Perare sediakan data lengkap tanah

09:45:47 | 12 Mar 2021
Perare sediakan data lengkap tanah
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Perare menyediakan data lengkap tanah secara digital terutama data pertanahan nasional dari Kementrian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional serta berbagai informasi tentang penjualan tanah.

Perare Technologies Indonesia (PTI) mengembangkan algoritma yang memungkinkan penggabungan, analisis data dan kemudian mengubahnya menjadi format yang nyaman untuk penggunaan secara umum. Solusi seperti ini akan membantu dalam meningkatkan transparansi dan kualitas layanan yang disediakan di sektor real estate.

Inti dari platform ini adalah menyediakan peta kadaster lebih dari 72 juta petak tanah bersertifikat yang terus diperbarui.

“Kavling adalah produk khusus. Alam telah "menciptakan" karya terbaik - peta geografis. Kami hanya perlu membaca data dari tersebut dengan benar, mengisinya dengan informasi yang berguna, dan menyesuaikannya dengan kebutuhan pengguna, agar mereka merasa nyaman. Itulah yang kami lakukan," kata CEO Perare, Ilya Frolov.

Data dasar dari negara meliputi Nomor Identifikasi Bidang (NIB) tanah, batas hukum persil tanah, ukuran pihak, luas, dan jenis kepemilikan. Selain data dasar, platform ini juga memudahkan analisis harga untuk bidang tanah yang ada di sekitar lokasi pengguna.

Jika sebidang tanah akan dijual, maka iklan  akan dipasang “di dalam” bidang tanah tersebut, dan harganya tampil pada peta utama. Pendekatan ini akan mendorong persaingan yang sehat dan membantu "menyesuaikan" harga.

Algoritma platform mengontrol duplikasi kalimat, mencegah pembuatan salinan konten berkualitas yang tidak terhitung jumlahnya. Pada satu bidang tanah di Perare, seorang penjual hanya bisa memasang satu iklan, tetapi penjual lain juga bisa menetapkan harga yang lebih kompetitif. Dengan demikian, calon pembeli bisa melihat iklan satu bidang tanah dari agen yang berbeda dan memiliki pilihan yang tepat.

“Kami baru saja memulai pembuatan database multi-level yang besar, di mana kami akan menambah data lapisan tentang tanah, fenomena alam, infrastruktur: jalan raya, jaringan listrik, fasilitas social, dan lain-lain. Juga menyediakan data tentang keadaan tanah saat ini dan rencana pengembangan wilayah selama beberapa tahun kepada pengguna. Tujuan kami adalah memastikan seseorang bisa memilih dan menemukan tanah yang tepat untuk tempat tinggal atau berbisnis di platform kami, dengan ini, kami menyediakan semua informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan yang cerdas," katanya.

telkom sigma
Platform ini terbuka untuk umum atau untuk semua pemangku kepentingan di sektor pertanahan. Transparansi pasar tanah akan membantu masyarakat dan perusahaan memilih tanah dengan lebih cepat, lebih efisien, dan lebih ekonomis. Penggunaan lahan secara aktif untuk kehidupan dan bisnis turut berkontribusi pada perkembangan ekonomi Indonesia.(ak)

Artikel Terkait