Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Semester 1 tahun ini, ZTE raih pendapatan RMB 53,1 Miliar

04:26:08 | 03 Sep 2021
Semester 1 tahun ini, ZTE raih pendapatan RMB 53,1 Miliar
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - ZTE Corporation perusahaan global penyedia solusi teknologi telekomunikasi, enterprise, dan konsumen untuk internet seluler telah mencatat hasil pendapatan untuk paruh pertama di tahun 2021. 
 
Selama enam bulan yang berakhir pada 30 Juni 2021 pendapatan operasional ZTE mencapai RMB 53,07 miliar yakni 12,4 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Sedangkan laba bersih yang dapat di distribusikan kepada pemegang saham biasa (ordinary shares) perusahaan tercatat mencapai RMB 4,08 miliar meningkat 119,6 persen, dan laba bersih pos luar biasa (extraordinary item) yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham biasa perusahaan tercatat sebesar RMB 2,11 miliar yang menggambarkan peningkatan dari tahun ke tahun sebesar 134,2 persen. Laba per saham dasar adalah RMB 0,88. 
 
Di periode yang sama ini, pendapatan operasional ZTE di pasar domestik dan internasional mencapai pertumbuhan dua digit dari tahun ke tahun. Di pasar domestik, perusahaan memanfaatkan peluang pengembangan 5G dan infrastruktur baru, membuat pencapaian besar dalam pangsa pasar, dan memberdayakan transformasi digital industri. Pendapatan operasional di pasar domestik adalah RMB 35,95 miliar, meningkat 13,2 persen dari tahun ke tahun dan menyumbang 67,7 persen dari total pendapatan operasional. 
 
Sementara itu, di pasar internasional, perusahaan menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19. Dengan inovasi teknologi, penempatan karyawan dan koordinasi rantai industri yang efisien, pendapatan operasional perusahaan di pasar internasional naik 10,8 persen menjadi RMB 17,12 miliar, mencakup 32,3 persen dari total pendapatan operasional. 
 
Lebih rinci, pendapatan operasional dari jaringan operator mencapai RMB 35,05 miliar berkat pertumbuhan pangsa pasar untuk produk bernilai tinggi. Pendapatan dari bisnis perusahaan dan pemerintah tumbuh sebesar 17,7 persen menjadi RMB 5,67 miliar didukung oleh peningkatan layanan produk server dan penyimpanan dari tahun ke tahun di pasar domestik. Dalam layanan konsumen, ZTE meraih pendapatan sebesar RMB 12,35 miliar, meningkat dari tahun ke tahun sebesar 66,6 persen dengan pendapatan layanan terminal residensial dan layanan perangkat seluler masing-masing meningkat lebih dari 90 persen dan 40 persen. 
 
ZTE juga berkomitmen untuk terus mengoptimalkan struktur biaya perusahaan. Margin laba kotor ZTE naik 2,7 persen dari tahun ke tahun menjadi 36,1 persen. 
 
ZTE senantiasa menjaga dan mementingkan kualitas operasi, perusahaan terus mengendalikan risiko operasi dan mempercepat perputaran aset sekaligus memperkuat manajemen risiko aset dan mengurangi kerugian penurunan nilai aset. Pada periode tersebut, total kerugian penurunan nilai kredit dan kerugian penurunan nilai aset perusahaan turun menjadi RMB 80 juta. 
 
Arus kas bersih perusahaan dari aktivitas operasi untuk paruh pertama tahun 2021 melonjak menjadi RMB 7,03 miliar, mencapai rekor tertinggi dengan peningkatan tahun-ke- tahun sebesar 244,4 persen. 
 
ZTE berkomitmen untuk membangun daya saing yang lebih kuat dan terus meningkatkan investasi dalam teknologi inti, termasuk chipset, algoritme, dan konstruksi jaringan. Pada paruh pertama tahun 2021, pengeluaran litbang perusahaan tercatat sebesar RMB 8,86 miliar yakni 16,7 persen dari pendapatan operasional. 
 
ZTE telah mengajukan lebih dari 80.000 aplikasi paten global, dan mengumpulkan lebih dari 40.000 paten yang diberikan secara global. Selain itu, ZTE telah meraih sembilan penghargaan emas, dua penghargaan perak, 36 excellence awards di China Patent Awards dan 22 penghargaan di Guangdong Patent Awards yang menjadikan ZTE sebagai perusahaan yang paling banyak meraih penghargaan di industri telekomunikasi. 
 
