telkomsel halo

Tambah penghasilan via Gojek Swadaya

04:48:00 | 10 Feb 2020
Tambah penghasilan via Gojek Swadaya
Pelaksanaan Program pelatihan (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Dalam rangka membantu keluarga mitra untuk menambah pendapatannya, Gojek berinisiatif menggelar program pelatihan Gojek Swadaya bertema  “Cerdik Berwirausaha bareng Gojek Swadaya”.  Kegiatan ini diberikan khusus bagi keluarga mitra driver GoRide dan GoCar.

Dikatakan VP Region Ops & Jabodetabek Gojek, Gede Manggala, pelatihan Gojek Swadaya ini merupakan bagian dari upaya Gojek membantu keluarga mitra supaya bisa meningkatkan pendapatannya. “Sejauh ini, sudah lebih dari 2.300 keluarga mitra mengikuti pelatihan Gojek Swadaya dan telah terbukti dapat meningkatkan penghasilan keluarga Rp 1-4 juta  tiap bulannya. Bahkan, di Tasikmalaya ada yang berhasil meraih omset hingga Rp. 20 juta  perbulan setelah mengikuti pelatihan ini,” katanya.

Menurut Gede, program Gojek Swadaya ini merupakan program untuk  meningkatkan kapabilitas, kompetensi  serta potensi peningkatan pendapatan  mitra driver dan keluarganya. Dengan mengkombinasikan metode pelatihan yang efektif dari Gojek Wirausaha, para expert serta kelebihan fitur dalam ekosistem Gojek, pihaknya berharap semakin banyak mitra driver dan keluarga yang merasakan manfaat dari program  pelatihan Gojek Swadaya ini.

Berbagai jenis keterampilan bisa diikuti oleh keluarga mitra dalam program pelatihan Gojek Swadaya ini.  Terbagi dalam beberapa kelas antara lain : kelas memasak, kelas memotret makanan agar terlihat menarik, hingga kelas pemasaran yang dikombinasikan dengan metode pelatihan Gojek Wirausaha untuk para istri mitra driver. Pun Gojek menyediakan kelas bahasa Inggris khusus untuk anak-anak mitra driver.

“Dengan dibekali berbagai keahlian tersebut, mereka kemudian dapat bergabung ke dalam ekosistem Gojek dengan menjadi merchant GoFood, GoPay ataupun GoSend sehingga  mereka dapat mengembangkan bisnis  lebih jauh lagi," tambah Gede.  

Dijelaskan Gede, Gojek akan melakukan pendampingan dan memberikan dukungan yang diperlukan selama 3 bulan setelah pelatihan, dengan harapan para peserta pelatihan kewirausahaan dapat terus maju dan lancar dalam berwirausaha.

Ada beberapa contoh istri mitra Gojek yang tergolong sukses setelah ikut dalam pelatihan  program Gojek Swadaya.  Salah satunya Lela Susana yang mengikuti pelatihan di Bandung pada Oktober 2019.  

Lela kini membuka usaha sendiri dengan keuntungan mencapai Rp3 juta setiap bulannya.  “Dari ilmu yang saya dapat, saya coba buka usaha Aci Cilokba dan berhasil memberikan keuntungan hingga Rp3 juta tiap bulannya. Bersyukur sekarang saya bisa bantu suami dan ekonomi keluarga jadi lebih baik," katanya bercerita.  

Lela mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Gojek yang telah memberikan kesempatan untuk berlatih memasak dan menjadi merchant GoFood.  Ini membuat makin banyak istri driver Gojek lain yang terinspirasi dan bisa mulai usaha seperti dirinya.

Keikutsertaan usaha kuliner para istri mitra dalam ekosistem GoFood, teknologi Gojek mampu membantu para merchant untuk mengembangkan skala bisnisnya. Perkembangan positif ini terlihat dari rata-rata merchant GoFood UMKM mengalami peningkatan omzet hingga 3,5 kali lipat sejak mereka bergabung.

Hingga saat ini, pelatihan Gojek Swadaya telah diadakan di kota-kota besar di Indonesia seperti Bandung, Palembang, Surabaya, Serang, dan Jabodetabek. Gojek Swadaya merupakan inisiatif khusus mitra driver yang punya berbagai program tepat sasaran, menjembatani para mitra driver untuk mengakses ragam layanan agar mitra driver dan keluarganya bisa semakin meningkatkan taraf hidupnya.

Lebih dari satu juta mitra telah menerima manfaat program-program Gojek Swadaya, termasuk mitra driver dan keluarganya di 66 kota di seluruh Indonesia. (sg)

 

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year