telkomsel halo

Alat dekripsi gratis Kaspersky capai 360.000 unduhan

07:12:00 | 23 Jan 2024
Alat dekripsi gratis Kaspersky capai 360.000 unduhan
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Alat dekripsi Kaspersky, yang dapat diakses melalui inisiatif No More Ransom dan portal khusus No Ransom, secara kolektif telah melampaui 360.000 unduhan. Alat gratis ini menawarkan solusi pemulihan data yang efektif bagi korban ransomware, yang menggarisbawahi dampak besar dari upaya keamanan siber kolaboratif.

Pada akhir tahun 2023, Kaspersky menandai ulang tahun ketujuh sebagai kontributor utama inisiatif No More Ransom. Periode ini menyaksikan perluasan akses ke alat dekripsi gratis Kaspersky, sejalan dengan komitmennya untuk memerangi ransomware. Alat-alat ini, yang menargetkan 39 jenis ransomware, telah menjadi bagian integral dalam membantu hampir 2 juta korban secara global, seperti yang dilaporkan oleh Europol, yang menggarisbawahi dampak besar dari inisiatif No More Ransom yang didukung oleh Kaspersky.

Kaspersky semakin memperkuat komitmennya dengan mendirikan situs web 'No More Ransom' miliknya sendiri — sebuah pusat yang menyediakan rangkaian sumber daya dan alat yang komprehensif untuk memerangi infeksi ransomware. Portal ‘No Ransom’ diluncurkan pada tahun 2015 oleh Kaspersky bekerja sama dengan Kepolisian Nasional Belanda, dan kemudian berkembang menjadi inisiatif di seluruh dunia, membantu orang-orang tanpa dipungut biaya.

Akhir tahun lalu, alat dekripsi Kaspersky telah diunduh lebih dari 360.000 kali sejak tahun 2018, memberikan para korban bantuan untuk memulihkan data penting tanpa harus tunduk pada permintaan uang tebusan. Pada bulan Maret 2023, Kaspersky merilis versi baru alat dekripsi yang secara eksplisit dirancang untuk membantu korban modifikasi ransomware berdasarkan kode sumber Conti yang bocor sebelumnya.

Menurut Peneliti keamanan senior di Tim Riset dan Analisis Global Kaspersky, Jornt van der Wiel, seiring dengan terus berkembangnya ancaman siber, kolaborasi antara sektor publik dan swasta menjadi semakin penting. Portal 'No More Ransom' dan 'No Ransom' milik Kaspersky memberikan contoh bagaimana upaya kolektif dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam membantu korban dan memberikan saran pencegahan.

"Selain itu, penting bagi pengguna untuk memahami bahwa membayar uang tebusan kepada penjahat siber bukanlah solusi. Sebaliknya, kami sangat mendorong individu dan organisasi untuk mengandalkan alat dekripsi dan sumber daya yang tersedia melalui upaya kolaboratif, sehingga memungkinkan mereka mendapatkan kembali data tanpa harus memenuhi pemerasan,” katanya.

Sepanjang sejarahnya, Kaspersky memiliki rekam jejak yang terbukti dalam membangun inisiatif bantuan gratis melawan serangan siber. Sebelum ikut mendirikan 'No More Ransom' dan meluncurkan portal No Ransom, Kaspersky memprakarsai Stop Gpcode - sebuah inisiatif internasional melawan ransomware pada tahun 2008.

Ransomware adalah perangkat lunak berbahaya yang mengenkripsi data pengguna dan meminta pembayaran untuk mengembalikannya. Penjahat siber terus memperkenalkan modifikasi ransomware baru pada tingkat yang mengkhawatirkan, dengan Kaspersky mengidentifikasi lebih dari 4.000 file ransomware baru pada bulan Oktober 2023 saja - jumlah ini 2,5 kali lebih banyak dibandingkan pada bulan November 2022 (1.602). Hal ini menggarisbawahi pentingnya upaya perlindungan yang kuat.

Inisiatif No More Ransom, diluncurkan pada tahun 2016 oleh para anggota pendiri termasuk Kaspersky, Europol, Kepolisian Nasional Belanda, dan lainnya, berkolaborasi dengan seluruh penegak hukum dan sektor swasta untuk memerangi ransomware. Inisiatif ini menyediakan alat dekripsi, mengedukasi masyarakat tentang risiko ransomware, dan mempromosikan praktik terbaik keamanan siber untuk melawan ancaman siber yang menyebar luas ini. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year