telkomsel halo

Zoom Workplace, platform kolaborasi berbasis AI

02:49:00 | 28 Mar 2024
Zoom Workplace, platform kolaborasi berbasis AI
Zoom Workplace (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Zoom Video Communications mengumumkan peluncuran produk Zoom Workplace, platform kolaborasi terbuka berbasis AI, dan memperkenalkan inovasi AI Companion terbaru untuk membantu menata ulang cara kerja tim. Produk dan fitur terbaru Zoom - seperti fitur baru AI Companion untuk Zoom Phone dan Ask AI Companion, tampilan baru pada aplikasi Zoom, dan banyak pembaruan lainnya - menyajikan platform all-in-one berbasis AI bagi penggunanya yang membutuhkan untuk mendukung cara kerja modern.

Zoom juga mengumumkan penyempurnaan pengalaman pelanggan pada Zoom Contact Center, sehingga perusahaan dapat memperkuat hubungan dengan para pelanggannya dan memanfaatkan informasi yang dihasilkan oleh AI secara real-time untuk meningkatkan kualitas interaksi dengan agen.

Dikatakan Chief Product Officer di Zoom, Smita Hashim, pihaknya telah melihat dampak positif dari Zoom AI Companion terhadap bisnis dan para pelanggannya, yang mentransformasi caranya bekerja dengan menghemat waktu yang berharga untuk kolaborasi tim. "Zoom Workplace dengan AI Companion akan membantu memecahkan masalah nyata dengan menghadirkan solusi kolaborasi utama ke dalam satu platform berbasis AI untuk membantu meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keseluruhan kualitas kerja. Semua manfaat dapat diperoleh dalam platform Zoom yang telah dipercaya dan disukai para pengguna," ujarnya.

Zoom terus mengembangkan AI pada platformnya untuk membantu pengguna mengoptimalkan produktivitas mereka sesuai alur kerja yang ada, meningkatkan keterampilan karyawan, dan memberdayakan tim untuk memfokuskan waktu mereka pada pekerjaan yang penting. Inovasi Zoom AI Companion terbaru mencakup Ask AI Companion — asisten digital yang disempurnakan untuk membantu pengguna mempersiapkan hari kerja mereka di Zoom Workplace — serta AI Companion untuk Zoom Phone dan fitur tambahan pada Team Chat dan Whiteboard. Semua fitur AI Companion dapat diakses oleh pengguna dengan akun Zoom berbayar dan memenuhi syarat, tanpa biaya tambahan.

Ask AI Companion akan menyajikan cara baru berinteraksi dengan AI Companion pada platform Zoom. Pengguna dapat meningkatkan produktivitas mereka dan mempersiapkan hari kerja mereka dengan lebih baik dengan Ask AI Companion, yang akan mengumpulkan, menganalisis, dan membagikan informasi dari Zoom Meetings, Mail, Team Chat, Notes, Docs, dan lain-lain. Ask AI Companion juga akan membantu pengguna untuk mempersiapkan dan merangkum rapat, menampilkan daftar tugas yang harus dilakukan, menyusun agenda, dan merangkum obrolan pada dokumen, chat, dan email. Pada pengumuman selanjutnya setelah diluncurkan, Ask AI Companion akan dapat menggunakan konten dari aplikasi pihak ketiga tertentu (apabila pengguna mengaktifkannya) untuk mengoptimalkan bantuannya kepada pengguna.

Zoom Phone pun kini dioptimalkan dengan kemampuan AI Companion, sehingga pengguna dapat melakukan panggilan dan langkah selanjutnya dengan lebih produktif. Dengan AI Companion pada Zoom Phone, pengguna dapat meminta rangkuman dari panggilan yang baru dilakukan dan langkah selanjutnya, sehingga mereka dapat fokus pada percakapan alih-alih membuat catatan. Jika mereka melewatkan panggilan penting, fitur voicemail prioritization akan membantu memindahkan pesan paling penting ke bagian atas pada daftar pesan, dan fitur voicemail task extraction akan memudahkan pengguna memahami langkah selanjutnya tanpa harus mendengarkan semua pesan suara dengan menampilkan daftar tugas berdasarkan pesan suara yang ada. Sementara, fitur Team SMS thread summary menyajikan uraian singkat dari thread SMS tim pada Zoom Phone Power Pack — paket tambahan untuk Zoom Phone dengan fitur premium seperti analisis riwayat panggilan — sehingga pengguna dapat mengejar ketertinggalan percakapan dengan cepat.

Inovasi AI Companion lainnya akan mencakup kemampuan baru pada Team Chat dan Whiteboard. Pada Team Chat, AI Companion kini membantu pengguna menghemat waktu dengan pengaturan jadwal secara otomatis yang dapat mendeteksi kebutuhan rapat dalam chat dan menyarankan waktu rapat, serta akan menambahkan kemampuan untuk melengkapi kalimat dalam 38 bahasa (dalam tahap pratinjau) untuk fitur menulis chat dan merangkum obrolan. Sementara para pengguna Zoom Whiteboard kini dapat membuat dan menyempurnakan diagram alur (flowchart) dan mind map pada papan tulis digital dengan menggunakan perintah sederhana untuk menghasilkan ide kreatif.

