telkomsel halo

Kenaikan harga beras pengaruhi makanan pokok lainnya di eCommerce

03:30:00 | 26 Feb 2024
Kenaikan harga beras pengaruhi makanan pokok lainnya di eCommerce
JAKARTA (IndoTelko) - Pada pertengahan bulan Februari 2024 terdapat pemberitaan mengenai kelangkaan beras dan peningkatan harga beras yang cukup signifikan.

Melihat situasi ini, Compas.co.id aktif memonitoring harga-harga beras dan beberapa substitusi produk pengganti beras di Tokopedia, Shopee dan Blibli pada periode 1 Desember 2023 - 20 Februari 2024. Hasilnya, Compas.co.id menemukan kenaikan berbagai jenis beras yang terjadi secara bertahap di e-commerce pada Januari dan Februari 2024. Melalui temuan Compas.co.id, turut menemukan beberapa produk substitusi juga turut mengalami kenaikan, diantaranya porang, jagung, singkong, dan ubi.

"Compas.co.id melihat keresahan publik terkait peningkatan harga beras, oleh karena itu kami secara sigap berupaya untuk memantau harga di e-commerce dan memberikan insight bagi masyarakat. Berdasarkan data dari dashboard Compas.co.id harga rata-rata beras putih dari berbagai varian meningkat 22% dibanding bulan sebelumnya, dan kembali meningkat 11% di bulan Februari 2024," terang Co-founder dan CEO Compas.co.id Hanindia Narendrata.

Narendrata melanjutkan, melalui pantauan Compas.co.id kenaikan tidak hanya terjadi pada beras putih saja, namun juga beragam beras lainnya. Harga rata-rata beras merah turut mengalami peningkatan bertahap dari Desember 2023, hingga Februari 2024. Dimana pada Januari 2024 mengalami kenaikan 16% dibanding bulan sebelumnya. Beras merah kembali mengalami kenaikan di bulan Februari 2024 sebanyak 12%.

Hal serupa juga ditemukan pada jenis beras cokelat dan beras hitam, dimana di periode yang sama harga rata-rata beras hitam naik 6% di bulan Januari 2024 dan pada Februari naik 7%, sementara harga rata-rata beras cokelat meningkat cukup tinggi 38% pada bulan Januari 2024 dan kembali naik sebesar 3% di bulan Februari 2024.

"Compas.co.id selaku E-commerce Market Insight turut mengantisipasi peralihan beras ke beragam makanan pokok lainnya. Menariknya, berdasarkan riset ini Compas.co.id menemukan beberapa jenis produk substitusi seperti porang, jagung, singkong dan ubi turut meningkat," lanjut Narendrata.

Menjelaskan lebih rinci, Narendrata menyebutkan bahwa porang merupakan salah satu makanan pokok yang mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Menurut data riset menunjukkan bahwa pada bulan Januari 2024 harga rata-rata varian porang melonjak sebesar 34% dibanding bulan sebelumnya, dan kembali meningkat 4% di bulan Februari 2024. Hal ini serupa dengan singkong, yang harga rata-ratanya mengalami kenaikan 14% pada Januari 2024 dan 9% pada bulan Februari 2024.

Lain lagi halnya dengan Jagung, dimana harga rata-ratanya pada bulan Januari 2024 hanya mengalami peningkatan 8% dibanding bulan sebelumnya, namun melonjak 24% pada Februari 2024. Pada produk ubi, harganya relatif stabil dimana harga rata-ratanya tidak mengalami peningkatan di bulan Januari 2024 dibandingkan Desember 2023, dan hanya meningkat 1% pada bulan Februari 2024.

"Kehadiran Compas.co.id yang menggunakan metode crawling atau merekam seluruh transaksi di e-commerce secara near real time, diharapkan dapat membantu menyajikan informasi yang aktual dan akurat bagi publik. Kami berupaya untuk terus memonitoring data-data ini dalam beberapa bulan ke depan, khususnya menjelang Ramadhan di bulan Maret 2024 mendatang," tutup Narendrata.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year