Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
HUT RI ke 75
telkomsel halo

Kiat mudah live streaming untuk pemula

08:22:23 | 19 Nov 2020
Kiat mudah live streaming untuk pemula
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Siaran langsung (live streaming) merupakan salah satu bidang yang semakin populer. Semakin banyaknya orang yang menghabiskan waktunya pada media online, semakin cepat juga pertumbuhan live streaming beberapa tahun ini.

Berdasarkan statistik Techjury, live streaming mengalami pertumbuhan sebesar 99% dari April 2019 hingga April 2020, dan 63% masyarakat berusia 18-34 di dunia terbiasa menonton live streaming.

Topik konten live streaming pun menjadi beragam dengan tujuan untuk menghibur, mengedukasi tentang sesuatu hal, ataupun hanya sekadar menjaga relasi dengan audiens. Beragam media sosial dengan fitur live streaming juga mempermudah seseorang untuk melakukan live streaming sendiri, sehingga untuk live streaming, siapa saja, kapan saja, dan di mana saja dapat dilakukan.

Dengan pertumbuhan live streaming, menjadi seorang penyiar langsung (live streamer) juga menjadi pekerjaan yang menarik untuk mereka yang senang berkomunikasi dan bertukar wawasan dengan orang lain.  

Berikut lima tips dan trik live streaming untuk pemula.

Siapkan peralatan yang diperlukan!

Sebelum memulai live streaming, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan untuk mendukung kualitas video kamu. Peralatan ini tidak perlu yang bermerek ternama ataupun mahal harganya. Cukup persiapkan kamera smartphone dan pastikan kamera tersebut bersih, sehingga bisa menangkap gambar dengan baik. Kamu juga akan butuh tripod agar kamu bisa meletakan smartphone kamu dan terhindar dari tangan pegal. Video akan terlihat berkualitas juga karena pencahayaan yang baik, untuk itu kamu perlu menyediakan sebuah ring light. Namun, jika tidak mempunyai ring light, kamu juga bisa memilih tempat dengan paparan sinar matahari langsung. Terakhir, jangan lupa untuk pastikan internet kamu stabil agar tidak ada gangguan selama live streaming.

Pilih topik menarik dan rencanakan poin-poin penting pembicaraan

Jika peralatan kamu sudah siap, sekarang kamu harus pikirkan dengan matang topik pembicaraan yang akan kamu bawakan. Kamu bisa menemukannya dengan membaca berbagai artikel dan pembicaraan di tengah audiens untuk menemukannya. Lalu, pilihlah topik yang kamu paham dan senangi, seperti misalnya teknik melukis jika kamu hobi melukis, membagikan resep dan teknik memasak jika kamu senang memasak, atau membagi tips keuangan jika kamu menguasai bidang finansial. Jangan lupa untuk melakukan riset untuk mencari fakta dan data yang bisa mendukung konten kamu dan catat semua poin penting yang ingin kamu sampaikan agar live streaming kamu lebih mengalir.

Berinteraksi dengan penonton

Ketika kamu memulai sesi live streaming, mulailah dengan menyapa penonton yang hadir untuk berterima kasih karena mereka telah menyempatkan waktunya untuk menonton live streaming kamu. Di tengah atau akhir sesi, sempatkanlah untuk membaca komentar-komentar yang masuk dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Sebisa mungkin kamu harus merespon dan menjawabnya sebagai apresiasi kepada penonton yang memang serius mengikuti pembicaraan kamu. Kamu juga bisa membuat pertanyaan untuk para penonton jawab agar suasana menjadi lebih interaktif dan menarik. Interaksi dengan penonton itu penting agar live streaming tidak menjadi membosankan dan membuat penonton merasa dekat dengan kamu.

Mengajak teman atau mendatangkan pembicara lain

Agar live streaming tidak membosankan, kamu bisa mengombinasikannya dengan berkolaborasi bersama teman atau pembicara lain. Kegiatan ini juga membuka peluang untuk saling mempromosikan diri ke masing-masing penonton. Bisa jadi kamu mempunyai tambahan penggemar dari teman dan pembicara lain itu. Sebagai pemula, kamu juga bisa belajar dari lawan bicara tentang bagaimana teknik dia selama live streaming, seperti gaya bicara dan cara berinteraksi dengan penonton.

Paket Semangat Kemerdekaan
Memilih platform yang tepat

Banyak platform yang tersedia bagi live streamer. Banyak yang belum tahu kalau Likee, platform pembuatan video pendek terkemuka asal Singapura, juga menyediakan fitur live streaming. Dengan dilengkapi berbagai fitur, melakukan live streaming di Likee menjadi menyenangkan. Misalnya, fitur Beauty filter yang terdapat banyak pilihan filter wajah untuk membuat penampilan kita di layar menjadi lebih baik dan menarik. Ada pula fitur Multiperson, yaitu fitur yang membuat kamu bisa melakukan live streaming dengan teman kamu.

HUT RI ke 75
Kelima tips di atas bisa kamu terapkan untuk melakukan live streaming menjadi seru dan menarik.(pg)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan