Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Pelni digitalisasi layanan kargo

13:31:38 | 18 Aug 2020
Pelni digitalisasi layanan kargo
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) terus agresif dalam memperkuat bisnis logistiknya melalui aplikasi My Cargoo. Kehadiran aplikasi tersebut diharapkan semakin mendongkrak kinerja muatan pada kapal penumpang PELNI paling sedikit hingga 50%.

Seiring dengan bertambahnya pelabuhan yang dibuka dan kemudahan layanan yang diberikan Perusahaan, kinerja muatan container pada kapal penumpang terus mengalami peningkatan. Hingga Juli 2020, Perusahaan telah mengangkut sebesar 5.132 TEUs dan diproyeksikan akan terus tumbuh. 

"Terjadi kenaikan muatan sebesar 87% dari Mei 2020 hingga Juli 2020 atau dari 445 TEUs menjadi 834 TEUs. Perusahaan optimis jumlah muatan akan terus meningkat seiring dengan adanya perubahan, inovasi, dan kemudahan yang ditawarkan kepada shipper melalui aplikasi My Cargoo nantinya," ungkap Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro.

Yahya menambahkan inovasi Pelni melalui aplikasi My Cargoo yang tengah dikembangkan Perusahaan akan semakin meningkatkan daya saing Pelni dalam bisnis logistik. Aplikasi manajemen logistik ini akan memberikan kemudahan bagi pengirim (shipper) untuk melakukan pemesanan muatan pada kapal penumpang.

"Perusahaan terus berinovasi dengan menghadirkan paltform digital untuk muatan logistik. Selain untuk memudahkan pemesanan muatan, aplikasi ini dapat memudahkan shipper untuk melihat secara detail slot cargo yang tersedia secara realtime dan tracking muatan," tambahnya.

Untuk saat ini, para shipper dapat melakukan proses booking dan reservasi muatan melalui website dan loket kantor cabang PELNI. Shipper dapat mengakses cargo.pelnilogistics.co.id dan mengisi data sesuai dengan form yang telah disediakan. Shipper juga dapat memilih jadwal keberangkatan kapal dan mode layanan pengiriman yang diinginkan.

"PELNI menyediakan empat layanan berbeda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengirim, yaitu door to door (full service), door to port, port to door, ataupun port to port. Dengan layanan tersebut, harga yang ditawarkan juga semakin kompetitif," tambahnya.

Jika shipper memilih layanan door to door maka barang akan di jemput sesuai dengan lokasi pengirim dan akan diantarkan sampai ke lokasi penerima. Sedangkan jika memilih layanan port to port, maka pengirim yang akan mengantar barang menuju container yard di pelabuhan muat dan penerima akan mengambil di container yard pelabuhan tujuan.

Kemudahan layanan tidak hanya pada saat pemesanan muatan, tetapi juga saat pembayaran. Kini, sistem pembayaran telah di dukung secara cashless melalui internet banking, mobile banking, dan ATM dengan timelimit 4 jam setelah proses booking.

"Untuk koordinasi pemesanan muatan di kantor cabang, shipper dapat melakukan komunikasi lebih lanjut bersama dengan sales representatif kami," tambahnya.

Paket Semangat Kemerdekaan
PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah T3P dimana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede.

Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini PELNI mengoperasikan 4 kapal barang, 8 kapal tol laut serta 1 kapal khusus ternak.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year