Berdasarkan laporan terbaru dari Jones Lang LaSalle (JLL) pada April lalu, nilai valuasi teknologi yang telah dipatenkan ZTE melampaui RMB 45 miliar. Pada tahun 2021, kekayaan intelektual (intellectual property) ZTE mengalami pertumbuhan yang pesat. Diperkirakan kekayaan intelektual ZTE akan menghasilkan pendapatan hampir RMB 4,5 - 6 miliar selama periode 2021 hingga 2025. 
 
Sebagai penggerak ekonomi digital ZTE berkomitmen untuk memberikan pengalaman dan kinerja terbaik pada jaringan komersial, infrastruktur daya komputasi, dan produk termina dengan konsumsi energi yang efisien. 
 
Terkait jaringan operator, ZTE proaktif berpartisipasi dalam pembangunan 5G secara global, membantu operator dalam membangun jaringan dasar yang terintegrasi dengan kinerja dan efisiensi yang sangat baik untuk pembangunan berkelanjutan. 
 
Dalam laporan dari organisas penelitian eksternal, ZTE menempati peringkat kedua dalam hal pendapatan 5G NR global 1H21 dan Jaringan Inti 5G global 1H21, ZTE juga berada di peringkat kedua untuk pangsa pasar operator global 1Q21 dari jaringan optik. Selain itu, seri ZTE ZXONE 9700 turut diakui sebagai pemimpin di pasar transportasi paket-optik metro sementara solusi TITAN memimpin di pasar GPON (dan fiber access secara keseluruhan) secara global. 
 
Dalam hal  produk nirkabel, ZTE telah merilis Intelligent Orchestration Radio Network Solution pertama di industri dan melakukan uji coba komersial pertama di industri di Dalian, Cina. Selain itu, produk server dan penyimpanan ZTE telah dipilih oleh operator untuk pengadaan kelompok selama bertahun-tahun. Perusahaan mengakuisisi bagian terbesar dari pengadaan terpusat server PC China Mobile pada 2019 - 2021. Saat ini, produk tersebut telah digunakan di lebih dari 40 negara dan wilayah di seluruh dunia. 
 
Sedangkan produk kabel, rangkaian lengkap produk transportasi 5G end-to-end ZTE telah digunakan dalam skala besar. Pada paruh pertama tahun 2021, total 110.000 unit telah dikirimkan dan lebih dari 400 jaringan transportasi 5G telah dikembangkan. Di router inti, ZTE telah membuat kemajuan besar dalam enam tahun terakhir, memenangkan tender untuk proyek jaringan backbone CN2 China Telecom, router kelas atas China Mobile dan proyek pengadaan grup produk switch kelas atas, dan proyek kumpulan sumber daya cloud China Mobile. Router layanan ZTE telah menduduki peringkat kedua dalam hal pangsa pasar pengadaan terpusat di Cina. 
 
Sementara terkait transmisi optik, ZTE menduduki peringkat kedua dalam pangsa pasar domestik transmisi optik 200G+. Untuk akses jaringan tetap, pangsa pasar 10G PON OLT ZTE yang baru ditambahkan di China melebihi 40 persen. ZTE telah menyelesaikan lebih dari 20 jaringan percobaan dan komersial Home Optical LAN di Cina. Sistem video memiliki lebih dari 200 juta pengguna dengan pangsa pasar yang terus meningkat. Di bidang komunikasi dan energi, rangkaian lengkap produk dan solusi catu daya 5G ZTE telah mengamankan pasokan daya untuk lebih dari 300.000 situs 5G di seluruh dunia. 
 
Pun bisnis perusahaan dan pemerintah, ZTE telah mencapai pertumbuhan yang signifikan dengan fokus pada industri besar seperti energi, transportasi, government affairs, keuangan dan Internet. Mengandalkan Jaringan Cloud Presisi dan Platform Pemberdayaan, ZTE berkomitmen untuk mengembangkan infrastruktur baru, aplikasi industri 5G, dan peningkatan transformasi digital. Sementara itu, produk dan solusi utama ZTE termasuk produk transmisi, pusat data, server dan produk penyimpanan, jaringan perusahaan, solusi ruang kerja cloud (cloud workspace solution), database terdistribusi, dan lainnya telah banyak digunakan di bidang pemerintahan dan bisnis perusahaan, dan berkembang menjadi ekosistem jaringan dan cloud yang baik. Selain itu, server dan produk penyimpanan ZTE telah digunakan di beberapa perusahaan terkemuka di berbagai industri termasuk keuangan, internet, energi, dan lainnya. 
 
Sebagai basis data terdistribusi kelas keuangan terkemuka yang matang, Golden DB ZTE telah diluncurkan secara komersial di sistem inti bank komersial besar selama lebih dari tiga tahun. Kasus penggunaan GoldenDB mencakup semua layanan perbankan dari berbagai bank termasuk bank besar milik negara, bank umum saham gabungan, koperasi kredit pedesaan, serta bank komersial perkotaan dan pedesaan.  
 
