Deel hadir di Indonesia, sederhanakan HR untuk tim global

06:12:07 | 12 Jul 2023
Deel hadir di Indonesia, sederhanakan HR untuk tim global
JAKARTA (IndoTelko) - Platform menyeluruh yang mendukung manajemen sumber daya manusia (SDM) untuk tim global, Deel mengumumkan peluncurannya di Indonesia. Situasi dunia kerja saat ini semakin global, dengan banyak bisnis mempekerjakan tim yang tersebar di seluruh dunia.

Deel menyederhanakan setiap aspek pengelolaan tim global, mulai dari integrasi budaya dan proses onboarding, hingga penggajian lokal dan kepatuhan hukum (compliance). Sekarang, perusahaan dapat mempekerjakan, mengelola, dan membayar tim global dengan efisien melalui satu platform. Hingga saat ini, Deel telah memiliki lebih dari 15.000 pelanggan di lebih dari 150 negara.

Data di Bank Indonesia, ekonomi Indonesia diperkirakan akan mengalami percepatan pertumbuhan hingga kisaran 4,7-5,5% pada tahun 2024, salah satunya disebabkan oleh kinerja ekspor positif di tengah moderasi ekonomi global. Pada tahun 2022, kinerja ekspor Indonesia mencapai US$ 291,98 miliar, meningkat lebih dari 26% dibandingkan dengan tahun 2021. Namun, kinerja yang luar biasa ini masih menyisakan tantangan bagi perusahaan-perusahaan Indonesia yang ingin mengembangkan bisnis mereka secara global.

Sebelumnya, jika sebuah bisnis ingin mempekerjakan seseorang di luar negeri, mereka perlu mendirikan entitas lokal di pasar yang dituju. Hal ini adalah proses yang rumit yang membutuhkan waktu dan biaya, khususnya disebabkan oleh hukum lokal dan perpajakan yang rumit, serta norma budaya lokal yang perlu dipahami agar menghindari penundaan yang tidak perlu dan berbiaya tinggi.

Lewat Deel, memungkinkan perusahaan untuk membangun dan menjalankan tim global secara lebih sederhana dari sebelumnya. Deel mendukung berbagai perusahaan dalam proses onboarding karyawan sesuai dengan regulasi setempat, mensponsori visa, dan mengatur sistem gaji melalui entitas milik Deel di seluruh dunia. Deel dapat menangani semua kebutuhan SDM global dalam satu tempat, dengan kontrak sesuai peraturan lokal yang terdapat pada platform, pemeriksaan latar belakang, pengiriman peralatan ke karyawan yang bekerja dari jarak jauh (remote), serta pengaturan manfaat yang diterima karyawan di mana pun karyawan tersebut berada. Dijelaskan CEO & Co-Founder Deel, Alex Bouaziz, Deel menyediakan infrastruktur SDM global kepada para pelanggannya dan menawarkan layanan konsultasi untuk mendukung dan membimbing bisnis dalam pertumbuhan mereka di luar negeri.


Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan perkembangan ekonomi yang pesat serta ekosistem digital yang terus berkembang. "Kami ingin memastikan bahwa bisnis-bisnis di Indonesia memiliki akses ke SDM terbaik secara global. Harapan kami, kami juga dapat mendukung para bisnis tersebut dalam mengembangkan dan meningkatkan keterampilan tim mereka secara global. "Kami yakin bahwa pengetahuan kami akan SDM internasional serta teknologi inovatif yang kami miliki dapat membantu menyederhanakan pengelolaan tim di seluruh dunia, serta membantu perusahaan-perusahaan tetap mematuhi persyaratan pajak dan legislasi setempat," jelasnya.

Hadrinya Deel di Indonesia bertepatan dengan momentum tingginya permintaan akan SDM ahli, terutama dalam keterampilan digital dan teknologi. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memperkirakan akan terjadi kekurangan sekitar 47 juta tenaga digital terampil di Indonesia pada tahun 2030.

Di saat yang sama, penelitian yang dilakukan oleh Pwc mengungkapkan bahwa sekitar 53% pekerja Indonesia merasakan adanya kekurangan kesempatan untuk berkolaborasi atau belajar dari rekan-rekan yang memiliki keterampilan teknis atau digital yang tinggi.

Lewat Deel, perusahaan-perusahaan di Indonesia dapat melebarkan jangkauan perekrutannya, mencari individu-individu terampil di luar negeri memungkinkan perusahaan untuk memperluas pencarian individu terampil. Hal ini dapat menjadi solusi jangka pendek bagi perusahaan, dengan tujuan memperoleh SDM ahli yang dapat mendukung perusahaan lokal melalui keterampilan mereka, sambil memfasilitasi peningkatan keterampilan bakat SDM lokal melalui transfer ilmu.

Deel telah membantu perusahaan-perusahaan Indonesia membangun tim global mereka. Diantaranya adalah Telin, penyedia layanan telekomunikasi internasional dan anak perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia, yang sudah menggunakan platform Deel untuk menguji pasar potensial baru untuk ekspansi. Dengan demikian, Telin menghindari proses yang tidak efisien, sehingga membantu mendorong pendapatan dan pertumbuhan internasional mereka.

Dikatakan Human Capital Specialist Telin, Wayan Damayanti, nilai lebih yang ditawarkan Deel adalah memungkinkan mereka menangani semua aspek kepatuhan dalam perekrutan dan pengoperasian proses penggajian di seluruh dunia. "Solusi Deel telah menghemat waktu yang signifikan bagi Telin dibandingkan jika kami melakukannya sendiri," jelasnya.

Deel juga bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dalam sebuah panel diskusi untuk meningkatkan kesadaran tentang perekrutan lintas batas, tantangan bisnis terkait ekspansi internasional bagi perusahaan-perusahaan Indonesia, dan cara untuk mengatasi kekurangan keterampilan lokal.

"Melalui kerjasama ini, kami menandai awal operasi kami di Indonesia dan menggarisbawahi komitmen kami untuk mendukung upaya ekspansi bisnis di Indonesia," kata Kepala Ekspansi Deel, Asia, Karen Ng. (mas)

Artikel Terkait