Zoom Workplace , platform kolaborasi berbasis AI, akan menghadirkan inovasi baru untuk membantu perusahaan menata ulang cara kerja tim, memudahkan interaksi, meningkatkan produktivitas, dan mengoptimalkan pengalaman kerja yang fleksibel. Zoom Workplace akan meningkatkan kualitas pengalaman pengguna pada platform Zoom melalui Zoom AI Companion, sehingga semua karyawan perusahaan bisa menjadi lebih produktif, berkolaborasi dengan lebih baik, dan meningkatkan keterampilan kerja mereka.

Zoom Workplace akan terus menjadi platform terbuka yang memungkinkan pelanggan memiliki beragam pilihan. API, SDK, dan lebih dari 2.500 integrasi Zoom pada Zoom App Marketplace memudahkan pelanggan untuk mengintegrasikan Zoom ke dalam perangkat teknologi yang sudah ada atau mengintegrasikan aplikasi favorit mereka ke dalam Zoom.

Dengan peluncuran Zoom Workplace, Zoom memperbarui pengalaman pengguna lewat berbagai pilihan, seperti pilihan empat tema warna dalam aplikasi Zoom, sehingga pengguna dapat menyesuaikan tampilan aplikasi sesuai selera mereka sendiri. Host rapat juga dapat memilih latar belakang ruang rapat virtual yang sesuai dengan nuansa atau tujuan rapat.

Menurut Vice President of Digital Workplace & IT Infrastructure di Flex, Diofanto Rosales, dengan Zoom, tidak ada lagi kesulitan dalam mengimplementasikan perangkat yang rumit, sehingga pihaknya bisa fokus untuk berinteraksi dengan karyawan dan berkolaborasi dalam tugas yang lebih penting. "Zoom Workplace akan menggabungkan semua perangkat kerja kami yang terpenting dalam satu aplikasi, sehingga memudahkan kami untuk menyelesaikan pekerjaan," katanya.

Untuk Zoom Meetings, pengguna akan melihat Meetings tab baru pada aplikasi Zoom, sehingga pengguna dapat berkolaborasi baik sebelum, selama rapat, atau pun sesudah rapat berlangsung. Tab ini menyediakan tampilan kalender standar dan berfungsi untuk menampung agenda, rekaman, dan aset bersama lainnya, seperti dokumen, smart recording dari AI Companion, dan rangkuman rapat. Tahun lalu, Zoom memperkenalkan fitur continuous meeting chat, yang membantu pengguna melanjutkan pembahasan setelah rapat, sehingga kolaborasi dapat terus berlanjut secara asinkron (tidak dalam waktu yang bersamaan) sepanjang proyek berlangsung. Dengan Meetings tab baru, pengguna dapat mengakses kelanjutan percakapan rapat lewat Meeting card, baik sebelum maupun sesudah rapat.

Tampilan multi-speaker view yang baru akan menyesuaikan tata letak video secara otomatis untuk menyorot pembicara yang sedang aktif. Portrait lighting berbasis AI akan membantu menerangi wajah pengguna dalam kondisi pencahayaan yang buruk, dan generative AI virtual backgrounds akan memungkinkan pengguna untuk membuat latar belakang virtual sesuai selera.

Fitur tambahan baru untuk Meetings akan mencakup customizable toolbar, yang memungkinkan pengguna untuk menyematkan fitur yang paling sering digunakan; multi-share yang memungkinkan peserta rapat untuk berbagi layar, dokumen, papan tulis digital, dan catatan secara bersamaan; dan kolaborasi dokumen, yang akan memberikan kemampuan untuk memilih dokumen, menyederhanakan izin akses dokumen, dan mengedit dokumen bersama dalam rapat dengan lampiran dari aplikasi pihak ketiga.

Di Zoom Team Chat, komunikasi asinkron dapat ditingkatkan dengan Team Chat tabs yang membantu pengguna menjadi lebih rapi dengan mengumpulkan lampiran pada grup-grup chat seperti tautan, papan tulis digital, dan lampiran lainnya dalam satu tampilan (single view). Ada juga fitur shared spaces yang menyediakan pengelompokan grup chat untuk membantu pengguna merapikan percakapan dan memudahkan mereka dalam menemukan topik atau proyek yang relevan. Terakhir, terdapat kemampuan workflow automation, fungsi pengaturan alur kerja yang canggih dan mudah digunakan untuk mengotomatisasi pembagian tugas dalam Team Chat.

Selain itu, untuk perusahaan dengan gaya kerja hybrid dan tatap muka, Workspaces tab akan memudahkan karyawan dalam menavigasi kantor. Workspaces tab menyediakan akses ke Workspace Reservation dengan kemampuan Wayfinding dan Visitor Management yang dioperasikan langsung dari aplikasi Zoom Workplace. Untuk membantu membuat rapat menjadi lebih inklusif, Zoom Rooms akan menyediakan pilihan untuk mengaktifkan smart name tags, sehingga nama-nama peserta rapat dapat muncul secara otomatis selama rapat di Zoom Rooms.

