telkomsel halo

Traveloka dan GSTC dukung hotel transformasi pariwisata

08:30:00 | 08 Sep 2022
Traveloka dan GSTC dukung hotel transformasi pariwisata
JAKARTA (IndoTelko)  -- Dengan pembukaan kembali perbatasan antar negara dan berlanjutnya kegiatan perjalanan, pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism mendapatkan momentum yang signifikan di Asia Tenggara dan juga global. Kesadaran para pelaku perjalanan terkait pariwisata juga tinggi. 

Menurut data internal Traveloka, 9 dari 10 pengguna Traveloka menyatakan peduli terhadap isu keberlanjutan dalam wisata. Hal ini juga sejalan dengan tren global yang mencatat bahwa 7 dari 10 pelaku perjalanan wisata menghindari destinasi dan opsi moda transportasi yang dianggap tidak berkomitmen pada praktik-praktik yang berkelanjutan. Lebih lanjut, separuh dari responden mengaku akan membayar lebih untuk moda transportasi, aktivitas wisata, dan penginapan jika pilihan tersebut dianggap mengedepankan prinsip berkelanjutan.

Atas dasar ini, Traveloka sebagai platform yang mengedepankan inovasi dalam perjalanan dan gaya hidup, mempromosikan tren pariwisata yang berkelanjutan pada sektor perjalanan dan perhotelan melalui bermitra dengan Global Sustainable Tourism Council (GSTC) dalam memberikan pelatihan kepada para pelaku utama industri perhotelan di Indonesia pada bulan September tahun 2022. 

Peningkatan perjalanan wisata di Indonesia saat ini menjadi faktor positif yang mendorong promosi isu keberlanjutan bagi para pengguna dan mitra hotel Traveloka. Per-kuartal kedua 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat peningkatan signifikan kunjungan turis ke Indonesia mencapai 172% dibandingkan kuartal yang sama di tahun sebelumnya. Oleh karena itu, Traveloka menangkap momentum pertumbuhan angka kunjungan turis tersebut dengan menyiapkan pelatihan sesuai dengan praktik standar berkelanjutan yang relevan.

Global Sustainable Tourism Council (GSTC) membentuk dan mengatur praktik standar berkelanjutan global pada sektor perjalanan dan pariwisata. Saat ini GSTC memainkan peranan global yang penting dalam menyediakan panduan bagi pengembangan dan pengelolaan praktik-praktik keberlanjutan di sektor perjalanan dan pariwisata. 

Melalui pengetahuan luas yang dimiliki GSTC terhadap praktik-praktik keberlanjutan, pelatihan terkait pariwisata yang berkelanjutan dapat memberikan perspektif global dan kawasan yang relevan bagi para pelaku kepentingan di industri pariwisata, khususnya pada tahapan adopsi dan pengembangan. 

Caesar Indra, President Traveloka, mengatakan, “Sebagai platform perjalanan dan gaya hidup terdepan di Asia Tenggara, kami ingin mengambil peran aktif dalam membangun masa depan yang berkelanjutan melalui ekosistem perjalanan yang ada di Traveloka. Upaya penting ini hanya dapat dicapai melalui kolaborasi jangka panjang dengan para pemangku kepentingan yang juga memiliki visi yang sama untuk masa depan, seperti GSTC. Dengan menggabungkan keahlian yang dimiliki oleh GSTC serta jaringan hotel yang luas dan hubungan Traveloka dengan para pelaku industri hotel yang kuat, kawasan ini memiliki prospek yang lebih baik untuk memiliki ekosistem pariwisata yang berkelanjutan.”

Pelatihan mengenai pariwisata yang berkelanjutan oleh GSTC terdiri dari 8 sesi pelatihan online dengan masing-masing pertemuan selama 1,5 jam, dimana pelatihan ini akan berlangsung selama empat minggu dan dilakukan dalam Bahasa Indonesia. Pelatihan ini bertujuan untuk menyediakan pengetahuan yang mendalam terkait kriteria GSTC, yang merupakan standar global praktik prinsip berkelanjutan dalam perjalanan dan pariwisata; memberikan pelatihan keterampilan dalam mengambil keputusan yang bijak terkait implementasi praktik-praktik keberlanjutan di industri perhotelan; serta menyediakan ruang untuk mengembangkan rencana aksi kebijakan dan praktik pariwisata berkelanjutan. 

Salah satu keuntungan yang diperoleh para pelaku industri perhotelan dengan berpartisipasi dalam pelatihan ini adalah kesempatan untuk mengambil ujian resmi pariwisata yang berkelanjutan dari GSTC, dan jika berhasil menyelesaikan pelatihan ini dapat menerima Sertifikat Profesional Pariwisata yang Berkelanjutan oleh GSTC. Sertifikasi ini menunjukan pemahaman yang mendalam terkait standar dan praktik pariwisata berkelanjutan. 

“Sejak menjadi anggota GSTC diawal tahun ini, Traveloka telah berpartisipasi dengan cara-cara yang aktif untuk mempromosikan praktik keberlanjutan di sektor pariwisata. Dengan mempelopori terlaksananya pelatihan pariwisata yang berkelanjutan GSTC, Traveloka juga mendukung para pelaku industri perhotelan di Indonesia untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan, dimana nantinya hal ini membuat mereka dapat beroperasi secara berkelanjutan,” kata Randy Durband, CEO GSTC. (sar)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year