telkomsel halo

CIX Summit 2024, siap mengubah batas-batas teknologi imersif

03:55:00 | 21 Mar 2024
CIX Summit 2024, siap mengubah batas-batas teknologi imersif
CIX Summit 2024 (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Connecting Immersive Experience (CIX) Summit 2024, Konferensi dan Ekshibisi Teknologi Imersif Pertama dan Terbesar di Indonesia, siap mengubah batas-batas teknologi imersif. Sebagai pelopor dalam eksplorasi teknologi, CIX Summit 2024 hadir untuk menginspirasi inovasi dan membuka era baru pengalaman imersif. Digelar di Balai Sidang, Jakarta Convention Center mulai 22 hingga 24 Agustus 2024, CIX Summit 2024 akan menghadirkan pengalaman imersif menjelajah masa depan.

Berdasarkan NexMSC, pasar kecerdasan buatan (AI) global diproyeksikan meningkat hingga USD 196,63 miliar pada tahun 2024, naik dari USD 142,32 miliar pada tahun 2022. Sementara Precedence Research memproyeksikan pertumbuhan pasar AI mencapai USD 1,85 triliun pada tahun 2030.

Pemerintah Indonesia memperkirakan bahwa potensi ekonomi digital Indonesia pada tahun 2025 akan mencapai USD 146 miliar dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, antara lain dipicu kebangkitan teknologi imersif yang didorong oleh beberapa faktor kunci. Pertama, inisiatif pemerintah seperti program "Indonesia Digital 2025" yang menunjukkan dukungan kuat terhadap pengembangan teknologi mengingat potensinya bagi pertumbuhan ekonomi.

Tak hanya itu, terjadi pula lonjakan permintaan konsumen untuk pengalaman imersif, terutama dalam sektor permainan, hiburan, dan pendidikan, yang didorong oleh ketersediaan perangkat VR dan AR yang semakin mudah diakses. Kedua, Indonesia memiliki infrastruktur teknologi yang kuat, termasuk penetrasi internet yang tinggi dan penggunaan smartphone yang luas, memberikan fondasi yang kokoh untuk kemajuan teknologi imersif. Faktor-faktor solid ini mendorong pasar teknologi imersif Indonesia ke depan.

Proyeksi dari IDC menunjukkan lintasan pertumbuhan yang signifikan, dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR) yang diproyeksikan sebesar 30,4% dari tahun 2020 hingga 2025. Pertumbuhan ini didukung oleh meningkatnya permintaan akan pengalaman imersif, ketersediaan konten yang lebih luas, dan infrastruktur teknologi yang kuat di Indonesia.

Menurut Founder & CEO V2 Indonesia, Rudi Hidayat, pihaknya bersemangat untuk menjelajahi garis depan teknologi dan menyediakan platform bagi pemimpin industri, inovator, dan penggemar untuk berkumpul. "Misi kami adalah untuk menunjukkan kemajuan terbaru dalam teknologi AI, teknologi imersif, transformasi digital, serta membuka era baru pengalaman imersif,” katanya.

Ia menekankan bahwa CIX Summit memiliki tujuan mendorong Indonesia ke garis terdepan inovasi teknologi. Dengan tujuan ambisius untuk menjadikan Indonesia sebagai negara terbaik keempat di dunia pada tahun 2030, CIX Summit akan mengumpulkan sejumlah pembicara dan tokoh industri untuk memacu pemikiran pasar Indonesia.

Sementara, Chief CIX Summit 2024, Ridhi Mahendra mengatakan, dengan CIX Summit 2024, pihaknya mempersembahkan panggung yang memukau bagi para pelaku industri, inovator, dan penggemar teknologi untuk menggali potensi tak terbatas teknologi imersif. "Kami berkomitmen untuk menjadi katalisator perubahan dalam menghadirkan pengalaman imersif yang memukau," ujarnya.

Dalam era di mana teknologi baru merekayasa lanskap global, CIX Summit melampaui konferensi tradisional, menawarkan kesempatan luar biasa untuk menyelami perkembangan revolusioner yang membentuk masa depan teknologi.

Ada beberapa hal yang diharapkan dengan digelarnya event ini, antara lain :

Ekshibisi Cutting-edge

Menyelami ekshibisi teknologi XR, AR, dan VR paling mutakhir, disajikan oleh perusahaan terkemuka dan startup pionir.

Keynote yang Menginspirasi

Memperoleh wawasan dari pemimpin pemikir dan visioner yang membentuk lanskap teknologi imersif.

Peluang Jaringan

Terhubung dengan profesional, investor, dan individu yang berbagi semangat untuk mendorong batasan inovasi teknologi.

Bisnis Baru

Temukan hal besar berikutnya dalam kecerdasan buatan, teknologi imersif seperti XR, dan transformasi digital saat startup-startup baru mengusulkan gagasan dan produk-revolusioner mereka.

Dampak Global

Menjelajahi dampak global teknologi imersif melalui diskusi dan presentasi dari para ahli di berbagai industri.

Dikatakan Advisor CIX Summit 2024, Iwan Setiawan, transformasikan pengalaman pelanggan Anda dengan kekuatan inovasi digital di CIX Summit. "Temukan tren terbaru dalam AI, teknologi imersif, dan lainnya, semua dalam satu tempat,” tuturnya.

CIX Summit 2024 bukan sebatas sebuah konferensi dan ekshibisi, melainkan pintu gerbang ke masa depan teknologi imersif. Bergabunglah dengan kami pada Konferensi dan Ekshibisi Teknologi Imersif Pertama dan Terbesar di Indonesia, mengungkap inovasi revolusioner, menghubungkan koneksi tak ternilai, dan membentuk lanskap teknologi hari esok. Jangan lewatkan kesempatan Anda untuk menjadi bagian dari sejarah pada CIX Summit 2024. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year