2019, Digitaraya berhasil galang investasi US$78 juta

09:38:04 | 24 Jan 2020
2019, Digitaraya berhasil galang investasi US$78 juta
JAKARTA (IndoTelko) - Startup accelerator Digitaraya berhasil menggalang dana senilai US$78 juta sepanjang tahun 2019 untuk membantu 73 startup baru dari 12 negara guna mencapai tingkat pertumbuhan berikutnya pada bisnis mereka.

Lebih lanjut, Digitaraya juga telah membuka lebih dari 2.400 lapangan pekerjaan dan telah membimbing lebih dari 120 entrepreneur di jaringannya.

“Ekosistem startup di Indonesia telah berkembang sangat pesat pada satu dekade ini, dengan banyak sekali startup-startup lokal menghadirkan inovasi-inovasi yang solutif untuk men-disrupt industri dan memainkan peranan yang penting yang memudahkan kehidupan keseharian masyarakat. Digitaraya hadir sebagai startup-hub kelas dunia di Indonesia untuk mendukung dan mengembangkan startup baru, untuk mencapai tingkatan berikutnya dalam pertumbuhan bisnis mereka,” kata Managing Director Digitaraya Nicole Yap dalam acara Digitaraya Impact 2020, kemarin.

Deputi Akses Permodalan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Fadjar Hutomo mengungkapkan ada tiga persoalan bagi perkembangan startup di Indonesia yakni kebutuhan SDM yang mumpuni, peranan mentor yang bisa membimbing, dan funding yang bisa memberikan dorongan.

"Disinilah pentingnya peran sebuah startup hub seperti Digitaraya. Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih pada Digitaraya atas inisiatif yang diberikan yang membantu kami (pemerintah) menyelesaikan persoalan dan mempersiapkan masa depan ekonomi Indonesia,” katanya.

Head of Developer Relations and Startup Ecosystem in Asia, Africa, and the Middle East, Google Sebastian Trzcinski-Clément mengatakan, industri startup sangatlah dinamis, di Indonesia saja, industri ini telah bertumbuh sangat pesat pada satu dekade belakangan ini.

"Akan tetapi, banyak dari startup-startup baru ini terlihat kebingungan dalam menjalankan bisnis mereka, karena tidak ada pedoman yang pasti mengenai bagaimana Anda harus menjalankan sebuah bisnis startup. Disinilah startup-hub seperti Digitaraya memainkan peran yang sangat penting untuk mendukung dan membantu para startup ini untuk mengembangkan bisnis mereka menggunakan berbagai cara seperti contohnya, Google’s launchpad playbook yang dapat memberikan pedoman dan platform networking yang sangat dibutuhkan,” katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan dari industri startup, Digitaraya telah berkomitmen untuk melanjutkan perjalanan ini dan terus mendorong industri ini ke depan.

Nicole berencana untuk mengadakan lebih banyak bootcamp untuk startup-startup baru yang akan berfokus kepada hal-hal yang fundamental, membantu mencocokkan bisnis mereka dengan Venture Capital dan korporasi, juga membangun jaringan yang luas agar mereka mampu mengembangkan bisnis lebih jauh dan cepat.(wn)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories