telkomsel halo

Qualcomm AI Hub perluas aplikasi AI On-Device ditenagai Snapdragon

05:25:00 | 25 May 2024
Qualcomm AI Hub perluas aplikasi AI On-Device ditenagai Snapdragon
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Pada Microsoft Build 2024,Qualcomm Technologies, Inc. mengumumkan perluasanQualcomm® AI Hub untuk mendukung berbagai platform Snapdragon® X Series, yang mampu mengurangi durasi antara proses penciptaan hingga pemasaran (time-to-market) bagi pengembang (developer) serta membuka manfaat AI generatif pada perangkat di PC Windows generasi berikutnya.

Para pengembang pun kini dapat menghadirkan model AI mereka sendiri dan mengoptimalkannya dengan seamless untuk bisa dioperasikan langsung di perangkat. Kemampuan untuk menjalankan model AI pada perangkat menawarkan keuntungan yang signifikan, termasuk kecepatan respons yang unggul, privasi yang ditingkatkan, keandalan yang lebih baik, dan pengalaman pengguna yang lebih personal.

Dikatakan Senior Vice President and General Manager of Technology Planning and Edge Solutions, Qualcomm Technologies, Inc., Durga Malladi, dengan dukungan untuk berbagai platform Snapdragon X Series di Qualcomm AI Hub, kami memberikan fleksibilitas dan kekuatan kepada pengembang dalam menciptakan aplikasi AI inovatif untuk PC Windows generasi berikutnya. "Kami berkomitmen untuk menyediakan alat dan sumber daya yang dibutuhkan pengembang untuk mengeluarkan potensi penuh AI generatif pada perangkat," ujarnya.

Qualcomm AI Hub adalah pintu bagi para pengembang dalam mendapatkan sumber daya, alat, dan layanan untuk memungkinkan kinerja AI yang unggul pada perangkat. Platform ini menampilkan perkembangan kepustakaan lebih dari 100 model AI yang telah dioptimalkan sebelumnya, yang juga tersedia di Hugging Face (layanan pemrosesan AI visual berbasis data) dan GitHub (sistem respositori programmer berbasis cloud).

Selain itu, Qualcomm AI Hub kini memungkinkan pengembang untuk "Bring Your Own Model" (BYOM), dengan kemampuan mengunggah, mengoptimalkan, dan mengompilasi model mereka secara khusus untuk platform Snapdragon dan Qualcomm®, termasuk dukungan untuk semua kerangka kerja utama seperti PyTorch, TensorFlow, dan ONNX. Pengembang dapat dengan mudah menguji dan memvalidasi model pada perangkat yang di-hosting di cloud menggunakan beberapa baris kode dalam waktu kurang dari lima menit.

Dengan menyederhanakan proses pengoptimalan dan verifikasi model, pengembang dapat menghemat waktu dan tenaga yang berharga, mempercepat siklus pengembangan dan penerapan, serta memfasilitasi iterasi yang lebih cepat.

Sementara itu, para produsen perangkat asli (OEM) PC terkemuka di tingkat global, termasuk Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo, Samsung, dan OEM7, dijadwalkan segera meluncurkan PC yang didukung oleh platform komputasi Snapdragon X Elitedan/atau X Plus. Langkah ini akan memungkinkan pengembang untuk menggunakan Qualcomm AI Hub dalam menghadirkan pengalaman superior pada rangkaian perangkat generasi baru tersebut.

Rangkaian platform Snapdragon X Series mendukung berbagai alat pengembangan AI. Berkat integrasi mendalam dengan ONNX Runtime dan Hugging Face Optimum, serta dukungan untuk Llama.cpp, pengembang kini dapat menjalankan ribuan model pada platform Snapdragon X Series dan membangun aplikasi Windows berbasis AI yang kaya. Pengembang juga dapat mempelajari tentang AI pada perangkat dan cara menerapkannya pada aplikasi mereka melalui kursus onlineyang ditawarkan oleh DeepLearning.AI bekerja sama dengan Qualcomm Technologies. Untuk informasi terkini, silakan berlangganan buletin bulanan kami untuk para pengembang. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year