telkomsel halo

Penuhi harapan masyarakat, Ai yang bertanggungjawab perlu dicapai

08:20:59 | 30 May 2023
Penuhi harapan masyarakat, Ai yang bertanggungjawab perlu dicapai
JAKARTA (IndoTelko) - Kinerja organisasi dapat di akselerasi dengan mentransformasi tindakan yang bertanggung jawab melalui teknologi. Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) adalah bagian dari cara para pemimpin bisnis untuk meningkatkan penggunaan alat bantu yang diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi organisasi.

Studi AI yang dilakukan oleh Kearney (perusahaan konsultan) - EDBI (perusahaan investasi yang berbasis di Singapura), Indonesia, seperti halnya negara tetangga di ASEAN lainnya, masih berada di tahap awal untuk adopsi AI. Meskipun kehadirannya masih baru berkembang, berdasarkan analisis Kearney, AI diperkirakan akan memberikan peningkatan sebesar 12% pada PDB Indonesia di tahun 2030.

Uniknya, berlawanan dengan keuntungan yang telah diprediksi, muncul pula berita yang beredar tentang AI yang tidak adil, tidak dapat dijelaskan, dan/atau bias. Salah satu kasus penyalahgunaan AI yang terjadi di Indonesia adalah ketika terjadi kesalahan pengenalan wajah pada Abdul Manaf yang dicap sebagai tersangka pemukulan aktivis politik pada demonstrasi 11 April 2022, di mana pada faktanya ia tidak ada di tempat tersebut. Insiden-insiden yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip etika inilah yang menjadi alasan mengapa AI yang bertanggung jawab membutuhkan Tata Kelola AI.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah meluncurkan Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial 2020-2045 yang mencakup peraturan tentang AI, bidang usaha, pertanggungjawaban atas konsekuensi dari tindakan yang tidak disengaja, dan kode etik yang dibuat secara sukarela. Namun, strategi ini belum diturunkan menjadi aturan pelaksana2. AI yang digunakan organisasi di Indonesia harus mengikuti regulasi yang ada agar tidak menerima dampak yang buruk.

Menurut Technology and Country Leader IBM Indonesia Cin Cin Go, otomatisasi dengan penggunaan AI dalam sebuah organisasi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. "Organisasi tentu tidak ingin menanggung konsekuensi buruk dari sebuah model yang menghasilkan hasil analisis yang tidak dapat dijelaskan yang kemudian akan dipertanyakan oleh berbagai pihak dari manajemen, pemangku kepentingan, pemegang saham, atau bahkan para pelanggan," katanya.

Terdapat tiga alasan utama mengapa AI yang bertanggung jawab perlu dipertimbangakan secara serius oleh organisasi. Pertama, mereka perlu mengelola risiko dan reputasi mereka, tidak ada ruang untuk data atau asumsi yang keliru yang dapat memicu tuntutan hukum dan keraguan dari berbagai pihak. Kedua, AI yang digunakan organisasi harus mematuhi prinsip-prinsip etika agar dapat menghasilkan keputusan yang adil lewat kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan perubahan pola dan profil perilaku. AI yang bertanggung jawab juga harus mampu melindungi organisasi dan menyesuaikan diri dengan peraturan pemerintah agar organisasi tidak mengalami kerugian seperti audit yang mahal, denda, dan pemberitaan yang negatif.

IBM melalui Watsonx.ai berperan dalam menyediakan teknologi otomasi yang aman di mana, teknologi ini juga merupakan bagian dari Platform AI dan Data IBM, Watsonx, yang telah diluncurkan dalam konferensi tahunan THINK 2023 pada 10 Mei 2023 di Orlando. Untuk menciptakan model fondasi yang sudah terlatih oleh IBM, perusahaan ini fokus dengan melakukan upaya secraa maksimal dalam mengkurasi segala sesuatu yang masuk ke dalam modelnya dan mengembangkan teknologi AI untuk secara agresif menyaring data dari kebencian dan kata-kata kotor, batasan lisensi, dan prasangka, sehingga ketika data yang bermasalah ditemukan, data tersebut akan dihapus, dilatih kembali, dan diulang.

Watsonx.ai menyediakan serangkaian model fondasi yang ditujukan untuk menyajikan nilai perusahaan. Ada beberapa model fondasi dengan bahasa dan kode beserta ukuran dan arsitektur yang berbeda, di mana setiap model dapat disesuaikan untuk berbagai tugas perusahaan.

Sedangkan, IBM Watsonx sendiri memiliki Watsonx.data sebagai bagian utamanya, yang menyediakan studio pengembangan AI terpusat, pengumpulan data, dan perangkat tata kelola. Watsonx.data memungkinkan pelanggan untuk mengakses data mereka melalui satu titik masuk dan menjalankan berbagai mesin kueri sesuai kebutuhan di seluruh sistem TI.

Dengan menerapkan teknologi ini, perusahaan dapat memangkas pengeluaran data warehouse hingga 50% melalui optimalisasi beban kerja. Untuk menyederhanakan pengaturan dan pengalaman pengguna, teknologi ini juga menyediakan tata kelola, otomatisasi, dan interaksi berbasis data dan alat yang sudah ada di organisasi. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year