telkomsel halo

GoFood bantu UMKM kuliner lawan dampak pandemi

10:42:08 | 30 Jun 2020
GoFood bantu UMKM kuliner lawan dampak pandemi
JAKARTA (IndoTelko) - Solusi bisnis komprehensif milik GoFood dan Gojek membantu ratusan ribu UMKM kuliner di dalam ekosistem beradaptasi dan tumbuh di situasi pandemi, serta menggiring ribuan UMKM lainnya untuk go-online.

Hal ini disampaikan GoFood dalam acara dialog "Resep UMKM Bangkit Bersama GoFood” yang didukung oleh Menteri Koperasi & UKM RI, Teten Masduki.

Dalam acara tersebut, Teten memaparkan bahwa lebih dari 236.980 pelaku UMKM telah melaporkan kepada KemenkopUKM atas usahanya yang terdampak akibat pandemi dan digitalisasi merupakan solusi dari permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM saat ini.   

“Pemerintah menyiapkan skema pemulihan ekonomi nasional termasuk didalamnya untuk pelaku UMKM. Tidak hanya itu, SOP Reaktivasi UMKM menuju tatanan normal baru juga mulai disosialisasikan bagi sektor-sektor usaha yang sudah dan akan mulai diaktifkan kembali  seperti sektor transportasi dan kuliner," katanya.

Dikatakannya,  pelaku UMKM pada dua sektor tersebut perlu memiliki strategi adaptasi bisnis seperti menyediakan variasi visualisasi menu makanan dan minuman; menawarkan makanan sehat dan siap saji; menawarkan paket bundling produk; memberi berbagai promo/diskon khusus bagi merchant; serta menghadirkan value proposition yang lebih baik.

Strategi tersebut merupakan implementasi dari inovasi yang perlu terus dilakukan sektor kuliner dengan mengacu pada kebutuhan masyarakat dan perubahan pola konsumsi yang bermigrasi ke platform online. Di masa krisis ini, pemanfaatan data dan informasi terkait UMKM pada platform digital sangat mendukung kami dalam membantu mereka secara akurat dan cepat. Apalagi, saat ini UMKM sudah sangat dimudahkan dengan adanya platform layanan pesan-antar makanan, seperti GoFood.”

Dari sisi penyedia platform online, GoFood memperkuat dukungannya dalam mempercepat transformasi digital UMKM Indonesia dengan menghadirkan fitur dan inisiatif komprehensif yang membantu UMKM bangkit, beradaptasi, dan mengembangkan bisnisnya secara mandiri.

Dalam kesempatan yang sama, Teten juga menyampaikan bahwa Kementerian Koperasi dan UKM terus mengkampanyekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang merupakan wujud nyata dalam mendorong konsumsi produk lokal kepada masyarakat luas. Dengan dukungan berbagai pihak, terutama GoFood yang memiliki jangkauan layanan di seluruh Indonesia, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia diharapkan dapat meningkatkan minat konsumen untuk terus membeli dan mengkonsumsi produk lokal.

Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo, mengatakan pandemi ini mengajarkan banyak hal. 

"Salah satunya, kami menambahkan keterampilan para pelaku UMKM kuliner lewat platform edukasi dan berjejaring (networking) sehingga mereka memperoleh pengetahuan lebih dalam tentang berbisnis langsung dari sesama pelaku usaha. Kami juga terus menghimpun arus permintaan dengan ekspansi layanan dan kategori makanan yang disesuaikan dengan perilaku baru masyarakat saat ini,” katanya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year