah 450 BTS baru yang sebagian besar di bangun di Pulau Jawa dan Sumatera.

BTS baru ini merupakan bagian dari pembangunan 15.000 BTS di tahun 2013, dimana hingga bulan Juni telah diselesaikan pembangunan 7500 BTS dengan perbandingan 3G/2G sebesar 70%/30%. Selain itu Telkomsel juga menyiagakan 50 mobil BTS Combat (Compact Mobile Base Station) agar pelanggan menikmati koneksi sambungan yang tak pernah putus ala Telkomsel selama berlebaran.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year