Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Fortinet rilis FortiCNP, layanan berbasis cloud

08:18:54 | 14 Aug 2022
Fortinet rilis FortiCNP, layanan berbasis cloud
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko)  -- Fortinet rilis FortiCNP, layanan baru yang sepenuhnya dibangun di cloud, yang berfungsi mengorelasikan temuan keamanan pada seluruh cloud footprint perusahaan agar dapat memfasilitasi operasi keamanan dengan mulus. Teknologi Resource Risk Insights (RRI)TM yang dipatenkan pada FortiCNP menghasilkan wawasan yang kaya konteks dan dapat ditindaklanjuti untuk membantu tim memprioritaskan remediasi dan mitigasi risiko dengan potensi dampak terbesar terhadap keamanan cloud workload tanpa memperlambat kegiatan operasional perusahaan.

Fortinet juga mengumumkan statusnya sebagai Amazon Web Services (AWS) Launch Partner untuk Amazon GuardDuty Malware Protection, yang menyediakan kapabilitas pendeteksian malware tanpa agen pada semua berkas penyimpan data (data stores), volume cakram (disk volumes), dan citra beban kerja (workload images) AWS. FortiCNP mendukung Amazon GuardDuty Malware Protection dengan menyediakan perlindungan yang mendekati real-time dengan kapabilitas zero-permission untuk secara aktif memindai beban kerja yang sedang berlangsung tanpa memperlambat ataupun mengakibatkan dampak pada kegiatan operasional.

Lajunya pemanfaatan teknologi berbasis cloud sebagai bagian dari arsitektur TI hybrid membantu perusahaan untuk mencapai time to market (TTM) yang lebih cepat dan menjadi lebih responsif terhadap kebutuhan pelanggan. Namun, teknologi jenis ini juga dapat memperbesar risiko keamanan secara keseluruhan, yang umumnya ditangani dengan menambahkan solusi keamanan baru pada infrastruktur yang digunakan oleh perusahaan. Tiap solusi yang ditambahkan menghasilkan rentetan notifikasi yang sering kali harus dianalisis secara manual dan dapat dengan cepat menghambat pemanfaatan teknologi cloud perusahaan.

“Tanpa perangkat yang tepat, tenaga ahli keamanan harus secara manual menyaring ratusan—bahkan ribuan—notifikasi setiap hari,” jelas Doug Cahill, Vice President Bidang Analyst Services merangkap Senior Analyst di Enterprise Strategy Group (ESG). “Saat dibanjiri notifikasi, tim TI dapat dihadapkan dengan penurunan produktivitas, alur kerja yang tidak efisien, serta risiko keamanan yang berakumulasi lebih cepat dibanding kemampuan untuk menanganinya. FortiCNP membantu mengarahkan tim ke notifikasi keamanan yang paling penting dengan membuang notifikasi yang tidak penting.”

Pelanggan telah merasakan manfaat dari pendekatan pengelolaan risiko berbasis cloud milik FortiCNP:

“FortiCNP memberi kami visibilitas cloud yang komprehensif melalui dasbor intuitif yang mempermudah pemantauan pengelolaan risiko seiring berjalannya waktu,” ungkap Caio Hyppolito, Chief Technology Officer (CTO), BK Bank. “Yang terpenting, tim kami kini dapat fokus mengamankan sumber daya yang diprioritaskan ketimbang menghabiskan waktu menelusuri daftar temuan keamanan yang panjang. Kemampuan FortiCNP untuk berintegrasi dengan produk yang kami gunakan saat ini juga membantu memaksimalkan penerapan, memberikan visibilitas lebih luas, serta menghasilkan pengelolaan cloud security yang lebih proaktif.”

Sejumlah mitra juga sudah mulai memanfaatkan FortiCNP untuk meningkatkan layanan mereka: 

“Sebagai AWS Level 1 MSSP Competency Partner, fokus Observian adalah memastikan layanan yang kami tawarkan membantu pelanggan membangun penerapan teknologi cloud yang aman sekaligus dapat diskalakan. Dengan penuh sukacita, Observian menawarkan layanan baru yang meliputi solusi Perlindungan Berbasis Cloud terkini dari Fortinet, yaitu FortiCNP, serta layanan pendeteksian dan penanganan terkelola milik Observian yang tepercaya dan telah terbukti,” ujar Scott Plamondon, Co-Founder merangkap VP of Architecture, Observian. “FortiCNP membantu pelanggan untuk dengan mudah mengintegrasikan, mengoperasionalisasikan secara lebih cepat, dan langsung memperoleh manfaat dari layanan keamanan berbasis cloud AWS, dengan menyaring notifikasi sehingga lebih tepat sasaran dan dapat ditindaklanjuti sesuai kebutuhan pelanggan. Pelanggan kami yang mengandalkan tim Operasi Keamanan Observian akan memperoleh manfaat dari kemampuan kami mendiagnosa, memprioritaskan, serta melaporkan notifikasi tersebut dengan lebih baik, 24 jam sehari, 7 hari seminggu.”

