Telkomsel Drive Test 2019

XL manfaatkan Palapa Ring Barat

05:06:42 | 08 Mar 2019
XL manfaatkan Palapa Ring Barat
Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya.(dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Axiata Tbk (XL) mengaku sebagai salah satu operator yang merasakan manfaatk dari Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Palapa Ring Barat.

Proyek Palapa Ring Paket Barat memiliki kabel optik sepanjang 2.000 km yang menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau (sampai dengan Pulau Natuna).

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan XL Axiata baru saja membuka jaringan 4G di Kepulauan Anambas dan Kepulauan Natuna bulan Februari lalu. (Baca: Penyewa Palapa Ring Barat)

“Kami sudah pasang, masuk ke Pulau Anambas, sudah punya akses di sana,” ungkapnya usai acara Dialog dan Persemian Pojok Pintar SisterNet, belum lama ini.

Menurut Yessie, hingga akhir 2018, pembangunan jaringan 4G XL Axiata sudah mencapai 85% hingga 86%.

"Ekspansi jaringan 4G XL menargetkan wilayah di luar Pulau Jawa, termasuk di antaranya Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. XL sudah memanfaatkan infrastruktur jaringan Palapa Ring Barat, yang selesai dibangun tahun lalu," ungkapnya.

Yessi menyatakan, perusahaan menargetkan 92% pelanggan akan terjangkau jaringan 4G hingga akhir tahun 2019.

“Harapannya 92% itu akan selalu di 4G tidak turun ke 3G. Saat ini, jumlah pelanggan kami mencapai 54,9 juta pengguna. Kami akan fokus ekspansi jaringan ke wilayah luar Pulau Jawa dengan memanfaatkan Palapa Ring yang pembangunannya hampir rampung,” katanya. 

Lebih lanjut dikatakannya, untuk pemanfaatan Palapa Ring Tengah hingga saat ini masih dalam tahap diskusi dan sedang menantikan infrastruktur Palapa Ring Timur selesai untuk selanjutnya berencana akan ekspansi jaringan 4G ke wilayah Indonesia Timur.

"Sudah ada rencana untuk wilayah tengah, begitu aktif, kita langsung ambil yang tengah. Palapa Ring Timur, kita liat dulu jadinya sampe mana baru kita perhitungkan," tuturnya.

Palapa Ring Timur rencananya menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua (sampai dengan pedalaman Papua). Sementara Palapa Ring Tengah menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai dengan Kep. Sangihe-Talaud).

Menurutnya, keberadaan Palapa Ring memudahkan konektivitas dan meningkatkan experience pelanggan.

“Kalau dulu pakai satelit udah mahal bandwithnya kecil pula, Sekarang udah pakai fiber jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya dengan menggunakan teknologi satelit,” terangnya.(wn)

Telkomsel Drive Test 2019
Baca Juga:
Telkomsel Drive Test 2019