GoldenDB adalah salah satu batch pertama yang telah lulus uji verifikasi kepatuhan standar database terdistribusi dengan hasil yang sangat baik.  Dengan kinerja yang optimal, mendukung koneksi bersama tingkat tinggi. Solusi pusat data modular ZTE telah digunakan secara komersial dalam skala besar, dengan lebih dari 3000 proyek di seluruh dunia.  
 
Terkait solusi ruang kerja cloud ZTE telah memfasilitasi transformasi digital perusahaan dengan melindungi keamanan aset informasi dan meningkatkan kualitas dan efisiensi perusahaan. Sebagai proyek tolok ukur aplikasi industri, praktik ZTE "Intelligent Manufacturing Powered by 5G" di Nanjing Binjiang Smart Manufacturing Base, diakui sebagai kasus TIK terbaik di China 2020. 
 
Dalam bisnis konsumen, ZTE telah membuat terobosan dalam branding, produk, dan saluran dengan pertumbuhan pendapatan yang pesat dari tahun ke tahun.  ZTE terus membangun citra produk ponsel ZTE sebagai produk berteknologi tinggi, berkualitas tinggi, dan berjiwa muda. ZTE kembali memimpin dalam hal peluncuran smartphone generasi baru yang dilengkapi dengan kamera bawah layar (under display/UD) yakni ZTE Axon 30 yang menjadi smartphone unggulan setiap tahun. Produk 5G mobile broadband (MBB) ZTE secara kumulatif telah terjual di lebih dari 30 negara dan wilayah. 
 
ZTE juga turut mempertahankan posisi terdepan secara global di industri dengan didukung oleh perkembangan bisnis home information terminal dan terminal terintegrasi yang inovatif. Bisnis home information terminal telah mencapai pertumbuhan yang pesat, dengan pengiriman kumulatif lebih dari 540 juta unit. Selain itu, ZTE telah melakukan peluncuran komersial skala besar dari produk Wi-Fi 6 di pasar kelas atas seperti Jepang, Italia dan Spanyol. 
 
ZTE telah memanfaatkan peluang inovasi dan pengembangan aplikasi 5G. ZTE akan lebih meningkatkan transformasi digital internal dan menjadikan perusahaan sebagai “Ultimate Cloud Company” yang serba cloud, cerdas, dan ringan di bidang R&D, operasi, kantor, dan produksi. Hingga saat ini, ZTE telah memiliki produk dan solusi yang matang untuk infrastruktur jaringan, komponen cloud, dan aplikasi iCenter tingkat perusahaan berdasarkan transformasi digital yang dilakukan perusahaan. 
 
Di bidang digitalisasi industri, ZTE telah secara ekstensif menerapkan praktik inovasi “5G+” di 15 industri, seperti manufaktur elektronik, baja, metalurgi, pertambangan, listrik, kereta api, pelabuhan, media baru, pariwisata budaya, dan sebagainya. Selain itu, ZTE senantiasa mendukung industri dalam aplikasi “5G+” untuk melakukan inkubasi lebih lanjut dalam inovasi aplikasi dan memberdayakan pembangunan ekosistem digital dari ribuan industri. 
 
Selanjutnya, disektor elektronik untuk otomotif, pada paruh pertama tahun 2021, ZTE, memanfaatkan keunggulan teknologi perusahaan di bidang ICT dan menjadi penyedia layanan dasar kendaraan yang menciptakan berbagai inovasi. Saat ini ZTE telah menjalin kerjasama strategis dengan beberapa perusahaan mobil, antara lain FAW-Volkswagen Automotive Co., Ltd. dan SAIC-Volkswagen Automotive Co., Ltd. 
 
ZTE juga secara aktif menerapkan strategi “netralitas karbon” dan “puncak emisi karbon” untuk membantu para operatornya dalam membangun jaringan hijau dan rendah karbon yang menyeluruh, memberdayakan industri vertikal untuk menghemat energi dan mengurangi emisi karbon. 
 
ZTE terus berkomitmen untuk senantiasa memperkuat posisi perusahaan dengan inisiatif yang inovatif dan menjadi penggerak ekonomi digital. Perusahaan akan terus maju dengan penelitian dan inovasi dalam teknologi inti dan ilmu dasar, serta meningkatkan daya saing inti. Selain itu, perusahaan akan secara aktif memberdayakan transformasi digital dan peningkatan kecerdasan masyarakat dengan tujuan untuk mencapai pertumbuhan yang berkualitas. (ak)
Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year