telkomsel halo

IBM Consulting Indonesia berdayakan bisnis, gali potensi AI generatif

08:14:44 | 30 Nov 2023
IBM Consulting Indonesia berdayakan bisnis, gali potensi AI generatif
IBM Consulting Forum (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - IBM mengadakan IBM Consulting Forum yang bertema “Reinventing Business Value in The Era of Generative AI” di Jakarta. Forum ini menampilkan penggunaan AI generatif; seperti penggunaannya di dalam pengalaman pelanggan, modernisasi aplikasi, dan pengelolaan sumber daya manusia, oleh pelaku-pelaku bisnis di berbagai industri seperti Perbankan dan Jasa Keuangan, Transportasi, Telekomunikasi, Energi dan Utilitas dan Pertambangan untuk terus mendorong dan mempercepat transformasi digital di Indonesia.

Hal ini selaras dengan agenda nasional - Visi Indonesia Emas 2045 yang merupakan visi Pemerintah Indonesia untuk mencapai transformasi holistik melalui teknologi digital, dengan tujuan meningkatkan produktivitas dan efisiensi, para pelaku usaha berusaha mengintegrasikan AI ke seluruh alur kerja, proses bisnis, dan operasi mereka. Hal ini menarik perhatian para pakar di industri, pemimpin bisnis, dan perwakilan pemerintah, yang bersama-sama membahas dampak dan potensi AI generatif dalam mendefinisikan ulang nilai bisnis, serta bagaimana AI generatif dapat mendukung pertumbuhan organisasi-organisasi di Indonesia di era ekonomi digital yang baru.

Sebuah studi dari International Data Corporation yang didukung oleh IBM yang berjudul, "Charting the Journey to Value: Harnessing Technologies for Sustainable and Resilient Growth", yang mencakup 600 perusahaan, 17 industri di Asia Pasifik telah mengungkapkan bahwa 71% organisasi di Indonesia, Australia, Cina, India, Korea, dan Singapura kesulitan untuk menciptakan nilai transformasional dari investasi digital. Menurut studi ini, organisasi-organisasi di Indonesia, khususnya, menemukan tantantangan dalam inovasi yang berkelanjutan dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Pasifik, yang ditimbulkan oleh kendala pada keterampilan dan kapabilitas di bidang TI.

Saat para pelaku bisnis mengadopsi AI generatif, mereka berusaha menyeimbangkan penciptaan nilai besar dengan mitigasi risiko. Mereka membutuhkan keyakinan bahwa AI yang mereka gunakan untuk keputusan penting dapat dipercaya dan andal, dan mereka perlu memiliki keterampilan dasar akan "AI untuk bisnis" untuk memaksimalkan potensi AI.

Menurut CEO study yang digagas oleh IBM Institute for Business Value, 75% dari CEO global yang disurvei, mengatakan bahwa perusahaan yang mengadopsi AI generatif yang paling canggih akan mendapatkan keunggulan kompetitif di masa depan. Hampir dari separuh CEO (43%) telah mengintegrasikan AI generatif ke dalam keputusan strategis untuk menginformasikan keputusan strategis, sementara 36% menggunakannya untuk keputusan operasional, dan 50% mengintegrasikannya ke dalam produk dan layanan mereka.

Saat bisnis berusaha meningkatkan produktivitas dan menghemat biaya sambil mengoptimalkan operasi dengan AI, Indosat Ooredoo Hutchinson, penyedia telekomunikasi terkemuka di Indonesia, baru-baru ini berkolaborasi dengan IBM Indonesia untuk mengkonsolidasikan infrastruktur penyimpanan data dan membangun lingkungan kerja terpadu di cloud di seluruh organisasinya.

Hadir dan berbicara dalam acara tersebut, Chief Enterprise Data Analytic, Indosat Ooredoo Hutchison, Chirag Sukhadia, menyampaikan, dengan memanfaatkan keahlian konsultasi IBM dan pengetahuan mendalam dalam industri, kami dapat meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas di seluruh alur kerja bisnisnya. "Platform data yang terpadu akan mencakup otomatisasi dari awal hingga akhir, pengiriman model data yang komprehensif, dan tata kelola untuk keamanan yang sesuai standar. Kolaborasi ini mencerminkan semangat gotong royong atau kebersamaan demi kemajuan Indonesia,” katanya.

Secara global IBM terus memperluas kemitraan strategisnya dengan organisasi seperti AWS, SAP, Microsoft, Salesforce, dan banyak lagi, untuk melayani klien di berbagai industri dengan berbagai solusi dan layanan AI.

Menurut Country Manager Indonesia AWS, Anthony Amni, para pelanggannya di Indonesia memiliki kesempatan untuk meningkatkan skala aplikasi di seluruh rantai nilai pada cloud mereka dengan menanamkan kemampuan AI generatif. "Mereka memerlukan ahli yang tepat untuk memodernisasi AI dan aplikasi, dan itulah yang dapat kami berikan melalui kolaborasi kami dengan IBM Consulting." katanya.

Sementara, Managing Director SAP Indonesia, Andreas Diantoro mengatakan, kerja sama SAP dengan IBM untuk memasukkan AI tambahan, machine learning, dan teknologi cerdas lainnya ke dalam solusi SAP, dapat membawa hasil bisnis yang lebih baik bagi pelanggan bersama SAP di Indonesia dan secara global. "Bersama-sama kami fokus untuk membantu bisnis mendefinisikan kembali pengalaman pelanggan, meningkatkan produktivitas dan memacu pertumbuhan" ujarnya.

Sedangkan Managing Partner Indonesia IBM Consulting mengatakan, sebagai pemimpin industri, ia bangga dapat berkomitmen dan membantu klien perusahaannya untuk mempercepat penerapan AI generatif dan solusi data yang sukses untuk memajukan transformasi bisnis mereka dengan menyediakan keahlian dan teknologi yang dibutuhkan untuk menginovasi proses bisnis mereka dan mendorong penskalaan secara efektif.

"Selain itu, IBM Consulting’s Center of Excellence for Generative AI dan praktik watsonx membawa keahlian dalam teknologi AI generatif untuk membantu klien menentukan strategi pengadopsian mereka untuk penggunaan AI generatif yang bernilai tambah," ujarnya.

Lebih dari 86 tahun kontribusi di Indonesia, IBM berkomitmen untuk membantu bisnis di Indonesia dalam berbagai sektor dalam memacu perjalanan transformasi digital mereka. IBM Consulting mengambil pendekatan ekosistem terbuka untuk mendukung klien dan telah menyelesaikan ratusan keterlibatan klien di seluruh dunia dengan menerapkan AI generatif pada teknologi dari IBM watsonx dan portofolio mitra ekosistem serta menerapkan metode IBM Garage yang telah terbukti.

"Konsultan kami telah mengembangkan keterampilan mendalam dalam menerapkan pendekatan yang bertanggung jawab secara etis terhadap AI dan bekerja bersama AI untuk memberikan nilai bisnis. Sama seperti kami mendirikan bisnis layanan Cloud Hybrid kami yang sukses yang dibangun di atas platform Red Hat® OpenShift®, IBM Consulting bertujuan untuk menjadi penyedia layanan konsultasi terkemuka untuk watsonx," jelasnya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year