Fitur utama pada FortiCNP adalah integrasi dengan produk dan layanan keamanan AWS, serta Fortinet Security Fabric, yang membantu perusahaan mengamankan lingkungan cloud dengan lebih efektif sekaligus memaksimalkan investasi mereka pada cloud security.

"Di AWS, kami menyediakan perangkat yang lebih cerdas bagi pelanggan agar dapat lebih mudah mengambil tindakan dan lebih cepat memitigasi risiko,” jelas Jon Ramsey, Vice President (VP) AWS Security. "Mitra Keamanan seperti Fortinet, dengan layanan FortiCNP yang dibangun di AWS dan terintegrasi dengan layanan keamanan kami seperti Amazon GuardDuty, menawarkan pilihan bagi pelanggan untuk menyederhanakan sekaligus mempercepat laju perjalanan cloud mereka dengan layanan keamanan yang murni berbasis cloud."

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Berikut ini fitur-fitur FortiCNP yang memungkinkan tim keamanan untuk mengelola risiko di cloud secara efektif:

  • FortiCNP Resource Risk Insights (RRI)TM memanfaatkan algoritma skor risiko yang telah dipatenkan untuk mengontekstualisasi temuan keamanan dari solusi Fortinet Cloud Security serta produk dan layanan AWS guna menghasilkan wawasan yang diprioritaskan, kaya konteks, dan dapat ditindaklanjuti oleh tim mengenai sumber daya dengan risiko paling tinggi dan memerlukan perhatian segera.
  • Dengan menganalisis, mengorelasikan, dan mengontekstualisasikan temuan keamanan dari layanan cloud security AWS yang diperkuat FortiCNP, pelanggan dapat memaksimalkan nilai dan manfaat dari kapabilitas kemudahan penerapan yang ditawarkan oleh Amazon GuardDuty Malware Protection, Amazon Inspector, AWS Security Hub, AWS CloudTrail, dan AWS Organizations.
  • Integrasi dengan Amazon GuardDuty Malware Protection memanfaatkan pendekatan zero-permission tanpa agen untuk mendeteksi malware di sepanjang rantai suplai data dengan memindai berkas penyimpan data, volume cakram, dan citra beban kerja di cloud. 
  • Integrasi dengan solusi alur kerja digital mengubah wawasan FortiCNP RRI menjadi tugas-tugas alur kerja yang dapat ditindaklanjuti secara intuitif sebagai bagian dari siklus hidup infrastruktur berbasis cloud. 
  • Bagi pelanggan yang menggunakan solusi Fortinet Cloud Security, seperti FortiGate-VM dan FortiWeb, wawasan RRI dapat mengaktivasi remediasi sementara untuk memblokir ancaman berdampak besar.
  • FortiCNP memindai dan memantau perubahan pada data cloud secara berkesinambungan melalui inteligensi ancaman dan pemindaian konten FortiGuard Labs yang terdepan di industri ini. 
FortiCNP akan terus diekspansi agar mampu mencerna lebih banyak jenis temuan keamanan sehingga dapat memberikan konteks lebih luas yang mencakup lebih banyak cloud workload. Dengan mengaktifkan alur kerja konsisten yang dapat menskalakan keamanan hingga mencakup seluruh sistem public cloud, tim pun terbantu dalam meningkatkan cakupan keamanan, produktivitas, dan mitigasi risiko—dengan kecepatan cloud. Integrasi yang murni berbasis cloud membantu mengurangi hambatan, mulai dari penerapan hingga kegiatan operasional. Dengan alur kerja konsisten yang memanfaatkan layanan murni berbasis cloud pada berbagai sistem cloud, tim keamanan tidak lagi wajib menguasai kerumitan model operasional layanan keamanan di tiap platform cloud. Kemampuan FortiCNP untuk secara efektif mengejar ketertinggalan tugas cloud security, memitigasi risiko, dan secara terukur meningkatkan cloud security seiring berjalannya waktu akan mendorong peningkatan produktivitas tim keamanan.

Bakti
“FortiCNP adalah bukti terkini dari komitmen Fortinet untuk memberikan solusi Fabric yang memperkuat keamanan perusahaan melalui integrasi yang murni berbasis cloud,” ungkap John Maddison, EVP Bidang Products sekaligus CMO di Fortinet. “Kami senang dapat terus memberikan solusi yang memungkinkan tenaga ahli keamanan untuk beralih dari proses diagnosa, pemeringkatan prioritas, serta analisis secara manual yang memakan waktu ke pengamanan cloud workload secara proaktif dan pemahaman risiko cloud security yang mudah.” (sar)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year