telkomsel halo

Niagahoster edukasi soal keamanan website

13:13:00 | 14 Jan 2020
Niagahoster edukasi soal keamanan website
JAKARTA (IndoTelko) - Pada Juli 2018, Google Chrome mulai menandai situs URL dengan awalan HTTP dengan tanda “​not secure​”. 

Hal ini dilakukan Google untuk mendorong pemilik ​website ​(baik developers, ​pemilik bisnis, ​blogger)​ untuk mengembangkan ​website ​yang aman diakses semua orang.

Tanda “s” atau ​secure ​pada tautan URL menandakan sebuah ​website ​yang terenkripsi. ​Website ​yang terenkripsi memastikan informasi dan komunikasi yang terjalin antara pengunjung dan pemilik website ​dapat tersimpan dengan aman dan mengurangi kemungkinan pencurian data oleh ​hacker​.

Menurut sebuah artikel di Forbes, banyak pemilik bisnis mengabaikan keamanan karena dinilai terlalu mahal, merepotkan, dan tidak memberikan keuntungan apapun. Ketika bisnis terus berprinsip seperti ini, 
tidak hanya bisnis yang dirugikan tetapi keamanan data pengunjung ​website juga menjadi taruhannya.

Menanggapi hal ini, Niagahoster bekerja sama dengan Sectigo dan WebNic secara fokus membahas isu keamanan pada ​website d​ alam konferensi ​website ​pertamanya di Indonesia. Konferensi bertajuk WebSight Conference 2020 ini menghadirkan praktisi dan pakar ​website security ​dari Niagahoster, Tiket.com, Webnic, dan firma ​website security I​ TSEC Asia.

Upgrade ​Situs 
Artikel dari The Verge pada Februari 2018 menyampaikan Google ingin HTTPS menjadi ​web default atau situs standar untuk dikembangkan. Setelah anjuran ini dikeluarkan, Chrome mencatat sebanyak 81 dari 100 situs teratas telah bermigrasi ke HTTPS.

Salah satu cara sederhana membuat laman ​website ​terenkripsi adalah dengan meng-​install security socket layer atau SSL. ​Teknologi SSL mengamankan proses transportasi pengiriman data antara ​web server dengan ​web browser (klien) dan pertukaran data antara ​server ​dengan ​server. ​Dengan meng-​install s​ ertifikat SSL, pemilik ​website t​ elah mengamankan transaksi dan data-data di dalam website​, seperti nomor kartu kredit, alamat rumah, nomor ​handphone, ​dan ​password​.

“Menurut Google, 53% pengguna ​smartphone a​ kan meninggalkan sebuah ​website ​bila ​website ​tidak tertampil selama lebih dari 3 detik. Penggunaan SSL ini juga dapat mempercepat ​loading website​. SSL adalah teknologi sederhana yang dapat diterapkan oleh para ​developers d​ an pemilik bisnis. Teknologi ini merupakan pengamanan lapis yang direkomendasikan dan memastikan situs ​website tidak “terendus” / ​sniffing ​oleh gangguan virus ​malware ​hingga ​hacker," katanya.​

Pemilik Bisnis  
Upaya agar semua orang dapat mengakses situs yang aman tidak hanya wajib dilakukan oleh pemilik ​website s​ aja, tetapi juga oleh masyarakat luas. Perusahaan registrar ​domain d​ an penyedia layanan ​website security, W​ ebNIC mendorong semua orang lebih sadar pada setiap laman URL yang diakses di internet.

“Saat ini semua orang bergantung dengan internet. Orang dengan mudah ​login ​ke ​public wifi​, tanpa mengetahui kita sedang memberikan data pribadi kita (saat melakukan aktivitas tersebut). Bila kita tidak waspada pada situs yang kita akses, maka data-data pribadi kita ada dalam ancaman juga.” ungkap  Country Manager WebNIC Indonesia Adi Setyawan.

Mengembangkan situs ber-HTTPS juga menjadi nilai tambah bagi bisnis, karena label “secure” akan membuat bisnis lebih kredibel secara ​online.​ Keamanan ini akan membuat kepercayaan konsumen untuk meng-​input ​data, hingga melakukan transaksi jauh lebih besar.

“Banyak ​website developers, ​agensi, yang ​bikin website u​ ntuk klien yang rata-rata punya toko (atau bisnis). Mari jaga kepercayaan klien dengan mengembangkan ​website y​ ang terenkripsi. Edukasi mereka tentang keamanan ​website d​engan cara sederhana ini,”tambah Adi Setyawan.

Menurut data ​MOZ sepanjang April 2016-2017, separuh hasil pencarian di Google Search adalah HTTPS dan jumlah ini meningkat 20% dalam satu tahun. Diharapkan jumlah ini semakin bertambah agar lebih banyak ​website y​ ang terlindungi dari berbagai macam isu kebocoran hingga penyalahgunaan data.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year