telkomsel halo

NEC Corporation berhasil selesaikan uji coba sistem kabel optic bawah laut

06:41:00 | 30 Sep 2023
NEC Corporation berhasil selesaikan uji coba sistem kabel optic bawah laut
NEC Indonesia (Ilustrasi)
JAKARTA (IndoTelko) - NEC Corporation telah berhasil menyelesaikan uji coba sistem kabel optic bawah laut jarak jauh dengan menggunakan transponder baru yang berdasarkan penelitian NEC memiliki kinerja transmisi tertinggi hingga 800 gigabit per detik (Gbps).

Uji coba lapangan yang memecahkan rekor ini dilakukan dengan menggunakan kabel bawah laut optik Indonesia Global Gateway (IGG) milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), operator telekomunikasi terbesar di Indonesia, dan menggunakan transponder terbaru NEC, XF3200.

Dalam uji coba lapangan, NEC melakukan transmisi optik pembagian panjang gelombang sinyal optik 800 Gbps sepanjang 2.100 km, yang terpanjang yang pernah tercatat. Selama uji coba, transponder XF3200 mendukung kapasitas transmisi sekitar 30% lebih tinggi dibandingkan produk NEC yang saat ini digunakan, menjadikannya perangkat ideal untuk memenuhi permintaan komunikasi internasional yang terus berkembang.

Selain itu, desain baru dan penerapan teknologi terkini memungkinkan penghematan ruang, konsumsi daya rendah, skalabilitas tinggi, dan kemudahan servis fleksibel, berkontribusi terhadap total biaya kepemilikan yang lebih rendah.

Dikatakan Senior Director Submarine Network Division NEC Corporation, Yoshihisa Inada, ia berterima kasih kepada Telkom Indonesia atas dukungan penuhnya dalam pencapaian ini yang merupakan pertama kali di dunia. "Pencapaian ini merupakan konfirmasi atas kepemimpinan NEC dalam sistem transmisi optik ultra-tinggi dan kami akan terus mengeksplorasi batasan kapasitas, fleksibilitas, dan efektivitas biaya bawah laut yang lebih besar," ujarnya.

Sementara, Executive General Manager Infrastructure Planning Division Telkom, Toto Sugiharto mengatakan, NEC telah menjadi mitra penting bagi Telkom dalam sistem kabel bawah laut selama bertahun-tahun. "Uji coba lapangan ini membuktikan bahwa teknologi transmisi optik bawah laut NEC yang berkualitas tinggi telah berkembang lebih jauh, sehingga membantu memenuhi kebutuhan lalu lintas yang semakin meningkat di seluruh Indonesia," katanya.

NEC telah menjadi vendor global terkemuka dalam bisnis sistem kabel bawah laut selama lebih dari 50 tahun, dan telah membangun lebih dari 400.000 km kabel, mengelilingi bumi hampir 10 kali lipat.

NEC telah terbukti sebagai mitra terpercaya di bidang kabel bawah laut sebagai integrator sistem yang menyediakan semua aspek operasi kabel bawah laut, termasuk pembuatan dan pemasangan kabel optik bawah laut dan repeater, penyediaan survei laut dan desain rute, pelatihan dan pengiriman pengujian. Kabel bawah laut diproduksi oleh anak perusahaan NEC, OCC Corporation, dan repeater bawah laut diproduksi oleh NEC Platforms, Ltd. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year