telkomsel halo

Laporan dari Amerika Serikat

Roket SpaceX siap luncurkan satelit merah putih 2

23:30:00 | 20 Feb 2024
Roket SpaceX siap luncurkan satelit merah putih 2
Satelit Merah Putih 2 di launch pad, Cape Caneveral
FLORIDA (IndoTelko) ) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui anak usahanya Telkomsat akan meluncurkan satelit dengan teknologi High Throughput Satellite (HTS) di Amerika Serikat pada 20 Februari 2024, 15.00 waktu Florida atau 21 Februari 2024 di Indonesia.

Pantauan Tim IndoTelko yang meliput langsung dari Cape Caneveral, Florida, satelit Merah Putih 2 sudah berada di dalam roket Falcon 9 milik Space X.

Satelit ke-11 milik Telkom akan menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur (113 BT).

"Saat ini Satelit Merah Putih 2 sudah berada di Cape Canaveral dan siap untuk diluncurkan," kata Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, (20/2) pagi waktu Florida.

Satelit Merah Putih 2 mengandalkan platform Spacebus 4000B2 dengan usia desain 15 tahun. Dengan kapasitas hingga 32Gbps, Satelit Merah Putih 2 membawa transponder aktif yang terdiri dari frekuensi C-band dan Ku-band, yang akan menjangkau seluruh area Indonesia. Satelit HTS Telkom memiliki berat dry mass atau massa kering seberat 1.707 kilogram.

Untuk diketahui, biasanya tahapan menjelang peluncuran sebuah satelit ada kegiatan general rehearsal dan launch readiness review.

General rehearsal menjadi bagian terpenting yang harus dilewati sebagai pengecekan akhir terhadap seluruh kondisi teknis satelit sebelum diluncurkan. Pengecekan dilakukan dengan pengetesan sesuai cek list yang telah disiapkan

Sedangkan Launch Readiness Review (LRR) merupakan pengecekan dan pengetesan seluruh elemen dan perangkat pendukung peluncuran, mulai dari kondisi roket sebagai launch vehicle yang siap meluncur hingga perangkat pendukung lainnya di area peluncuran.

Mari kita berdoa agar proses peluncuran satelit merah putih 2 berjalan lancar.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year