Jika satu layar tidak cukup, pengguna dapat memperluas Zoom Rooms dengan perangkat pendamping, sehingga dapat menambah layar untuk berkolaborasi melalui audio dan video. Bagi pelanggan Workvivo, integrasi terbaru dengan Zoom Rooms dapat memudahkan dalam menyiarkan informasi, berita, dan acara penting kepada para karyawan menggunakan Workvivo TV dengan perangkat yang tersertifikasi untuk Zoom Rooms.

Menurut Principal Analyst di ZK Research, Zeus Kerravala, berbagai perusahaan sedang mencari solusi berbasis AI yang akan membantu mereka bergerak maju dengan meningkatkan produktivitas karyawan dan kolaborasi tim. "Inovasi terbaru Zoom, seperti peluncuran Zoom Workplace dan Ask AI Companion, menunjukkan komitmennya dalam menerapkan AI yang intuitif dan efektif dalam satu platform untuk meningkatkan produktivitas dan kolaborasi," katanya.

Pada peluncurannya, paket Zoom One akan berubah namanya menjadi paket Zoom Workplace, sehingga pelanggan baru dan lama akan mendapatkan paket harga yang telah disederhanakan untuk penawaran Zoom yang berbeda.

Layanan bisnis Zoom meluputi solusi berbasis AI untuk pemasaran, layanan pelanggan, dan penjualan. Layanan bisnis Zoom, yang terintegrasi erat dengan Zoom Workplace, mendukung karyawan yang berhadapan dengan pelanggan untuk memberikan layanan yang luar biasa sepanjang proses interaksi dengan pelanggan (customer lifecycle).

Zoom Contact Center sudah dilengkapi dengan AI Companion tanpa biaya tambahan. Berbagai fungsi lain yang dapat dilakukan secara langsung melalui AI Expert Assist, dari mulai mengambil dan menyarankan tanggapan terbaik dari kumpulan informasi, sistem manajemen hubungan pelanggan atau customer relationship management (CRM), dan sistem pencatatan lainnya.

Kini para supervisor bisa menikmati lebih banyak kemampuan AI Companion untuk Contact Center. Para supervisor kini dapat melihat interaksi langsung para agen mereka disertai dengan analisis sentimen pelanggan secara langsung, transkripsi langsung, dan rangkuman percakapan dari satu dasbor untuk membantu mereka memantau para agen dengan lebih baik dan memudahkan mereka dalam menentukan waktu yang tepat untuk memberikan bantuan.

Di Zoom Contact Center, perusahaan dapat terus memperluas saluran komunikasi digital mereka dengan menambahkan Whatsapp dan email, sehingga memberikan lebih banyak pilihan dan fleksibilitas kepada para pelanggan, serta memudahkan para agen untuk berinteraksi dan merespon para pelanggan.

Para agen akan diuntungkan dari custom app integration dengan framework Zoom yang terbuka dan fleksibel. Dengan custom app integration, perusahaan dapat membangun aplikasi dari sumber data milik sendiri atau pihak ketiga, yang menampilkan informasi pelanggan yang relevan secara langsung pada desktop agen. Kemampuan ini akan mengurangi peralihan antar aplikasi, serta memungkinkan respon untuk penyelesaian masalah pelanggan dengan cepat dan lebih personal.

Para agen juga akan diuntungkan dari integrasi menyeluruh dengan Zoom Workplace, yang memungkinkan mereka untuk meneruskan pelanggan secara langsung kepada para staf ahli di kantor pusat melalui rangkuman interaksi dengan pelanggan yang dihasilkan AI menggunakan Zoom Phone Power Pack, sehingga memungkinkan eskalasi yang lancar dan mengurangi waktu penanganan.

Zoom Contact Center dan Zoom Phone juga menawarkan integrasi dengan PCI Pal untuk memungkinkan pengambilan data pembayaran yang aman, termasuk pengesahan kepatuhan atau attestation of compliance (AOC) PCI. Selain itu, pelanggan Zoom Contact Center kini dapat menyimpan data tertentu secara lokal pada pusat data Zoom di Uni Eropa, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data pelanggan yang berbasis di Uni Eropa.

Tim keuangan yang menggunakan Zoom Revenue Accelerator kini dapat mengoptimalkan percakapan dengan pelanggan mereka tentang memo kesepakatan, yang akan menyajikan rangkuman percakapan dan analisis mengenai pengaruhnya terhadap kemungkinan memenangkan suatu penjualan. Sementara automated scorecard, yang akan segera hadir, dapat membantu meningkatkan hasil penjualan melalui kartu skor yang menilai interaksi dengan pelanggan dan memberikan umpan balik yang dapat ditindaklanjuti. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year