telkomsel halo

ASDP adopsi solusi Darwinbox untuk bangun SDM di sektor maritim

10:52:31 | 27 Sep 2023
ASDP adopsi solusi Darwinbox untuk bangun SDM di sektor maritim
JAKARTA (IndoTelko) - PT ASDP Indonesia Ferry (ASDP) telah memulai perjalanan transformasi untuk meningkatkan manajemen sumber daya manusia melalui implementasi teknologi HR terbaru dari Darwinbox.

Kerjasama strategis ini bertujuan untuk menyederhanakan operasional HR dengan meningkatkan efektivitas pelayanan sumber daya manusia, mendorong efisiensi, akurasi, dan peningkatan pengalaman karyawan yang lebih menyeluruh.

Dengan jumlah armada sebanyak 222 unit kapal feri dan tenaga kerja yang tersebar di darat dan laut, ASDP menyadari pentingnya kebutuhan akan solusi HR yang kuat untuk mengotomatisasi dan meningkatkan operasional mereka. Peralihan dengan menggunakan platform Darwinbox dapat mendorong ASDP dalam membangun satu sumber informasi yang benar, sesuai, dan tepat untuk data SDM, sehingga menghilangkan risiko kesalahan dan menjamin informasi yang hadir dan tersedia menjadi lebih konsisten dan dapat diandalkan.

"Kami berkomitmen untuk terus memberikan layanan yang profesional, berkualitas, dan selaras dengan cita-cita kami dalam penerapan teknologi berbasis nilai, kami menyadari mengenai pentingnya kesisteman dalam praktik-praktik SDM. Untuk itu, platform Darwinbox muncul sebagai pilihan yang ideal, yang mampu menjawab tantangan yang beragam ini serta mendukung visi kami dalam membantu meningkatkan kepuasan karyawan," kata Direktur SDM & Layanan Korporasi ASDP Wahyu Wibowo.

Aspek penting dari kemitraan ini adalah kemampuan adaptasi solusi dari aplikasi Darwinbox terhadap operasional ASDP. Mengingat area bisnis serta tantangan konektivitas yang terbatas di laut, melalui kemampuan offline Darwinbox muncul sebagai game-changer yang mampu memberikan manfaat. Salah satu manfaatnya adalah pada karyawan saat ini yang dapat menggunakan fitur offline platform untuk mengelola kehadiran, mengakses basis data karyawan, bahkan tanpa koneksi internet yang aktif.

Vice President HR Management ASDP Erlisetya Wahyudi menambahkan bahwa progres baik dan berdampak ini adalah sebuah lompatan teknologi yang tinggi dan positif bagi perkembangan perusahaan. "Komitmen kami untuk menyediakan operasional HR yang efisien dan efektif melalui Darwinbox dengan aplikasi yang sederhana dan aman, menciptakan pengalaman pengguna yang mudah dan nyaman untuk karyawan kami,” katanya.

Sementara itu, Vice President Information Technology ASDP Hendra Setiawan menambahkan bahwa betapa pentingnya transformasi digital strategis ini dilakukan. "Kami telah memanfaatkan kekuatan fitur geofencing (penggunaan jaringan satelit GPS) dan face recognition (pengenalan wajah) Darwinbox untuk memperkuat pelacakan kehadiran karyawan kami di darat. Teknologi canggih ini memastikan sistem presensi yang aman dan akurat, yang berkontribusi pada kemajuan layanan operasional kami secara keseluruhan," katanya.

Tahap awal implementasi platform Darwinbox di ASDP diselesaikan hanya dalam waktu 36 hari. ASDP dan Darwinbox telah bekerja untuk memperluas fungsionalitas platform di seluruh siklus kerja karyawan, termasuk dalam bagian Manajemen Kinerja/Performance, Payroll, Talent Acquisition, Expense Management, dan serta integrasi pihak ketiga melalui Darwinbox Studio.

Co-founder Darwinbox Jayant Paleti menekankan bahwa sinergi antara keduanya dapat mendukung perkembangan inovasi yang positif. "Komitmen ASDP untuk menghubungkan masyarakat sama dengan misi kami untuk menghubungkan karyawan dengan organisasi mereka melalui solusi SDM berbasis teknologi. Kami bangga dapat berdiri bersama ASDP dalam merevolusi praktik-praktik SDM mereka, dan kami tetap berdedikasi untuk mendukung pertumbuhan dan inovasi mereka," katanya.

Darwinbox secara global merupakan platform human capital management (HCM) dengan peringkat #1 (di Gartner Peer Insights) dan didukung oleh perusahaan-perusahaan seperti Microsoft, Salesforce, dan Sequoia. Solusi era baru ini melayani 850+ perusahaan, 2,5 juta+ karyawan di 116+ negara, dan telah menjadi yang tercepat dan satu-satunya pemain HCM Asia yang masuk ke dalam Gartner Magic Quadrant pada tahun 2021 dan 2022. (ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year