telkomsel halo

Instagram perbanyak opsi melihat jumlah likes

11:04:39 | 28 May 2021
Instagram perbanyak opsi melihat jumlah likes
JAKARTA (IndoTelko) - Instagram dan Facebook mengumumkan bahwa kini semua pengguna memiliki opsi untuk menyembunyikan jumlah likes pada postingan mereka, dan memutuskan pengalaman seperti apa yang mereka inginkan di kedua layanan tersebut.

Sebelumnya, Instagram telah melakukan uji coba untuk menyembunyikan jumlah likes guna melihat apakah hal ini dapat mengurangi tekanan sosial yang dialami para pengguna di layanannya. Berdasarkan masukan dari para pengguna dan ahli, sebagian pengguna menilai bahwa mereka merasakan manfaat ketika tidak melihat jumlah likes. Akan tetapi, sebagian pengguna lainnya merasa bahwa mereka tetap ingin melihat jumlah likes pada postingan untuk mengetahui konten apa yang tengah populer dan trending saat ini. Berangkat dari masukan-masukan tersebut, kami memberikan pilihan bagi para pengguna untuk menentukan sendiri pengalaman terbaik menurut mereka masing-masing.

Instagram dan Facebook selalu berupaya untuk memberikan kendali penuh terhadap pengalaman para penggunanya. Oleh karena itu, hari ini Instagram dan Facebook  mengumumkan cara baru bagi para pengguna untuk menyaring konten yang kurang menyenangkan yang mereka terima di DM, serta apa yang mereka lihat dan bagikan di Facebook News Feed - seperti Feed Filter Bar, Favorites Feed, dan Choose Who Can Comment.

“Mulai hari ini, kami memberikan opsi kepada Anda untuk menyembunyikan semua jumlah likes pada postingan di timeline Feed Anda. Lebih dari itu, Anda juga bisa menentukan kapan Anda ingin menyembunyikan tampilan jumlah likes pada postingan tertentu sehingga pengguna lain tidak dapat melihat jumlah likes yang Anda dapatkan. Dengan begitu, Anda pun dapat lebih fokus pada kualitas foto dan video yang dibagikan daripada jumlah likes yang didapatkan,” ujar Kepala Kebijakan Publik, Instagram Asia Pasifik Philip Chua.

Anda dapat menyembunyikan jumlah likes dengan mengunjungi bagian ‘Postingan’ di Pengaturan Privasi. Pengaturan ini berlaku untuk seluruh postingan pada timeline di Feed Instagram Anda, sehingga Anda tidak akan melihat jumlah likes yang didapatkan pengguna lain.

Selain itu, Anda juga dapat memilih untuk menyembunyikan jumlah likes sebelum memposting sebuah konten. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan ini, bahkan setelah memposting konten Anda. Instagram memahami bahwa pengguna menginginkan fleksibilitas yang lebih besar dalam hal pengaturan tampilan jumlah likes pada postingan mereka, sehingga perusahaan menghadirkan opsi tersebut. Dalam beberapa minggu kedepan, Anda akan mulai melihat kedua pengaturan ini juga tersedia di Facebook.

Pengalaman Instagram yang diinginkan oleh seorang pengguna tentu akan berbeda dengan pengguna lainnya, dan kebutuhan setiap pengguna akan terus berubah. Kami terus bekerja sama dengan para ahli pihak ketiga untuk memahami bagaimana kami dapat memberdayakan komunitas, meningkatkan kesadaran, dan membangun pengalaman yang lebih positif di Instagram.

Instagram juga mendanai lebih banyak penelitian eksternal yang mempelajari tentang pengalaman orang-orang di Instagram, serta bagaimana perusahaan dapat terus memperbarui kebijakan dan fitur-fiturnya guna mendukung para pengguna secara global. Saat ini, Instagram terbuka untuk menerima proposal penelitian dari para akademisi dan organisasi nirlaba secara global. Jika Anda tertarik, silakan mengunjungi tautan ini untuk mempelajari informasi lebih lanjut, serta cara mengajukan proposalnya.  

“Mengubah cara orang melihat jumlah likes merupakan sebuah langkah besar bagi kami. Instagram dan Facebook akan terus berupaya mencari cara baru untuk memberikan lebih banyak pilihan dan kendali bagi para pengguna, sehingga mereka dapat merasa nyaman dalam mengekspresikan diri, terhubung dengan orang lain, serta menjelajahi minat mereka di layanan-layanan kami,” tutup Philip.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year