telkomsel halo

Western Digital luncurkan CMR HDD 24 TB

06:01:45 | 21 Nov 2023
Western Digital luncurkan CMR HDD 24 TB
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Dengan semakin meningkatnya variasi penggunaan dan kompatibilitas perangkat, jajaran Hard Disk Drive (HDD) enterprise Western Digital berperan penting untuk membantu data center dalam membangun infrastruktur yang efisien, scalable, dan berkelanjutan. Apalagi dengan semakin populernya generative AI yang digunakan di berbagai aplikasi, kebutuhan untuk kapasitas penyimpanan data yang andal, berkapasitas tinggi, namun tetap hemat daya tentunya akan meningkat.

Western Digital menggabungkan berbagai inovasi teknologi, mulai dari epMR, OptiNAND™, UltraSMR, dan sebagainya untuk menghadirkan produk yang scalable, bisa diandalkan, dan bisa terus berkembang dalam segi kapasitas penyimpanan. Kini, Western Digital memulai penjualan 10-disk Conventional Magnetic Recording (CMR) HDD1 kapasitas 24TB untuk pelanggan hyperscale, cloud, dan enterprise data center.

Sementara itu, tengah melalui uji coba sejak Agustus lalu, Western Digital juga telah meningkatkan produksi Shingled Magnetic Recording (SMR) HDD berkapasitas 28TB. Meningkatnya permintaan terhadap SMR HDD kembali menekankan WD sebagai pemimpin industri SMR, terbukti dari hampir separuh dari total exabyte data center yang dipasarkan di Q1 2024 merupakan varian HDD SMR 26 TB keluaran Western Digital.

Menurut Research Director, Hard Disk Drive and Storage Technologies IDC, Ed Burns, melalui rangkaian produk terbaru ini, Western Digital kembali membuktikan bahwa teknologi HDD tidak hanya mengikuti perkembangan industri, tetapi juga membuka jalan baru untuk memastikan bahwa penggunaan data secara intensif untuk masa kini dan masa depan memiliki fondasi yang kuat, sembari industri mempersiapkan diri untuk menyambut Heat-Assisted Magnetic Recording atau HAMR.

“Kami melihat adanya momentum kuat untuk kehadiran SMR HDD Western Digital dan percaya bahwa adopsi SMR akan kian meningkat, bersamaan dengan hadirnya SMR HDD 28TB yang menawarkan proposisi nilai TCO yang sangat menarik bagi pelanggan cloud," katanya.

Generasi terbaru dari drive ini dikembangkan dari inovasi teknologi canggih. Drive SMR dirancang khusus bagi pelanggan data center yang membutuhkan penyimpanan data dengan kapasitas tertinggi agar bisa mencapai total cost of ownership (TCO) terendah. HDD berkapasitas tinggi ini bisa membantu mencapai target sustainability perusahaan maupun pelanggan data center. Pasalnya, HDD 28TB dan 24TB dari WD terbuat dari 40% bahan daur ulang dan 10%+² lebih efisien dalam penggunaan daya per terabyte, sehingga akan berkontribusi terhadap target efisiensi data center.

Western Digital tengah mendorong perubahan besar dalam industri cloud data center dengan peluncuran SMR HDD. Ultrastar DC HC680 SMR HDD terbaru hadir dengan kapasitas 28TB yang menyediakan ruang penyimpanan terbesar untuk pelanggan hyperscale, cloud, dan enterprise. HDD ini dirancang untuk mengakomodasi beban sequential write dengan storage density, watt/TB dan $/TB sebagai parameter kritikal, untuk penggunaan seperti bulk storage, pengarsipan dan pencadangan daring, video pengawasan, penyimpanan cloud, dan penyimpanan data lainnya yang tidak diakses secara berkala.

Bagi anda yang sudah mengoptimalkan keunggulan dari SMR, mereka bisa menjadi lebih kompetitif dalam hal time-to-market, dengan menggunakan HDD berkapasitas tertinggi di pasaran. Hal ini juga akan mendukung mereka dalam memperluas tawaran produk dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Ultrastar DC HC580 24TB CMR HDD hadir dengan teknologi OptiNAND yang telah di-upgrade. HDD ini merupakan capaian baru dalam data density yang mendukung data center dalam mengoptimalkan penyimpanan dengan jejak karbon yang sama. Untuk storage density yang lebih baik, HC580 dapat mendukung 612TB1 raw storage per rack unit dalam 4U 102-drive bay solution. Drive ini juga lebih hemat daya dengan WATT/TB2 yang 12% lebih rendah jika dibandingkan dengan versi 22TB sebelumnya.

Ultrastar DC HC680 dan HC580 saat ini tengah diuji coba oleh pelanggan hyperscale, CSP, dan OEM dan kini tersedia untuk pelanggan enterprise yang mencari kapasitas tertinggi dengan power per terabyte yang lebih rendah untuk membangun sistem penyimpanan dan data center yang lebih efisien.

Drive Ultrastar terbaru ini juga tengah diuji dan diintegrasikan ke dalam platform penyimpanan hybrid JBOD perusahaan, yakni Ultrastar Data60 dan Data102, sebagai landasan utama untuk merancang infrastruktur disaggregated storage dan Software-Defined-Storage (SDS) generasi berikutnya. Setiap platform penyimpanan dilengkapi dengan teknologi IsoVibe™ dan ArcticFlow™ untuk meningkatkan performa dan reliabilitas. Platform Ultrastar Data60 dan Data102 dengan HDD terbaru akan tersedia mulai bulan Desember 2023.

Western Digital juga meluncurkan 24TB WD Gold CMR SATA HDD, drive yang dirancang untuk integrator sistem dan reseller yang melayani perusahaan yang membutuhkan penyimpanan big data andal dan workload yang lebih berat dari klien HDD tradisional. WD Gold 24TB HDD menggunakan inovasi dari platform teknologi Ultrastar, mampu menyediakan 2,5 juta jam mean-time-between-failures atau MBTF (perkiraan3), dilengkapi dengan teknologi perlindungan getaran, serta dirancang untuk mendukung workload hingga 550TB per tahun. HDD ini dilindungi oleh garansi terbatas selama 5 tahun.

Dikatakan EVP and GM, HDD Business Unit Western Digital, Ashley Gorakhpurwalla, dengan adanya berbagai perangkat elektronik baru, platform digital, inovasi AI, mesin otomatis, tentunya mereka semua menghasilkan data dalam jumlah yang sangat besar setiap hari. Kemunculan data baru yang tidak terbendung ini akan berakhir di penyimpanan cloud. Hal inilah yang mendorong kami untuk terus menyempurnakan solusi penawaran HDD.

“Sebagai mitra strategis dari pelanggan cloud dan data center di seluruh dunia, Western Digital senantiasa memperluas nilai tambah dari platform HDD dan inovasi teknologi untuk menghadirkan penyimpanan HDD dan nilai TCO paling efisien bagi para pelanggan," ujarnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year