telkomsel halo

Tokopedia dan TikTok ungkap tren belanja online jelang lebaran

04:14:00 | 09 Apr 2024
Tokopedia dan TikTok ungkap tren belanja online jelang lebaran
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Setelah Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran turun, animo belanja masyarakat dalam berbelanja cenderung meningkat. Di Tokopedia, sejumlah kategori produk, seperti Fashion Muslim, Fashion Wanita, Fashion Anak dan Bayi, Otomotif serta Makanan dan Minuman, mengalami kenaikan penjualan yang signifikan.

Sedangkan pada platform Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, beberapa kategori produk, yaitu Kecantikan dan Perawatan Diri, Elektronik, Fashion Wanita, Fashion Muslim, serta Fashion Pria, juga mengalami peningkatan transaksi yang sangat tinggi (data 25-31 Maret 2024 dibandingkan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024).

Menurut Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan, ia melihat masyarakat mulai lebih banyak membeli produk-produk kebutuhan yang berkaitan erat dengan Lebaran, seperti untuk mudik dan berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat melalui Tokopedia maupun Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok.

“Guna membantu pelaku usaha meningkatkan penjualan di Ramadan hingga Lebaran 2024, Tokopedia dan TikTok menghadirkan kampanye Ramadan Esktra Seru pada 27 Maret-5 April 2024. Lewat kampanye ini pelaku usaha bisa mempromosikan dan menjual produknya di halaman khusus Ramadan Ekstra Seru melalui aplikasi dan website Tokopedia, dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok,” katanya.

Selain memberikan panggung kepada pelaku usaha secara online, Tokopedia dan TikTok juga menghadirkan 'Festival Ramadan Ekstra Seru' secara offline di City Hall, Pondok Indah Mall 3 pada 14-17 Maret 2024 lalu. Festival ini menghadirkan berbagai pilihan produk kebutuhan Ramadan hingga Lebaran, termasuk fesyen dan kecantikan serta masih banyak lagi, dari sederet pelaku usaha lokal ternama khususnya UMKM.

Puluhan pelaku usaha lokal yang berpartisipasi dalam Festival Ramadan Ekstra Seru pun merasakan dampak positif. Secara keseluruhan, mereka mengalami rata-rata peningkatan transaksi penjualan lebih dari 11 kali lipat.

Little Palmerhaus adalah salah satu brand lokal yang bergerak di bidang fashion anak dan mengikuti Festival Ramadan Ekstra Seru. Berkat festival yang diadakan oleh Tokopedia dan TikTok ini, transaksi penjualan Little Palmerhaus melonjak lebih dari 11 kali lipat.* Perjalanan Little Palmerhaus dimulai pada tahun 2017. Mengetahui bahwa produknya akan digunakan oleh anak dan bayi, Little Palmerhaus memilih bahan dengan sangat hati-hati.

Pemilik Little Palmerhaus, Alexander Setiawan, mengungkapkan, Little Palmerhaus menggunakan kapas dari pabrik terbaik di Indonesia untuk memastikan produk nyaman digunakan. "Kami mengandalkan kain berkualitas tinggi, termasuk katun bambu antibakteri yang sangat nyaman dipakai baik dalam cuaca panas maupun dingin. Platform teknologi, seperti Tokopedia dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, sangat membantu produk Little Palmerhaus menjadi lebih inklusif atau bisa diakses siapa pun. Orang tua dari Sabang sampai Merauke bisa menjangkau produk kami secara lebih mudah melalui platform teknologi,” katanya.

Sementara, Benang Jarum, salah satu brand lokal modest fashion yang berpartisipasi di Festival Ramadan Ekstra Seru, bahkan mengalami peningkatan transaksi penjualan lebih dari 12 kali lipat. Benang Jarum dibangun pada tahun 2020 oleh Linda Anggreaningsih dan Allyssa Hawadi, yang sebelumnya berhasil mendirikan Buttonscarves. Berbeda dengan Buttonscarves yang fokus menghadirkan produk fesyen muslim, Benang Jarum bergerak di modest fashion yang praktis dan kasual tetapi tetap elegan dan up-to-date.

Dikatakan Founder Benang Jarum, Linda Anggrea, Benang Jarum punya 24 gerai offline dan memberdayakan penjahit lokal serta karyawan yang didominasi perempuan. "Walau telah memiliki puluhan gerai offline, kami sadar peran platform teknologi, seperti Tokopedia dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Kami bergabung dengan Tokopedia, dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Sejak bergabung, penjualan kami makin naik,” jelasnya.

Penjualan Heaven Lights Melonjak >66 Kali Lipat di Festival Ramadan Ekstra Seru

Heaven Lights juga merupakan contoh brand lokal fesyen muslim yang mengalami peningkatan transaksi paling signifikan pada saat Festival Ramadan Ekstra Seru, yaitu lebih dari 66 kali lipat. Didirikan oleh Jihan Malik dan Nazmah Malik pada tahun 2013, Heaven Lights menyediakan produk fesyen muslim yang berkualitas dan nyaman dengan harga terjangkau. Heaven Lights memiliki komitmen untuk senantiasa menghasilkan inovasi, terutama dari sisi produk, agar dapat terus relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Owner Heaven Lights, Jihan Malik, bercerota, awalnya ia hanya fokus berjualan lewat website sendiri, namun melihat perkembangan industri, ia memutuskan untuk bergabung dengan Tokopedia dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok. "Selain membantu kami memperluas eksposur, Tokopedia dan Shop | Tokopedia membantu Heaven Lights meningkatkan penjualan secara signifikan. Bahkan Tokopedia juga membukakan peluang untuk kami bisa melebarkan sayap ke ajang internasional, seperti New York Fashion Week 2022 lalu," paparnya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year