telkomsel halo

Blibli klaim Solusi Warung Digital miliknya catat pertumbuhan positif

07:21:00 | 24 May 2022
Blibli klaim Solusi Warung Digital miliknya catat pertumbuhan positif
JAKARTA (IndoTelko)  -- Blibli Mitra, bagian dari ekosistem terintegrasi Blibli yang fokus pada digitalisasi toko kelontong, telah menghadirkan solusi bisnis digital terpadu kepada lebih dari 100 ribu mitra di 34 provinsi sejak diluncurkan pada 2020 silam. Melalui sistem berbasis aplikasi, mitra pemilik toko dan pelaku niaga kecil lainnya bisa dengan mudah menambah pendapatan lewat layanan isi ulang dan bayar tagihan, serta membantu melakukan pemesanan stok barang lewat fitur isi stok. 

Sebagai apresiasi atas pencapaian tersebut dan sekaligus upaya memperluas sebaran mitra di Tanah Air, Blibli Mitra menggelar program Berburu Hadiah Jutaan pada periode 23 Mei hingga 14 Agustus 2022, dengan hadiah senilai ratusan juta rupiah dan modal usaha untuk para pemilik toko kelontong di seluruh Indonesia.

Hansel, Vice President Blibli Mitra mengatakan “Digelarnya program Berburu Hadiah Jutaan mempertegas upaya berkelanjutan Blibli Mitra dalam mendampingi pertumbuhan toko kelontong sebagai salah satu pendorong roda ekonomi nasional, kami berharap para pemilik toko kelontong di seluruh Indonesia dapat memanfaatkan kesempatan bergabung dan menangkan hadiah dari program ini. Melalui solusi bisnis online-to-offline (O2O), Blibli Mitra berkomitmen mendukung revitalisasi dan digitalisasi UKM melalui sistem digital terpadu yang memberi kemudahan para pelaku niaga kecil menengah dalam mengatur pasokan melalui cakupan produk luas dan distribusi efektif.”

Program Berburu Hadiah Jutaan sendiri memberi kesempatan kepada para pemilik toko kelontong kecil dan menengah untuk mendapatkan total hadiah senilai ratusan juta rupiah, yang terdiri dari 6 unit sepeda motor Yamaha, 150 batang emas, serta 1000 saldo mitra untuk para mitra yang beruntung. “Pentingnya peran warung dan toko kelontong dalam menjaga perputaran ritel di tingkat terkecil mendorong Blibli Mitra konsisten membantu mitra pemilik warung meningkatkan keterampilan dan daya saing secara terpadu dan menyeluruh. Oleh karenanya, program Berburu Hadiah Jutaan digelar untuk memperluas kebermanfaatan Blibli Mitra kepada lebih banyak mitra potensial lainnya di seluruh Indonesia,”  lanjut Hansel optimis.

Adapun Blibli Mitra sendiri merupakan aplikasi khusus yang mendukung toko serta usaha mikro kecil menengah dengan menambah pendapatan melalui berbagai layanan digital dengan memanfaatkan ekosistem Blibli yang lengkap, termasuk di antaranya distribusi produk, isi ulang pulsa, pembayaran tagihan dan tiket kereta. Blibli Mitra hadir membawa angin segar dalam merevitalisasi industri ini serta membuka peluang untuk semua mitra pemilik toko kelontong yang ada di Indonesia dengan bergabung menjadi mitra.

Lewat program Berburu Hadiah Jutaan, Blibli Mitra mengajak para pemilik toko kelontong di seluruh Indonesia untuk dapat bergabung dan memanfaatkan kesempatan berkembang bersama Blibli Mitra. Pemilik toko kelontong bisa bergabung dengan mudah melalui aplikasi Blibli Mitra di Google Playstore atau akses https://mitra.blibli.com, calon mitra bisa memasukan nomor HP dan akan menerima kode rahasia melalui SMS, setelah itu lakukan verifikasi dengan mengunggah KTP dan foto selfie dan isi lengkap data diri serta data usaha. Setelah berhasil, akun akan segera diproses maksimal dua hari kerja oleh tim Blibli Mitra untuk dapat mulai bertransaksi.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh pemilik toko kelontong yang bergabung dengan Blibli Mitra, seperti salah satunya metode pembayaran yang beragam, mulai dari Saldo Mitra, Cash on Delivery (CoD), hingga pembayaran dengan tempo. Blibli Mitra juga memberikan gratis ongkos kirim bagi para mitra untuk setiap pemesanan hingga 50 kilogram, serta minimal transaksi Rp 100.000. 

Blibli Mitra juga mengedepankan prinsip customer-centric pada berbagai layanan pelanggannya, seperti di antaranya call center 24/7, tim lapangan yang responsif dan pelatihan digital dari Mitra Care untuk para mitra, H+1 delivery, hingga mudahnya pemesanan stok barang melalui fitur Fulfillment by Blibli (FFB) yang didukung oleh 15 warehouse dan 30 hub di seluruh Indonesia. 

Selaras dengan seluruh komitmen di atas, banyak dari pemilik toko kelontong yang bergabung dengan Blibli Mitra telah merasakan betul manfaat kemitraan terkait. Salah satu tanggapan positif datang dari Mariman, pemilik Toko Riska di Jakarta Timur, yang mengaku dirinya mendapat tambahan edukasi di luar kemudahan akses produk dagang. “Blibli Mitra memperkenalkan saya kepada beragam produk digital yang sebelumnya tidak saya sangka akan menjadi dagangan di warung. Belanja juga jadi lebih sederhana menggunakan aplikasi dan besok sudah pasti sampai,”ujar Mariman.

Dengan tanggapan positif yang diberikan oleh para mitra, ke depannya Blibli Mitra akan melanjutkan komitmen untuk memberikan inovasi yang memberikan keuntungan serta kemudahan. Jangkauan mitranya juga akan terus diperluas ke berbagai penjuru Tanah Air, mulai dari Sabang hingga Merauke. 

“Blibli Mitra optimis dapat mencapai target perluasan akses pasar di tahun 2022, yakni melalui solusi omnichannel untuk membantu para pelaku niaga kecil menengah menghadapi tantangan juga berkembang melalui pemanfaatan teknologi digital terpadu,” tutup Hansel.

Perjalanan Blibli Mitra

Hingga saat ini, Blibli Mitra telah menghadirkan berbagai inovasi yang mendukung kemajuan bisnis para mitra dan sudah berhasil menggaet lebih dari seratus ribu mitra di seluruh Indonesia dengan 3 (tiga) kategori unggulan di Blibli Mitra yaitu sembako (minyak goreng dan roti), kebutuhan perawatan diri (shampo, sabun, dan pasta gigi), serta cairan pembersih dapur. 

Adapun perjalanan Blibli Mitra di antaranya:

Juli 2021 - Peluncuran Blibli Mitra Kecantikan yang menargetkan market kosmetik. 
Oktober 2021 - Peluncuran Organic Mitra, di mana siapapun bisa menjadi mitra. 
November 2021 - Blibli Mitra menghadirkan kemudahan jangkauan dengan hadir di 33 provinsi di Indonesia dan 362 kota serta distrik.
Januari 2022 - Blibli Mitra menghadirkan area terlengkap untuk pembayaran pasca bayar PDAM di 276 area. (sar)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year