telkomsel halo

Indosat Business pacu adopsi NextFleet

14:00:37 | 30 Jul 2023
Indosat Business pacu adopsi NextFleet
JAKARTA (IndoTelko) - PT Indosat Ooredoo Hutchison melalui Indosat Business merilis Nextfleet untuk meningkatkan produktivitas dan profitibilitas perusahaan di sektor transportasi dan logistic.

Menurut Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Danny Buldansyah, NextFleet merupakan solusi manajemen armada end-to-end (E2E) yang revolusioner, mengintegrasikan telematik berbasis Artificial Intelligence (AI) canggih yang dikembangkan oleh Indosat Business. Solusi ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan menjamin keamanan dalam industri transportasi dan logistik. Fitur terbaru yang ditawarkan oleh NextFleet di antaranya: Advaced Driver Assistance System (ADAS), Fuel Tank Safety, dan Smart Route Optimization & Order Management.

“Layanan Next fleet juga didukung oleh Internet of Things (IoT Connect), connectivity management platform khusus untuk perangkat IoT, sehingga memastikan armada NextFleet tetap terhubung dengan stabil selama perjalanan,” jelas Danny.

Beberapa manfaat NextTfleet mampu menjadi solusi sekaligus menjawab kebutuhan para pelaku usaha yang bergerak di industri transportasi dan logistik. Pertama, engine diagnostics, yakni pola konsumsi bahan bakar dan kondisi mesin kendaraan saat beroperasi dapat terpantau secara efisien dengan adanya statistik. Lalu, memastikan keamanan melalui fitur ADAS untuk membantu fungsi keselamatan pengemudi, mengurangi kecelakaan, dan meningkatkan keselamatan di jalan. Selanjutnya, real-time monitoring, yakni posisi dan pergerakan armada kendaraan dapat dilacak secara real-time serta akurat.

Keempat, manfaat NextFleet adalah efisiensi waktu dan biaya. Layanan ini dapat melacak armada kendaraan dengan geo-fencing, juga dapat melakukan perencanaan rute dan time schedule. Kelima, driver behaviour alerts, yakni notifikasi peringatan perilaku pengemudi mulai dari kecepatan berkendara, menginjak rem secara mendadak, tidak berhati-hati saat di tikungan.

Keenam, smart route optimization & order management, dengan dukungan kekuatan jaringan Indosat Ooredoo Hutchison di seluruh Indonesia, fitur ini memungkinkan fleet manager untuk mengelola pengiriman secara lebih efektif dan efisien dengan optimasi rute berdasarkan AI dan machine learning. Keenammanfaat ini diklaim merupakan Danny merupakan keunggulan Nextfleet dibandingkan dengan GPS Tracking atau Fleet Management pada umumnya yang ada di Indonesia.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh partner Indosat Business, Nextfleet mampu meningkatkan efisiensi hingga 50% dengan memaksimalkan utilitas armada, visibilitas operasional secara menyeluruh, serta menjadikan biaya operasional lebih murah. Juga, dinilai mampu meningkatkan produktivitas hingga 50% yang dipicu oleh performa pengemudi jadi lebih baik, peningkatan umur pakai armada perusahaan dan mengurangi keterlambatan pengiriman. “NextFleet pun mampu menurunkan potensi kecurangan hingga 10% mulai dari mencegah kecurangan konsumsi bahan bakar dan mencegah pencurian armada,” kata Danny.

Selain itu, NextFleet juga bisa menjadi all in one, solusi fleet management melalui fitur pemantauan secara langsung 24/7, fitur ADAS dengan solusi video telematika berbasis AI, fuel tank safety, smart route optimization & order management, serta condition monitoring (memantau kondisi suhu dan kelembaban).(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year